icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Kapan Pasien Harus Mengganti Set Aligner Gigi?/
Petunjuk Pemakaian Aligner

Kapan Pasien Harus Mengganti Set Aligner Gigi?

Kapan Pasien Harus Mengganti Set Aligner Gigi?
dok. Rata Indonesia

Kemajuan teknologi telah memudahkan masyarakat dalam banyak hal, tak terkecuali dalam melakukan perawatan gigi. Kini, behel bukan lagi menjadi solusi satu-satunya untuk merapikan gigi yang berantakan karena saat ini telah hadir clear aligner.


Yap, clear aligner adalah cara merapikan gigi yang lebih praktis dan low maintenance alias mudah dilakukan. Bahkan, kamu bisa melakukan

semua rangkaian perawatan gigi dari awal hingga akhir dari rumah. Menarik banget, kan?


Clear aligner terbuat dari bahan plastik medical grade dan BPA free sehingga mudah dilepas pasang dan dapat dibersihkan hanya dengan menggunakan air. Durasi pemakaian aligner juga lebih singkat dibandingkan behel, yakni sekitar 3 – 6 bulan.


Setiap pasien akan mendapatkan beberapa pasang aligner yang akan dipakai selama periode perawatan. Semua set-nya ini akan didapatkan pada awal pemakaian. Jadi, pasien tidak perlu keluar rumah lagi untuk konsultasi dan ganti set aligner.


Nah, masing-masing set aligner ini memiliki durasi pemakaian yang berbeda-beda. Oleh karenanya, pasien harus mengetahui dengan pasti kapan tepatnya ia harus mengganti tiap set aligner. 


Biar kamu tidak kebingungan dengan waktu pergantian set aligner, sebaiknya simak dulu ulasan di bawah ini.


Kapan Pasien Harus Mengganti Set Aligner?

Dalam proses merapikan gigi dengan aligner, pasien tidak hanya menerima satu pasang aligner saja, tapi beberapa pasang. Jumlah set aligner yang didapat tiap pasien pun berbeda-beda, tergantung dari kondisi gigi pasien.


Membahas persoalan kapan pasien harus mengganti set aligner, hal ini cukup tricky karena anjurannya setiap pasang aligner harus digunakan selama 22 jam per hari. Apabila pasien disiplin dalam menggunakannya, maka tiap set aligner dapat digunakan sesuai durasi yang telah ditentukan di awal, yakni selama 7–14 hari.


Namun terkadang ada saja pasien yang kurang disiplin dan sering melepas pasang aligner sehingga durasi pemakaiannya tidak lebih dari 20 jam sehari. Jika sudah begini, mau tidak mau durasi pemakaian tiap set aligner harus mundur dari waktu seharusnya.


Biasanya dokter akan memberikan tambahan waktu hingga 14 hari ke depan untuk memaksimalkan pemakaian satu pasang aligner. Namun, tambahan waktu ini bisa saja berubah sesuai dengan kondisi gigi masing-masing pasien.


Oleh karenanya penting bagi seluruh pasien untuk disiplin menggunakan aligner. Sebab kunci sukses pemakaian aligner terletak pada kesungguhan kamu saat memakainya.


Waktu yang Diperbolehkan untuk Melepas Aligner

Pemakaian aligner yang fleksibel membuat si pemakai sering kali melepas pasangnya. Padahal hal tersebut justru dapat memperlambat durasi pemakaian aligner itu sendiri.


Aligner hanya boleh dilepas saat waktu tertentu saja dan di luar waktu tersebut, pasien harus tetap menggunakannya. Berikut waktu yang diperbolehkan untuk melepas aligner:

  • makan
  • minum minuman berwarna atau minuman yang terlalu panas dan dingin
  • gosok gigi



Saat melepas aligner, pastikan kamu meletakkannya di case khusus aligner agar aligner kamu tetap higienis. Setelah melepasnya, aligner juga harus dipasang kembali agar waktu pemakaian aligner tidak terbuang percuma. 


Masih punya pertanyaan seputar aligner? Kamu bisa konsultasi langsung dengan dokter gigi Rata. Konsultasi kesehatan gigi ini bisa dilakukan secara online sehingga kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah.


Tunggu apalagi, yuk segera jadwalkan konsultasi online dan cetak aligner gigi kamu dengan dipandu oleh dokter gigi Rata!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar