icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Clear Aligner™ vs Trainer Gigi vs Retainer Gigi, Apa Bedanya?/

Clear Aligner™ vs Trainer Gigi vs Retainer Gigi, Apa Bedanya?

Aligner vs Trainer Gigi
dok. Rata Indonesia

Apakah kamu adalah salah satu orang yang sempat tergiur dengan kehadiran trainer gigi (trainer teeth) yang sempat marak di e-commerce? Kalau sampai sekarang masih galau mau memilih clear aligners™ atau trainer gigi, WAJIB hukumnya untuk simak perbedaannya di bawah ini! 


Perbedaan Clear Aligners dan Teeth Trainer


Jumlah alat yang diberikan 

Perbedaan antara clear aligners™ dan teeth trainer yang sangat signifikan adalah jumlah alat yang diberikan. Kalau kamu menggunakan aligner™ Rata, kamu akan mendapatkan casing aligner™, beberapa clear aligners™ yang tidak hanya satu alias banyak menyesuaikan kebutuhan gigi kamu, dan chewies untuk memastikan aligner™ pas di gigi. 


Kalau kamu menggunakan teeth trainer, kamu hanya mendapatkan satu trainer dan tidak mengikuti kasus gigi pasien. Padahal, bentuk rahang dan kasus gigi orang berbeda-beda. 


Bahan yang digunakan 

Jika kamu memilih clear aligners™ Rata, tentu saja memiliki kualitas terbaik. Aligner™ Rata terbuat dari medical grade plastic yang pastinya aman digunakan, karena sudah memiliki izin edar dari Kemenkes Republik Indonesia, sedangkan trainer gigi tidak memiliki sertifikasi apa pun dan terbuat dari silikon tebal, sehingga tidak nyaman dipakai dan tidak terbuat dari medical grade plastic. 


Fungsi dan pelayanan 

Beberapa dari kamu mungkin saja belum tahu, fungsi sesungguhnya dari teeth trainer. Trainer gigi adalah alat untuk membantu merapikan gigi pada anak usia 6 tahun agar tumbuh di posisi yang ideal, sedangkan aligner™ Rata digunakan bagi semua orang mulai remaja hingga dewasa yang ingin meratakan gigi dan sudah memiliki gigi tetap. 


Baca Juga: Review Rata.id dari Rachel Aprilia: Ratain Gigi Pakai Aligner, Kagum Sama Hasilnya!


Perbedaan Aligner Gigi dan Retainer Gigi

Kalau di atas merupakan penjelasan perbedaan antara aligner™ dan trainer gigi, ternyata aligner™ dan retainer gigi juga memiliki fungsi yang berbeda. Meskipun keduanya terlihat serupa, namun berbeda secara fungsi dan cara pemakaian.


Aligner™ digunakan untuk menggerakkan gigi ke posisi ideal, sedangkan retainer berfungsi untuk menahan gigi berada di posisi tersebut. Cara pemakaian di antara keduanya juga cukup berbeda. Biasanya, aligner™ dipakai selama 3-6 bulan* sesuai kasus gigi, sedangkan retainer dipakai 2x durasi pemakaian aligner™ atau bahkan seumur hidup.


Hal tersebut berfungsi untuk menjaga posisi gigi agar berada di posisi yang sempurna. Hasil pergerakan gigi dari aligner™ pun bersifat sementara, sementara retainer bisa permanen atau selamanya.


Jadi, apakah sudah bisa membedakan keduanya? Jika ingin menggunakan aligner™ Rata, kamu berkesempatan untuk konsultasi GRATIS dengan dokter gigi kami. Kamu bisa memilih konsultasi secara offline di Klinik Rata yang kini sudah tersebar di seluruh Indonesia atau online via Zoom jika bagi pasien yang sibuk dan ingin konsultasi dari rumah atau di mana pun berada. 


Silakan reservasi jadwal konsultasi kamu melalui Customer Service Rata via WhatsApp atau kunjungi sosial media kami di Instagram @rata.id untuk info lebih lanjut.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar