icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Studi: Penggunaan Vape (Rokok Elektrik) Bisa Tingkatkan Risiko Gigi Berlubang/

Studi: Penggunaan Vape (Rokok Elektrik) Bisa Tingkatkan Risiko Gigi Berlubang

Efek Vape Rokok Elektrik Pada Gigi
dok. Envato

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana M Si


Penggunaan rokok elektrik atau vape saat ini tengah populer di kalangan anak muda. Selain harganya yang dianggap lebih terjangkau, vape digemari karena memiliki berbagai varian rasa seperti cotton candy hingga pizza.


Banyak orang beralih ke vape karena menganggap lebih aman dari rokok biasa. Padahal faktanya, penggunaan vape bisa meningkatkan risiko karies gigi atau gigi berlubang. Simak selengkapnya informasi mengenai efek vape pada kesehatan gigi berikut ini!


Baca juga: Riset: Gigi Berlubang Ternyata Pengaruhi Peluang dapat Kerja


Mengenal Vape atau Rokok Elektrik

Vape adalah rokok elektrik yang mengeluarkan uap, bukan asap seperti rokok kretek. Uap tersebut berasal dari liquid yang dipanaskan pada perangkat rokok elektrik. 


Banyak riset dan studi menyebut bahwa vape tidak sehat dibanding rokok kretek. Alasannya, karena di dalam liquid vape terkandung nikotin dan senyawa kimia lain. Nikotin adalah salah satu zat yang sering ditemui pada rokok dan dapat memicu efek kecanduan terhadap senyawa lainnya. 


Di samping itu, rasa pada cairan vape juga mengandung senyawa karsinogen (pemicu kanker) dan bahan kimia beracun, seperti formaldehida dan asetaldehida. Biasanya liquid vape mengandung tiga bahan utama, yaitu propilen glikol atau gliserin, nikotin, dan penambah rasa.


Baca juga: Gigi Berlubang Harus Ditambal atau Dicabut?


Apakah Efek Vape Bisa Memicu Kerusakan Gigi?

Vape mengandung bahan kimia yang bisa memicu kerusakan gigi. Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Compositional differences in the oral microbiome of e-cigarette users


Studi tersebut menemukan fakta bahwa pengguna vape memiliki jumlah mikrobioma oral yang berbeda ketimbang dengan mereka yang tidak menggunakan vape. Mikroba yang dimaksud dikaitkan dengan periodontitis, yaitu infeksi gusi parah. 


Fakta lain datang dari studi terbaru yang dirilis Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Tufts. Studi yang dipublikasikan dalam The Journal of American Dental Association itu menemukan hubungan antara penggunaan vape dan peningkatan risiko karies gigi atau gigi berlubang. 


Hasilnya menunjukkan bahwa dari 79.1 persen dari 91 orang pengguna vape berisiko tinggi mengalami gigi berlubang. Dengan demikian, studi tersebut menyimpulkan bahwa pengguna vape memiliki potensi lebih tinggi mengalami kerusakan gigi, seperti gigi berlubang, dibanding mereka yang tidak menggunakannya. 


Itulah informasi mengenai hubungan antara penggunaan vape dengan gigi berlubang. Untuk menghindari kerusakan gigi, sebaiknya lakukan pemeriksaan gigi secara rutin di klinik. Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar