icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Berapa Lama Efek Suntik Bius Setelah Cabut Gigi?/

Berapa Lama Efek Suntik Bius Setelah Cabut Gigi?

Suntik Cabut Gigi
dok. Envato

Hampir semua orang pasti takut melakukan tindakan cabut gigi karena dianggap bisa menimbulkan rasa nyeri. Apakah kamu salah satunya Rata Family?


Jika iya, jangan khawatir, karena saat ini banyak sekali metode untuk meminimalisir rasa nyeri saat tindakan cabut gigi. Salah satunya dengan memberikan suntikan bius lokal. 


Meski begitu, banyak orang bertanya-tanya mengenai efek dari suntikan bius lokal hingga berapa lama sensasi mati rasa tersebut akan bertahan lama? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak ulasan berikut ini!


Apa efek bius cabut gigi?

Suntikan bius lokal sebelum pencabutan gigi merupakan suntik anestesi atau bius untuk mengurangi rasa nyeri pada saat tindakan. Penyuntikan tersebut biasanya dilakukan sebelum tindakan pencabutan gigi.


Lalu, bagaimana dosisnya? Dosis suntikan akan berbeda tiap pasien, tergantung dari berat badannya. Umumnya pasien akan disuntik sebanyak satu kali. Namun, jika setelah dibius masih terasa sakit di area yang dicabut, maka dosis dapat ditambahkan hingga dosis maksimal. Mengenai lokasi penyuntikan untuk bius cabut gigi biasanya berada di gusi sekitar gigi yang akan dicabut.


Sebelum pencabutan gigi, dokter biasanya menggunakan obat bius yang bernama Novocaine. Obat bius tersebut bisa menimbulkan efek sensasi mati rasa. 


Baca juga: Apakah Cabut Gigi Bungsu yang Tumbuh Abnormal Harus Dicabut?


Berapa lama efek suntik bius cabut gigi?

Efek bius setelah cabut gigi akan berlangsung selama 30 hingga 60 menit. Namun, jika Novocaine diberikan bersamaan dengan epinefrin, maka efeknya bisa bertahan lebih lama yaitu sekitar 90 menit.


"Terkadang efeknya bisa mencapai 1-2 jam pasca penyuntikan," papar Rata Dentist, drg. Jessica Endriyana M Si.


Jangan khawatir, efek bius setelah cabut gigi akan menghilang secara perlahan, karena obat akan terbawa ke dalam aliran darah. Namun, karena mati rasa kerap membuat mulut tidak nyaman, ada cara untuk menghilangkan efek obat bius ini dengan lebih cepat. Salah satunya dengan mengonsumsi obat Phentolamine mesylate (OraVerse) yang akan diberikan dokter setelah prosedur selesai dilakukan. Zat dalam obat ini dipercaya bisa mengusir sensasi mati rasa dengan cepat.


Selain mengonsumsi obat, kamu juga bisa melakukan aktivitas fisik setelah perawatan. Melakukan aktivitas fisik setelah perawatan dipercaya bisa menghilangkan sensasi mati rasa dengan cepat, karena aktivitas tersebut bisa meningkatkan aliran darah di dalam tubuh. Namun, kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apakah boleh langsung berolahraga ringan pasca prosedur atau tidak.


Itulah informasi mengenai efek suntikan bius setelah cabut gigi. Perlu diketahui bahwa tidak semua kondisi memerlukan suntikan bius. Ada beberapa kondisi yang disarankan untuk melakukan suntikan bius sebelum pencabutan gigi, seperti:


  • Lubang pada gigi sudah cukup dalam
  • Pasien memiliki batas toleransi nyeri yang sangat rendah
  • Pasien tidak kooperatif sehingga dokter melakukan pembiusan agar pasien merasa tenang dan nyaman


"Prosedur cabut gigi permanen biasanya memerlukan suntik bius lokal. Sedangkan cabut gigi susu hanya bius topikal saja, jadi tidak perlu disuntik," tutup drg. Jessica.


Baca juga: Berapa Biaya Cabut Gigi? Berikut Kisaran Perbedaannya!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Mencari tempat cabut gigi atau ingin berkonsultasi mengenai perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi, seperti pembersihan karang gigi, memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar