icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/7 Penyebab Gigi Ngilu yang Sering Diabaikan/

7 Penyebab Gigi Ngilu yang Sering Diabaikan

Penyebab Gigi Ngilu
dok. Freepik

Selain gigi berlubang, gigi ngilu merupakan salah satu masalah gigi dan mulut yang umum terjadi. Kondisi ini biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman pada gigi, terutama saat menyikat gigi atau mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.


Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, gigi ngilu juga bisa menyebabkan kerusakan gigi jika tidak ditangani secara serius. Karena itulah, penting untuk memahami penyebab gigi ngilu agar gangguan tersebut tidak terjadi lagi.


Apa penyebab gigi ngilu?

Setidaknya ada tujuh penyebab gigi ngilu, mulai dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari hingga gangguan pada gusi. Kamu bisa menghindari beragam penyebab gigi ngilu ini agar gangguannya tidak berulang atau semakin parah.


Lantas, apa saja penyebab gigi ngilu? Simak informasinya seperti dikutip dari WebMD berikut ini!


1. Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam

Penyebab gigi ngilu pertama adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam, seperti lemon, jeruk, yogurt, hingga tomat. Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam ternyata bisa mengikis lapisan luar gigi (email) dan mengekspos lapisan lunak di bawahnya (dentin). Karena itu, kurangilah makanan atau minuman tersebut untuk menghindari gigi ngilu ya!


2. Menyikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi terlalu kencang atau terlalu ditekan merupakan cara yang salah dan bisa menjadi penyebab gigi ngilu. Cepat atau lambat, kebiasaan ini bisa menyebabkan pengikisan lapisan gigi. Akibatnya, gigi akan menjadi ngilu dan terasa sensitif. Salah satu solusi untuk mengatasi ini adalah menyikat gigi secara lembut dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus.


3. Menggunakan pasta pemutih gigi

Hampir semua orang pasti menginginkan senyum yang lebih cerah dengan tampilan gigi putih. Untuk mendapatkan tampilan gigi seperti ini, beberapa orang biasanya memilih menggunakan pasta gigi dengan kandungan pemutih berbasis peroksida. Sayangnya, efek peroksida pada gigi jika terlalu sering digunakan dapat merusak permukaan gigi dan berujung menyebabkan gigi ngilu.


Jika pasta gigi kamu mengandung zat pemutih, sebaiknya pertimbangkan untuk mengganti produk pasta gigi yang biasa atau khusus untuk gigi sensitif. 


4. Kebiasaan menggunakan obat kumur 

Sama seperti pasta gigi pemutih, beberapa obat kumur juga mengandung alkohol dan bahan kimia lain yang bisa membuat gigi jadi lebih peka terhadap rangsangan. Terutama jika area dentin kamu sudah terbuka. Sebab, dentin terhubung langsung ke pusat saraf dalam gigi. Sehingga, jika tidak terlindungi, pusat saraf akan rentan terhadap rasa sakit.


Untuk mencegah gigi ngilu, sebaiknya pilih jenis obat kumur yang tidak mengandung alkohol atau pilih obat kumur yang memiliki kandungan fluoride untuk gigi sensitif. 


5. Gigi berlubang dan adanya pembusukan

Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh penumpukan plak dan karang gigi yang menjadi tempat tumbuhnya kuman atau bakteri. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit dan ngilu di gigi.


6. Terdapat gigi yang patah atau retak

Gigi patah atau retak umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pertambahan usia, kebiasaan mengunyah makanan keras, hingga cedera pada gigi seperti terkena benturan atau pukulan. Nah, ketika gigi retak atau patah, pulpa gigi yang kaya akan saraf bisa teriritasi. Retakan gigi ini juga bisa membuat bakteri berkumpul dan menyebabkan peradangan, sehingga gigi pun terasa lebih ngilu.


7. Gangguan pada gusi

Penyebab gigi ngilu terakhir adalah gangguan pada gusi, seperti gingivitis atau periodontitis. Kondisi ini harus segera diobati karena bisa menyebabkan komplikasi serius. Selain membuat gigi ngilu, gangguan pada gusi juga bisa menimbulkan gejala lain, seperti gusi bengkak, berdarah, bahkan bernanah.


Itulah informasi mengenai penyebab gigi ngilu. Jika ngilu pada gigi tak kunjung membaik selama lebih dari 2 hari atau ngilu pada gigi disertai dengan demam atau sakit kepala, segera temui dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan ya! Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 



Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata. Menariknya, meratakan gigi dengan Clear Aligner Rata bisa dilepas pasang dan transparan, jadi tidak akan mengganggu penampilan.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar