icon
Rata
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Clear Aligner Bisa Berubah Warna Jadi Kuning? Yuk, Jangan Bandel dan Ikuti Langkah ini!/

Clear Aligner Bisa Berubah Warna Jadi Kuning? Yuk, Jangan Bandel dan Ikuti Langkah ini!

Clear Aligner Bisa Berubah Warna Jadi Kuning? Yuk, Jangan Bandel dan Ikuti Langkah ini!
dok. Rata Indonesia

Rata Clear Aligner banyak diminati masyarakat masa kini untuk meratakan gigi, karena terbuat dari plastik yang transparan sehingga tidak mengganggu penampilan. Namun, apa yang terjadi jika aligner Rata berubah warna menjadi kuning? Apakah tidak transparan lagi? Bagaimana aligner Rata bisa berubah warna menjadi kuning?


Penyebab clear aligner menguning



Tenang! Aligner Rata tidak akan berubah warna, jika kamu mengikuti instruksi dalam pemakaian dan membersihkan dengan tepat. Berikut beberapa penyebab aligner Rata berubah warna.


1. Tidak dilepas saat makan atau minum berwarna


Penyebab terbesar dalam mengubah warna aligner Rata adalah tidak dilepas ketika makan atau minum berwarna. Terutama, saat kita merasa hanya minum sedikit atau lupa melepas aligner saat minum berwarna. Jadi, usahakan untuk melepas aligner saat minum berwarna, seperti teh, kopi, soda, dan lainnya. Setelah itu, jangan lupa untuk kumur-kumur terlebih dahulu sebelum menggunakan aligner kembali. Selain mengubah warna aligner, minuman berwarna juga bisa menyebabkan noda menempel pada aligner dan membuat gigi berlubang. 


Kalau minum susu atau minuman lain yang tidak berwarna namun memiliki rasa bagaimana? Kamu juga tetap disarankan untuk melepas aligner, meskipun susu atau minuman berasa lain berwarna putih. Jika tidak dilepas juga, hal tersebut dapat mengubah warna aligner dan memungkinkan sisa-sisa minuman tersebut terperangkap di dalam aligner. Bakteri penyebab gigi berlubang pun, akan melekat dan menempel di dalam aligner.


Baca juga: Cukup Pakai Sikat Gigi, Begini Cara Membersihkan Aligner yang Tepat


2. Menggunakan obat kumur (mouthwash) untuk membersihkan aligner 


Penyebab lainnya mengubah aligner jadi kuning adalah kebiasaan merendam clear aligner terlalu lama dengan obat kumur yang berwarna. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk kamu merendam aligner di dalam larutan obat kumur. Kamu dapat membersihkan aligner dengan sikat gigi di bawah air mengalir menggunakan sabun yang tidak memiliki scrub. 


3. Terjadi kesalahan dalam membersihkan aligner 


Sudah melepas aligner setiap makan atau minum? Ternyata, kalau kamu kurang bersih saat mencuci aligner juga dapat mengubah warna aligner menjadi kuning. Oleh karena itu, kamu bisa membersihkan aligner dengan sikat gigi berbulu halus dengan sabun mandi atau cuci tangan, yang tidak mengandung scrub agar tidak merusak permukaan aligner. Kamu juga bisa menggunakan larutan aligner cleaner agar lebih mudah membersihkan aligner. 



Selain menjaga kebersihan aligner agar tidak berubah warna. Jangan lupa untuk selalu menggunakan setiap set aligner selama 20-22 jam per hari selama 1 minggu untuk hasil maksimal. Mau tahu info lainnya tentang tips dan trik pemakaian aligner, silakan follow Instagram @rata.id atau update terus artikel baru di website Rata.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar