icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Kenapa Ketika Bangun Tidur Mulut Bau?/

Kenapa Ketika Bangun Tidur Mulut Bau?

Kenapa Ketika Bangun Tidur Mulut Bau
dok. Freepik

Kenapa ketika bangun tidur mulut terasa bau?


Hampir semua orang mungkin pasti bertanya demikian. Sebab, bau mulut ketika bangun pagi termasuk masalah umum yang terjadi, meskipun kamu sudah menyikat gigi di malam harinya. 


Mulut bau saat bangun tidur pastinya bukanlah kondisi yang menyenangkan. Kamu mungkin juga merasa tidak percaya diri di depan pasangan. Beberapa orang kerap mengaitkan kondisi ini dengan lupa menggosok gigi di malam hari. Padahal, penyebab mulut bau ketika bangun tidur sangatlah beragam. 


Penyebab Bau Mulut Ketika Bangun Tidur

Setidaknya ada lima penyebab mulut bau ketika bangun tidur. Simak penyebabnya seperti dikutip dari Healthline dan Mayo Clinic berikut ini:


1. Mulut kering

Sudah menyikat gigi bahkan berkumur dengan cairan pembersih mulut sebelum tidur, tapi mulut tetap terasa bau? Kemungkinan besar penyebab bau napas di pagi hari adalah kondisi mulut yang kering.


Perlu diketahui, air liur bertanggung jawab untuk membersihkan bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut. Ketika tidur, produksi air liur menurun secara signifikan. Alhasil, bakteri pun akan lebih mudah terbentuk dan membuat senyawa sulfur yang mudah menguap (VSC) lebih tinggi dan menyebabkan bau tidak sedap.


2. Kebersihan mulut yang buruk

Penyebab mulut bau ketika bangun tidur selanjutnya adalah kebersihan mulut yang buruk. Mulut adalah tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri. Jika kamu tidak menyikat gigi secara rutin, partikel makanan bisa terjebak di celah-celah gigi, permukaan lidah, dan di sepanjang jaringan gusi. Lalu, bakteri di mulut akan memecah partikel makanan tersebut yang berujung pada pelepasan bau mulut saat bangun tidur.


Bau mulut bisa menjadi gejala penyakit periodontal, terutama jika kebersihan mulut benar-benar tidak terjaga. Penyakit periodontal bisa memengaruhi gusi dan menginfeksi kantong gigi bagian bawah. 


3. Mengonsumsi makanan tertentu

Ternyata apa yang kamu konsumsi di malam hari bisa berdampak terhadap aroma atau napas ketika bangun di pagi hari. Mengonsumsi makanan berbau kuat di malam hari (seperti bawang putih atau bawang bombay) bisa menyebabkan bau mulut pada keesokan harinya, meski kamu telah menyikat gigi dengan baik.


4. Merokok

Penyebab selanjutnya adalah karena kebiasaan merokok. Merokok bisa membuat mulut kering dan membuat kamu lebih rentan terkena penyakit gusi. Isapan tembakau dan asap pembakarannya bisa menjadi kombinasi yang kuat untuk menghasilkan napas yang bau ketika bangun tidur. 


5. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

Terakhir adalah karena penyakit asam lambung seperti GERD. Penderita GERD rentan mengalami bau mulut karena asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan saat mereka tidur di malam hari. 


Itulah informasi mengenai penyebab kenapa mulut berbau ketika bangun tidur. Jika kamu memiliki keluhan berkaitan dengan gigi dan mulut, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya. Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar