icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Cukup Pakai Sikat Gigi, Begini Cara Membersihkan Aligner yang Tepat/
Petunjuk Pemakaian Aligner

Cukup Pakai Sikat Gigi, Begini Cara Membersihkan Aligner yang Tepat

Cukup Pakai Sikat Gigi, Begini Cara Membersihkan Aligner yang Tepat
dok. Rata Indonesia

Selain behel atau kawat gigi, kini ada metode lain yang bisa digunakan dalam merapikan susunan gigi yang berantakan. Aligner namanya, sebuah inovasi terbaru yang berfungsi untuk meratakan gigi tanpa harus memakai behel.


Tak seperti behel yang terlihat sangat mencolok saat digunakan, aligner terbuat dari material plastik medical grade dan BPA-free. Warnanya yang transparan dapat menjadi salah satu keunggulan karena tidak terlihat seperti sedang meratakan gigi. 


Penggunaan aligner dinilai lebih fleksibel dan efisien dibandingkan dengan kawat gigi. Hal ini karena lama pemakaian aligner terbilang singkat, yakni hanya 3 – 6 bulan saja, berbeda dengan behel yang memakan waktu hingga bertahun-tahun.


Selain itu, aligner juga mudah dilepas pasang sehingga memudahkan penggunanya untuk melepasnya jika diperlukan. Misalnya, aligner dapat dilepas saat makan, sikat gigi, atau saat ingin dibersihkan.


Nah, berbicara mengenai cara membersihkan aligner, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, lho, Rata Family. Sebab aligner tidak boleh dibersihkan sembarangan karena dapat merusak aligner itu sendiri.


Supaya kamu tidak salah langkah saat membersihkan aligner, sebaiknya simak ulasan berikut ini!


Cara membersihkan aligner yang benar dan tepat

Aligner harus dibersihkan secara rutin agar tidak berbau dan mengundang bakteri tumbuh di permukaan aligner. Cara mencucinya pun harus menyeluruh, tidak boleh asal apalagi hanya sebatas dikucuri dengan air mengalir.


Ini dia langkah tepat membersihkan aligner:

1. Lepas aligner saat kamu akan menyikat gigi

2. Gosok semua permukaan serta bagian dalam aligner dengan sikat gigi yang lembut, kemudian bilas dengan air mengalir

3. Keringkan aligner di atas kain kering dan langsung gunakan kembali setelah kamu selesai menyikat gigi. 


Penting untuk diingat bahwa aligner tidak boleh dibersihkan dengan pasta gigi. Hal ini dikarenakan pasta gigi memiliki sifat abrasif yang dapat menyebabkan aligner berubah warna menjadi lebih buram, kusam, dan tidak bening lagi.

Jika ingin menggunakan deterjen, kamu bisa menggunakan sabun berbahan lembut, seperti sabun cuci piring, sabun cuci tangan, atau sabun mandi tanpa scrub. Selain itu, pastikan kamu membilas aligner sampai tidak ada busa yang menempel, ya.


Seberapa sering aligner harus dibersihkan?

Sebetulnya, tidak ada patokan pasti kapan harus membersihkan sikat gigi. Selain aligner harus dibersihkan saat kamu akan menyikat gigi dua kali sehari, aligner juga bisa dibersihkan setiap kali kamu melepasnya. Tindakan pembersihan ini tentunya akan mencegah penumpukan makanan dan bakteri yang bersarang di gigi.


Cara terbaik merawat aligner