icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/5 Penyebab Sakit Gigi Pada Ibu Hamil yang Tidak Boleh Disepelekan/

5 Penyebab Sakit Gigi Pada Ibu Hamil yang Tidak Boleh Disepelekan

Penyebab Sakit Gigi Pada Ibu Hamil
dok. Envato

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana M Si


Sakit gigi saat hamil, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari? Jangan dianggap sepele! Kondisi ini bisa memengaruhi proses tumbuh dan kembang janin kamu, lho!


Selain pusing dan muntah-muntah, sakit gigi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi pada ibu hamil. Gangguan ini biasanya terjadi pada bulan kedua hingga kedelapan kehamilan.


Namun, apa yang penyebab sakit gigi pada ibu hamil? Simak informasi lengkapnya dalam artikel di bawah ini!


Baca juga: Apakah Behel Harus Dilepas Saat hamil? Ini Kata Dokter!


Penyebab Sakit Gigi saat Hamil

Kenapa ibu hamil sakit gigi? Sakit gigi selama masa kehamilan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, berikut di antaranya:


1. Peningkatan kadar hormon progesteron

Kadar hormon progesteron selama masa kehamilan dapat meningkatkan hingga 10 kali lipat dari biasanya. Kondisi ini bisa mendukung pertumbuhan bakteri penyebab plak dan sakit gigi saat hamil.


Bakteri yang tumbuh secara berlebihan ini bisa menginfeksi gusi dan menyebabkan gingivitis (radang gusi). Hal inilah yang menyebabkan gusi mudah berdarah, bengkak dan gigi sakit saat hamil.


2. Perbedaan pH air liur saat hamil

Penyebab sakit gigi saat hamil kedua adalah perbedaan pH air liur saat hamil. Selama masa kehamilan, bumil memiliki pH air liur yang lebih asam dari biasanya. Suasana asam ini sangat disukai oleh bakteri penyebab sakit gigi. 


Kebersihan gigi dan mulut yang buruk sendiri bisa mendukung pertumbuhan bakteri. Akibatnya, bumil bisa berisiko untuk mengalami sakit gigi saat hamil.


3. Perubahan sistem kekebalan tubuh

Selama masa kehamilan, tubuh secara otomatis melemahkan pertahanan dirinya. Tujuannya agar janin tidak dianggap sebagai benda asing, sehingga ia bisa tetap hidup dengan baik. Namun, penurunan kekebalan tubuh ini membuat ibu hamil rentan terserang penyakit. Salah satunya adalah penyakit pada gigi dan mulut yang membuat ibu hamil kerap merasa sakit gigi selama masa kehamilan.


4. Sering muntah selama masa kehamilan

Saat hamil, bumil sering mengalami keluhan mual dan muntah-muntah. Ketika muntah isi lambung yang berupa campuran asam lambung dan makanan serta minuman bisa mengenai gigi dan gusi. 


Ternyata hal ini bisa membuat enamel gigi pada ibu hamil menjadi rusak dan meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk berkumur dengan air putih setiap habis muntah, dilanjutkan dengan menyikat gigi. 


5. Kekurangan kalsium

Penyebab sakit gigi pada ibu hamil yang terakhir adalah kekurangan kalsium. Kekurangan kalsium pada ibu hamil bisa terjadi karena pola makan yang kurang sehat atau karena ibu hamil mengalami morning sickness yang parah. 


Kurangnya asupan kalsium berisiko menyebabkan masalah pada tulang dan gigi ibu hamil, serta mengganggu pembentukan jaringan tulang dan gigi pada janin. Untuk mencegah hal ini terjadi, ibu hamil bisa mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi kalsium seperti susu, keju, yogurt, ikan teri, tahu, tempe, atau kacang-kacangan.


Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil dan Menyusui Menggunakan Alat Pemutih Gigi?


Itulah informasi mengenai penyebab sakit gigi pada ibu hamil. Sakit gigi saat hamil memang sangat mengganggu. Jika ibu hamil mengalami sakit gigi karena gigi berlubang atau masalah lainnya, sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi obat untuk meredakannya.


Ada beberapa jenis obat pereda nyeri yang termasuk golongan obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) yang tidak dianjurkan penggunaannya pada ibu hamil. Pasalnya, obat-obatan tersebut berisiko menyebabkan bayi lahir cacat dan keguguran.


Oleh karena itu, untuk menentukan pengobatan yang tepat dan aman dalam mengobati gigi sakit saat hamil, termasuk menentukan obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman, bumil dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan atau dokter gigi.


Salah satu dokter gigi berpengalaman yang telah menangani berbagai kasus gigi dan bisa kamu kunjungi adalah Klinik Rata. Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Alignersā„¢ Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu.


Dapatkan PROMO 2024 SALEBRATION untuk promo ratain gigi spesial di awal tahun. Ada DISKON s.d 70%* yang bisa kamu dapatkan untuk pembelian aligner Rata. Klaim sekarang juga, promo khusus di minggu ini aja!



Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Alignersā„¢ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar