icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Karies Gigi: Pengertian, Penyebab & Cara Mencegahnya/

Karies Gigi: Pengertian, Penyebab & Cara Mencegahnya

Karies Gigi
dok. Freepik

Karies gigi adalah salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling umum terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Masalah gigi yang satu ini tidak boleh disepelekan, sebab jika dibiarkan tanpa pengobatan karies gigi bisa menyebabkan gigi berlubang.


Oleh karena itulah, tindakan pencegahan sedini mungkin perlu dilakukan agar karies tidak menyebabkan masalah gigi yang lebih serius. Untuk mengetahui penjelasan lengkap mengenai karies gigi, mulai dari definisi, penyebab, hingga cara mencegahnya simak dalam ulasan berikut. 


Apa Itu Karies Gigi?

Karies gigi sebetulnya merupakan istilah medis yang lebih dikenal sebagai kerusakan gigi atau gigi berlubang.


Karies gigi adalah kondisi rusaknya struktur dan lapisan gigi yang terjadi secara bertahap. Hal ini diawali dengan terkikisnya enamel atau lapisan terluar gigi, kemudian menggerogoti dentin atau lapisan tengah gigi, dan pada akhirnya mencapai sementum alias akar gigi.


Mengutip Medicine Net, karies disebabkan oleh bakteri yang melekat pada gigi yaitu Streptococcus mutans yang mengolah gula dan karbohidrat dari sisa makanan di gigi menjadi cairan asam. Jika terbentuk terlalu banyak, cairan asam ini bisa merusak permukaan gigi. 


Baca juga: 5 Cara Mengatasi Gigi Berlubang yang Ampuh & Efektif


Penyebab Karies Gigi

Karies gigi disebabkan oleh berbagai faktor. Simak beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko karies gigi seperti dikutip dari Mayo Clinic berikut ini:


  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis atau asam
  • Kebiasaan memberikan makanan bayi sebelum tidur (pada bayi dan anak-anak)
  • Rutinitas kebersihan gigi yang buruk, seperti jarang menyikat gigi setiap hari
  • Tidak mendapatkan cukup fluoride
  • Mulut kering
  • Tambalan atau perangkat gigi yang aus
  • Gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia
  • Penyakit refluks asam (seperti GERD) yang dapat menyebabkan asam lambung mengalir ke mulut (refluks) dan mengikis enamel gigi kamu


Cara Mencegah Karies Gigi

Karies gigi tidak boleh dibiarkan begitu saja. Sebab, jika dibiarkan dan tidak dirawat dengan baik, karies gigi bisa menyebabkan sakit yang parah, infeksi, bahkan kehilangan gigi. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya kamu melakukan beberapa tindakan preventif. Yuk, simak cara mencegah karies gigi seperti dikutip dari WebMD berikut:


1. Menyikat gigi secara teratur

Langkah pertama adalah menyikat gigi secara teratur. Kamu disarankan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, terutama setelah makan. Setelah itu, gunakanlah benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.


2. Berkumur dengan larutan fluoride

Untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi, pastikan kamu berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride setelah menyikat gigi. Jika obat kumur tersebut tidak tersedia, buatlah obat kumur sendiri di rumah dengan memanfaatkan larutan garam.


Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata


3. Kurangi makanan dan minuman manis

Gula yang terkandung dalam makanan atau minuman manis bisa menghasilkan cairan asam yang nantinya dapat merusak lapisan gigi. Oleh sebab itu, batasilah jumlah asupan makanan dan minuman manis ya! Sebaliknya, perbanyak makanan dan minuman yang bisa menyehatkan gigi.


4. Rutin periksa gigi ke klinik

Cara terakhir adalah dengan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Langkah ini sangat penting untuk dilakukan, karena keberadaan karies bisa terdeteksi sejak dini dan bisa segera ditangani dengan tepat. 


Itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud karies gigi, penyebab, hingga cara mencegahnya. Jika karies gigi yang kamu alami sudah cukup parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi agar dokter bisa melakukan perawatan yang tepat. Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar