icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Bolehkah Ibu Hamil dan Menyusui Menggunakan Alat Pemutih Gigi?/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Bolehkah Ibu Hamil dan Menyusui Menggunakan Alat Pemutih Gigi?

Bolehkah Ibu Hamil dan Menyusui Menggunakan Alat Pemutih Gigi?
dok. Freepik

Memiliki gigi putih dan bersih dapat membuat seseorang lebih percaya diri saat tersenyum. Tak heran kalau teknik memutihkan gigi dengan alat pemutih gigi kian populer. Namun, keamanannya sering kali dipertanyakan, terlebih bagi ibu hamil dan menyusui.


Seperti yang kita tahu, ibu hamil dan menyusui memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak hamil maupun menyusui. Mereka juga disarankan untuk menghindari hal-hal yang dapat membahayakan janin serta saluran kelenjar ASI.


Lantas, bolehkah ibu hamil memutihkan gigi menggunakan cara ini? Mari cari tahu jawabannya di bawah ini.


Cara kerja alat pemutih gigi


Alat pemutih gigi yang saat ini marak beredar adalah hasil dari inovasi teknologi yang dikembangkan oleh dokter gigi profesional. Didesain dengan bentuk yang simpel, alat pemutih gigi ini dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin mengembalikan kecerahan warna gigi.


Penggunaannya melibatkan beberapa bahan kimia, seperti hidrogen peroksida (H2O2) dan karbamid peroksida. Kedua bahan tersebut berfungsi untuk menghilangkan noda pada permukaan gigi secara bertahap.


Dalam prosesnya, alat pemutih gigi juga menggunakan sinar LED yang berguna untuk mempercepat reaksi kimia dalam menghilangkan noda pada gigi. Tidak sampai satu bulan, hasil pemutihan gigi dengan alat ini sudah bisa terlihat.


Bolehkah ibu hamil dan menyusui menggunakan alat pemutih gigi?


Pada dasarnya, alat pemutih gigi dapat digunakan oleh siapa saja, termasuk ibu hamil dan menyusui sekali pun. Hanya saja, ibu hamil dan menyusui wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi sebelum menggunakan alat pemutih gigi.


Hal ini karena terdapat bahan aktif dalam proses pemutihan gigi dengan alat tersebut. Selain itu, kedua bahan kimia yang digunakan pada alat pemutih gigi juga memiliki efek samping, terutama bagi ibu hamil. Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif.


Sedangkan proses pemutihan gigi dapat memicu risiko gigi sensitif. Ketika kandungan peroksida bersentuhan dengan gigi, bagian email gigi dapat terkikis. Kondisi ini akan menyebabkan bagian dentin yang terhubung dengan pembuluh darah serta saraf terbuka sehingga menjadikan gigi lebih sensitif terhadap makanan yang masuk ke dalam mulut.


Namun, efek samping ini bisa dihindari asalkan teknik memutihkan gigi yang dilakukan ibu hamil dan menyusui berada di bawah pengawasan dokter gigi.


Tips aman menggunakan alat pemutih gigi

Untuk menghindari dampak dari memutihkan gigi saat hamil dan menyusui, sebaiknya lakukan tips aman menggunakan alat pemutih gigi berikut ini:

  • Gunakan alat pemutih gigi sesuai anjuran
  • Jangan gunakan bahan pemutih gigi secara berlebihan
  • Tetap jaga kesehatan gigi dengan rajin menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride guna memperkuat lapisan luar gigi
  • Jika efek memutihkan gigi memudar dan ingin kembali memutihkan gigi, konsultasikan dulu dengan dokter gigi.