icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Infeksi Jamur di Mulut (Oral Thrush), Berbahayakah?/

Infeksi Jamur di Mulut (Oral Thrush), Berbahayakah?

Jamur Mulut Oral Thrush
dok. Envato

Ditinjau secara medis oleh: drg. Natasia Kohar


Rata Family, tahukah kamu kalau mulut bisa terkena infeksi jamur? Ya, mulut merupakan salah satu bagian tubuh yang paling rentan terkena infeksi jamur. Infeksi mulut ini bisa terjadi jika jamur tumbuh secara berlebih atau tidak terkendali.


Lalu, seperti gejalanya? Simak selengkapnya mengenai infeksi jamur di mulut dalam ulasan berikut ini. 


Apa Itu Infeksi Jamur di Mulut?

Menurut situs Mayo Clinic, infeksi jamur di mulut merupakan masalah kesehatan yang diakibatkan oleh penumpukan jamur Candida albicans pada lapisan mulut. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan nama Oral Thrush atau Oral Candidiasis.


Perlu diketahui bahwa Candida albicans merupakan organisme yang tinggal di mulut dan tidak berbahaya. Namun, jika jamur mulut itu tumbuh dan berkembang terlalu cepat, bisa menimbulkan infeksi, seperti bercak putih pada mulut di area lidah atau pipi bagian dalam. Selain itu, infeksi jamur juga bisa menyebar ke bagian langit-langit mulut, gusi, amandel, atau bagian belakang tenggorokan. 


Baca juga: Ketahui 7 Penyebab Sariawan yang Jarang Disadari


Gejala Oral Thrush

Infeksi jamur di mulut (oral thrush) bisa terjadi pada siapa saja. Namun, kondisi ini paling banyak ditemukan pada bayi dan lansia karena sistem imun tubuh mereka yang lemah. Berikut ini beberapa gejala oral thrush pada orang dewasa dan anak-anak:


  • Adanya bercak putih di mulut, pipi bagian dalam, dan terkadang di rongga mulut, langit-langit mulut, gusi, dan amandel,
  • Bercak putih tampak timbul dan seperti keju cottage.
  • Bercak akan memerah dan mungkin timbul rasa nyeri yang cukup parah, sehingga menimbulkan kesulitan makan atau menelan.
  • Sedikit perdarahan bila bercak digosok atau digores.
  • Sudut mulut memerah dan atau pecah-pecah.
  • Mulut mati rasa.
  • Iritasi dan nyeri di bawah gigi palsu.


Penyebab Oral Thrush

Sistem imun tubuh bekerja untuk menangkal organisme berbahaya, seperti virus, bakteri, dan jamur. Sistem imun juga menjaga keseimbangan antara mikroba yang “baik” dan “jahat” di dalam tubuh.


Terkadang, mekanisme perlindungan ini tidak berjalan dengan baik sehingga jumlah jamur candida di mulut meningkat dan menyebabkan oral thrush. Selain sistem kekebalan tubuh yang melemah, ternyata ada banyak faktor risiko yang bisa membuat seseorang rentan terkena infeksi jamur di mulut, seperti:


  • Sistem imun yang melemah karena penyakit HIV/AIDS dan kanker.
  • Memiliki penyakit diabetes melitus atau infeksi jamur lain seperti infeksi jamur vagina.
  • Mengonsumsi antibiotik dalam jangka panjang dengan dosis yang tinggi.
  • Menggunakan gigi palsu yang kurang tepat.
  • Memiliki kondisi kebersihan mulut yang buruk.
  • Memiliki kondisi mulut kering.


Kapan Harus ke Dokter?

Infeksi jamur di mulut jarang menyebabkan masalah serius. Kendati demikian, kondisi ini tetap membutuhkan penanganan medis segera. Sebab, oral thrush bisa saja menimbulkan komplikasi pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti pasien kanker atau HIV/AIDS.


Dokter umum atau dokter gigi biasanya akan mendiagnosis oral thrush dengan memeriksa mulut. Jika terbukti mengalami oral thrush, dokter akan menanganinya dengan obat-obatan. Jenis obat yang digunakan biasanya memiliki kandungan antijamur, seperti nystatin atau miconazole dalam bentuk gel atau bentuk tetes. 


Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata


Itulah penjelasan mengenai infeksi jamur di mulut. Jika kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya! Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar