icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Veneer Gigi, Perawatan yang Bisa Mempercantik Penampilan/

Veneer Gigi, Perawatan yang Bisa Mempercantik Penampilan

Veneer Gigi, Perawatan yang Bisa Mempercantik Penampilan
dok. FreePik

Veneer gigi merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan tampilan gigi rata yang kamu inginkan. Ini merupakan pilihan populer bagi mereka yang memiliki gigi retak, celah di antara gigi, atau gigi yang cacat. Veneer gigi adalah penutup tipis yang menempel pada gigi untuk memberikan tampilan gigi cantik dan putih bersinar seperti di iklan. Nah, Klinik Rata menawarkan berbagai jenis veneer gigi untuk kamu. Sebelum itu, yuk kenali dulu apa itu veneer dan kegunaannya. 


Apa itu veneer gigi?

Pada dasarnya, veneer adalah lapisan tipis yang direkatkan secara permanen ke gigi untuk menutupi warna alami, bentuk, atau posisi gigi. Kamu bisa mendapatkan veneer untuk satu gigi atau semua gigi. Kamu juga bisa memilih antara veneer parsial (veneer yang menutupi sebagian permukaan gigi) atau veneer penuh (menutupi seluruh bagian gigi terdepan) tergantung kebutuhan dan budget yang kamu miliki. 


Pantangan prosedur veneer gigi

Bagi kamu yang kurang puas dengan tampilan gigi atau ingin memiliki senyum berkilau seperti para selebriti, veneer bisa jadi pilihan. Perawatan ini bisa kamu dapatkan, asalkan kondisi gigi dan gusi kamu dinyatakan sehat oleh dokter gigi.


Namun, prosedur irreversible (perubahan bentuk gigi yang tidak dapat dikembalikan seperti semula) ini tidak bisa sembarangan dipasang pada setiap orang. Orang-orang yang tidak dianjurkan menjalani veneer gigi adalah:

  • Orang yang enamel giginya sudah tergerus.
  • Orang dengan penyakit gusi atau kondisi gigi tidak sehat lainnya.
  • Orang yang memiliki gigi rapuh karena pembusukan, patah, atau tambalan.
  • Orang yang punya kebiasaan bruxism, alias menggesekkan gigi atas dan bawah.



Jenis veneer gigi

Terdapat dua jenis veneer gigi, yaitu porselen dan komposit. Daripada kamu bingung mau pilih yang mana, berikut penjelasan lengkapnya:


1. Veneer Porselen

Veneer porselen merupakan cangkang tipis yang dibuat khusus agar bisa direkatkan secara sempurna ke permukaan gigi. Kelebihan dari veneer porselen antara lain:

  • Lebih kuat, tidak mudah retak, dan tahan lama.
  • Menghasilkan permukaan gigi yang tampak alami.
  • Membutuhkan lebih sedikit enamel gigi yang perlu dihilangkan.
  • Tidak mudah kotor.


2.Veneer Komposit

Veneer komposit dibuat dari bahan pengisi berwarna seperti gigi alami yang direkatkan ke enamel gigi. Kelebihan dari veneer komposit adalah:

  • Biasanya enamel gigi yang perlu dihilangkan lebih sedikit dibandingkan veneer porselen.
  • Lebih sedikit kunjungan ke dokter gigi (terkadang hanya membutuhkan satu kunjungan).
  • Biayanya lebih murah daripada pelapis porselen.
  • Veneer mudah diperbaiki jika rusak.


Komplikasi veneer gigi

Perlu diketahui, komplikasi bisa terjadi apabila pemasangan veneer gigi tidak dilakukan dengan baik. Kerusakan pada gigi di bawah lapisan veneer dan tipisnya enamel akibat pengikisan saat persiapan pemasangan veneer dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif dibanding sebelumnya.


Cara merawat gigi setelah veneer

Perawatan veneer gigi cukup mudah, kok. Setelah prosedur veneer gigi dilakukan, kamu akan menjalani masa pemulihan yang cenderung lebih cepat dibanding tindakan medis gigi lain. Biasanya, kamu juga bisa langsung makan atau minum secara normal. Namun, gigi yang baru ditempeli veneer mungkin akan terasa aneh dan kasar karena adanya sisa-sisa semen yang menempel dan mengering di permukaan. Kamu tidak perlu khawatir karena sisa-sisa semen tersebut akan hilang dengan sendirinya. 


Setelah veneer, terdapat beberapa cara merawat gigi yang bisa kamu lakukan agar veneer porselen maupun komposit dapat bertahan lebih lama. Berikut panduan perawatan veneer gigi:

  • Hindari mengunyah benda keras, misalnya permen atau es batu.
  • Tidak memakai gigi untuk membuka bungkusan plastik.
  • Menghindari kebiasaan mengunyah makanan dengan gigi palsu veneer bagian depan.
  • Berhenti menggigit kuku.
  • Gunakan pelindung mulut untuk menjaga gigi saat berolahraga berat, seperti basket, bela diri, sepak bola, dan tinju.


Itulah informasi tentang veneer yang perlu kamu ketahui. Veneer mampu membuat gigi terlihat lebih putih, rata, dan berkilau. Jika kamu berniat untuk meratakan gigi, sebenarnya tidak perlu sampai memasang veneer gigi yang mahal.


Kamu bisa menggunakan clear aligner dari Rata mulai dari Rp 400 ribu sebulan. Tidak perlu khawatir, karena Rata sudah menciptakan gigi rata yang indah lebih dari 20 ribu pasien, lho. Dapatkan clear aligner Rata milikmu sekarang juga!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar