icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Begini Cara Melepas Pasang Aligner agar Tidak Rusak/
Petunjuk Pemakaian Aligner

Begini Cara Melepas Pasang Aligner agar Tidak Rusak

Begini Cara Melepas Pasang Aligner agar Tidak Rusak
dok. Rata Indonesia

Apa itu aligner? Aligner adalah alternatif perata gigi yang kini tengah menjadi tren di kalangan anak muda. Aligner gigi banyak dipilih karena penggunaannya yang lebih praktis dan fleksibel dibandingkan kawat gigi atau behel.


Material aligner berasal dari plastik medical grade berwarna bening dan BPA free. Teksturnya lentur dan memiliki ukuran yang disesuaikan dengan ukuran gigi penggunanya. Kelebihan alat ini adalah tidak mengganggu proses mengunyah dan menggigit makanan karena aligner bisa dilepas pada saat makan dan minum.


Aligner gigi memang dapat dilepas pasang kapan saja, tapi tidak boleh dilepas pasang sembarangan. Bagaimanapun material aligner yang terbuat dari bahan plastik membuatnya rentan terhadap gesekan dan benda keras.


Oleh karena itu, dibutuhkan teknik khusus untuk melepas pasang aligner agar tidak rusak. Supaya kamu tidak salah langkah dalam proses lepas pasang aligner gigi, sebaiknya simak tata caranya berikut ini!


Cara Melepas Pasang Aligner Gigi agar Tidak Rusak


Aligner harus digunakan selama 20 sampai 22 jam sehari. Kamu boleh melepas aligner ketika makan, minum minuman yang panas atau bergula, dan saat menyikat gigi. Setelah semua kegiatan tersebut selesai dilakukan, aligner harus dipasang kembali.


Cara melepas pasang aligner mungkin terlihat mudah, terlebih teksturnya cukup lentur. Namun, perlu kamu ketahui bahwa terdapat teknik khusus untuk melakukannya.


Berikut tata cara melepas pasang aligner sesuai anjuran dokter gigi.


Cara memasang aligner


  1. Pertama-tama, tentukan mana aligner gigi yang akan dipasang di bagian rahang atas dan mana aligner yang harus dipasang di rahang bawah.
  2. Setelah kamu sudah bisa membedakannya, masukkan aligner permukaan gigi, lalu tekan bagian tengah dan samping aligner hingga terdengar bunyi “klik”. Bunyi klik tersebut menandakan bahwa aligner sudah terpasang sempurna.
  3. Jika gigi kamu berjejal berat, pasang aligner dari sisi yang berjejal dulu, lalu ke sisi yang rapi supaya lebih mudah.
  4. Lakukan cara yang sama pada gigi satunya.
  5. Setelah terpasang, gunakan chewies untuk membantu memastikan aligner terpasang sempurna
  6. Gigit-gigit chewies dengan menggunakan seluruh bagian gigi (depan, tengah, belakang) yang sudah terpasang aligner


Cara melepas aligner

  1. Bukalah aligner gigi dari salah satu bagian terlebih dahulu, mulai dari sisi belakang, tengah depan, lalu bagian sisi belakang yang satu lagi.
  2. Pastikan kamu membuka aligner gigi dengan jari bukan dengan kuku. Hal ini karena kuku yang panjang merupakan salah satu penyebab gusi kamu terluka dan berdarah.


Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melepas Pasang Aligner

Saat melepas pasang aligner, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, antara lain:

  • saat sedang melepas aligner, letakkan aligner di case aligner agar aligner terhindar dari paparan kuman atau bakteri,
  • bersihkan aligner gigi dengan air mengalir ketika sedang dilepas saat hendak menggosok gigi,
  • selalu pastikan aligner gigi yang kamu pakai dalam kondisi yang bersih dan steril.