icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Parents, Ini 5 Tips Seru Ajak Anak ke Dokter Gigi Tanpa Rasa Takut/

Parents, Ini 5 Tips Seru Ajak Anak ke Dokter Gigi Tanpa Rasa Takut

Parents, Ini Dia 5 Tips Seru Ajak Anak ke Dokter Gigi Tanpa Rasa Takut
dok. Envato

Parents, sering mengalami kesulitan saat hendak membawa anak ke dokter gigi? Memang, pergi ke dokter gigi bisa menjadi momen yang sangat menegangkan dan menakutkan bagi si kecil. Namun, mengajak anak ke dokter gigi sejak mereka usia dini bisa menjadi momen penting dan langkah yang baik untuk menjaga kesehatan gigi mereka.

Idealnya, Parents dapat mengajak sang buah hati sejak balita untuk melakukan kunjungan pertama ke dokter gigi. Parents juga bisa mengajak anak untuk cek ke dokter gigi saat usia pertama dan kedua sang buah hati. Mengapa? Ketika semakin bertambah usia seperti saat usia masuk sekolah, anak bisa saja mendengar cerita-cerita yang dianggap kurang mengesankan soal konsultasi kesehatan gigi.

Yuk, simak lima tips seru yang dapat membantu Parents mengatasi ketakutan anak saat diajak pergi ke dokter gigi. 

1. Bawa Mainan Kesukaan

Membawa mainan kesukaan si kecil, seperti boneka atau mobil-mobilan yang mudah mereka genggam atau peluk saat perawatan di dokter gigi. Cara ini bisa menjadi distraksi yang efektif saat sang buah hati sedang diperiksa oleh dokter gigi. Mainan kesukaan akan membuat anak merasa lebih nyaman dan teralihkan dari rasa takut.

2. Bawa Buku Cerita atau Tontonan Kegemaran

Kalau si kecil suka membaca, Parents bisa bawakan buku cerita. Namun, jika anak lebih suka menonton, maka Anda juga bisa siapkan tontonan kesukaan mereka saat ke dokter gigi. Hal ini dapat membantu anak memahami kunjungan ke dokter gigi dengan cara yang lebih menyenangkan.

Baca juga: Parents Harus Tahu! Ini Daftar Perawatan Gigi untuk Anak di Klinik 

3. Ceritakan Pengalaman Positif

Sebelum pergi ke dokter gigi, ceritakan kepada si kecil tentang pengalaman positif yang pernah Anda alami. Ceritakan pengalaman menyenangkan, seperti bertemu dokter yang ramah, cantik, tampan, atau mendapat hadiah setelah periksa gigi.

Ceritakan juga kepada si kecil bahwa Anda berkomitmen pada perawatan gigi yang baik dan dapat menginspirasi mereka untuk melakukan hal yang sama.

4. Siapkan Makanan atau Camilan Favorit

Menyiapkan makanan atau camilan kesukaan si kecil sebagai reward setelah kunjungan ke dokter gigi dapat menjadi motivasi tambahan bagi mereka, lho! Ini juga bisa menjadi cara untuk memberikan mereka apresiasi yang menyenangkan setelah menghadapi rasa takut. 

5. Jangan Lupakan Hadiah Kecil

Berikan hadiah kecil sebagai reward setelah anak berhasil menyelesaikan kunjungan ke dokter gigi tanpa ketakutan. Hadiah tersebut bisa sebagai bentuk apresiasi atas keberanian mereka atau mainan yang sejak lama sudah si kecil inginkan.

Dengan mengikuti tips-tips seru di atas, Parents bisa memberikan dukungan kepada anak-anak dalam menghadapi rasa takut mereka saat pergi ke dokter gigi. 

Selain itu, Parents juga harus ingat bahwa menjaga kesehatan gigi anak merupakan investasi jangka panjang yang sangat penting bagi masa depan mereka yang sehat ya!

Yuk, ajak anak perawatan gigi sekarang! Anda bisa berkonsultasi di klinik untuk mendapatkan penanganan terbaik. Silakan kunjungi www.rata.id atau Instagram @rata.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut!


Baca juga: 5 Cara Mencegah Gigi Berantakan (Maloklusi) pada Anak


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Cari tahu daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitar Parents jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut Anda. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810

Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!



komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar