icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/6 Pantangan yang Harus Dihindari saat Sakit Gigi /

6 Pantangan yang Harus Dihindari saat Sakit Gigi

Pantangan sakit gigi
dok. Rata Indonesia

Sakit gigi memang menjadi momen yang sangat tidak menyenangkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Terdapat beberapa makanan dan minuman yang ternyata bisa memperburuk keadaan saat sedang mengalami sakit gigi. Berikut beberapa makanan dan minuman yang jadi pantangan sakit gigi. Sebaiknya dihindari terlebih dahulu, ya! 


Makanan dan minuman yang harus dihindari saat sakit gigi 

Mulai dari makanan berasa cenderung asam hingga es batu, hati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang menjadi pantangan sakit gigi!


1. Permen asam 

Permen, khususnya permen asam, menduduki peringkat pertama sebagai pantangan saat sakit gigi atau memiliki kondisi gigi berlubang. Mengapa begitu? Pasalnya, permen asam memiliki kandungan asam sangat tinggi dan mampu mengikis enamel gigi. Selain itu, permen asam yang memiliki tekstur kenyal dapat menempel pada gigi dalam jangka waktu lama dan menyebabkan plak gigi. 


2. Soda 

Minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi, sehingga harus dihindari saat sakit gigi. Selain itu, jenis minuman ini juga dapat menyebabkan mulut kering dan berisiko jadi tempat bakteri yang bisa merusak gigi. Minuman bersoda juga bisa merusak warna asli gigi dan membuat gigi lebih gelap dan kusam. Kamu disarankan untuk berkumur dan minum banyak air putih, jika ingin mengonsumsi minuman bersoda agar sisa-sisa minuman yang menempel di gigi dapat diminimalisir.


3. Es batu 

Suka menggigit es batu merupakan kebiasaan buruk bagi kesehatan gigi dan mulut. Menggigit es batu bisa merusak email gigi dan membuat gigi sensitif. Memaksa menggigit es batu yang keras dapat membuat gigi lama-lama menjadi longgar dan rentan patah. Tidak heran jika es batu menjadi salah satu pantangan saat sakit gigi.


Baca juga: Punya Masalah Gigi Sensitif, Apakah Bisa Pakai Aligner™?


4. Keripik kentang 

Apakah keripik kentang salah satu favorit cemilan di rumah? Ternyata, keripik kentang masuk menjadi list makanan yang harus dihindari saat sakit gigi. Kandungan pati yang tertinggal bisa berubah menjadi gula dan tertinggal di dalam gigi. Gula tersebut akan memberi makan bakteri mulut dan menghasilkan asam. 


5. Biskuit 

Selain keripik kentang, biskuit juga sebaiknya dihindari saat sakit gigi. Biskuit juga mengandung karbohidrat olahan yang bisa berubah menjadi gula dan menjadi makanan untuk bakteri di dalam mulut. Sisa biskuit yang lembek dan menumpuk di sela-sela gigi juga dapat menumpuk, jika kamu jarang menyikat gigi. 


6. Kopi 

Siapa yang tidak bisa sehari tanpa konsumsi kopi? Namun, kamu harus berhati-hati jika mengonsumsi kopi saat sakit gigi. Tidak hanya meninggalkan noda, kopi juga bisa mengubah warna menjadi kuning. Noda pada kopi yang lengket dapat menarik partikel makanan dan bakteri penyebab kerusakan gigi. 


Baca juga: Cara Mengatasi Gigi Kuning yang Ampuh & Cepat 


Nah, kalau kamu sudah menghindari pantangan sakit gigi yang telah disebutkan di atas, namun kondisi tidak kunjung membaik dan rasa sakit menjadi tidak tertahan, langsung konsultasi dengan dokter gigi, ya! Kamu bisa mengunjungi klinik Rata untuk konsultasi gigi GRATIS. Silahkan follow Instagram @rata.id untuk informasi lebih lanjut.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar