icon
Rata
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Dipakai 22 Jam per Hari, Kapan Waktu untuk Melepas Aligner Gigi?/

Dipakai 22 Jam per Hari, Kapan Waktu untuk Melepas Aligner Gigi?

Dipakai 22 Jam per Hari, Kapan Waktu untuk Melepas Aligner Gigi?
dok. Rata Indonesia

Perkembangan teknologi telah membawa pengaruh besar terhadap perawatan estetika gigi. Jika dulu metode perataan gigi yang umum dilakukan menggunakan kawat gigi atau behel, kini metodenya menjadi lebih praktis, yaitu dengan clear aligners atau aligner gigi.


Apa itu aligner gigi? Aligner gigi atau clear aligners adalah cara meratakan gigi tanpa behel. Terbuat dari plastik transparan medical grade dan BPA free, aligner gigi dapat dilepas pasang dan dibersihkan hanya menggunakan air mengalir.


Baca juga: Begini Cara Melepas Pasang Aligner agar Tidak Rusak


Meski dapat dilepas pasang, clear aligners harus dipakai sesuai ketentuan agar proses meratakan gigi berjalan maksimal. Dengan penggunaan yang benar, gigi akan cepat rapi dan rata. Sebaliknya, jika aligner gigi terlalu sering dilepas, proses perawatan gigi akan terhambat, sehingga memperpanjang waktu pemakaiannya.


Lantas, kapan saja harus pakai aligner gigi? Simak ulasan di bawah ini, ya!



Kapan saja harus pakai clear aligners?

Tidak seperti behel, meratakan gigi dengan clear aligners hanya membutuhkan waktu selama 3 – 6 bulan saja. Aligner gigi juga tidak membutuhkan kontrol ke dokter gigi setiap bulan, karena pasien akan mendapatkan set aligner yang dapat diganti sendiri setiap 10-14 hari sekali.


Namun, pemakaian aligner juga bisa menjadi lebih lama dari waktu yang seharusnya. Hal ini terjadi, karena pasien kurang disiplin saat menggunakannya. Aligner gigi yang lebih sering dilepas daripada dipasang akan menyebabkan durasi pemakaian aligner bertambah. Kalau kamu menginginkan proses merapikan gigi yang cepat, sebaiknya ketahui dulu waktu-waktu pemakaian clear aligners berikut ini.


Baca juga: Kapan Pasien Harus Mengganti Set Aligner Gigi?


Waktu yang diharuskan memakai aligner gigi

Satu set aligner harus kamu pakai selama 10-14 hari dengan lama pemakaian per harinya 20-22 jam. Jika aligner gigi tidak digunakan selama waktu yang telah ditentukan, maka satu set aligner perlu penambahan waktu penggunaan. Semakin disiplin kamu menggunakan aligner, semakin cepat gigi kamu menjadi rata. Sebaliknya, semakin sering kamu melepas aligner, akan semakin lama juga proses perataan gigimu.



Waktu yang dianjurkan untuk melepas aligner gigi

Meski aligner bisa dilepas-pasang, namun bukan berarti kamu dapat melepasnya terus-terusan. Selama aligner terpasang, kamu dilarang untuk mengkonsumsi minum-minuman panas dan berwarna karena dikhawatirkan dapat mengubah bentuk clear aligners. Selain itu, minuman atau makana tersebut dapat membuat warna aligner gigi menjadi kusam. Clear aligners hanya boleh dilepas di waktu tertentu saja, yaitu saat makan dan menyikat gigi. Kamu juga tidak diperkenankan meletakkan clear aligners sembarangan alias tidak di dalam case, karena aligner gigi yang diletakkan di sembarang tempat dapat memicu tumbuhnya bakteri. 


Baca juga: Cukup Pakai Sikat Gigi, Begini Cara Membersihkan Aligner yang Tepat


Setelah makan pun, kamu harus memastikan rongga mulut dan gigimu bersih. Sebab jika masih ada sisa makanan menempel di gigi kemudian aligner langsung dipakai kembali, sisa makanan bisa menempel di permukaan clear aligners dan meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri di dalamnya.


Ketika menyikat gigi pun aligner harus dilepas dan dibersihkan, ya. Bagaimana cara membersihkan aligner gigi? Kamu hanya perlu menggunakan sikat gigi yang lembut, menyikatnya, lalu membilasnya di bawah air mengalir. Aligner gigi yang sudah dibersihkan harus segera dipasang kembali.


Untuk mencapai hasil perawatan yang maksimal, penting untuk disiplin menggunakan aligner. Ikuti setiap anjuran dokter gigi. Jangan sampai, kelalaianmu membuat proses perataan gigi berakhir sia-sia.


Jika kamu masih bingung mengenai pemakaian aligner, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter gigi Rata, baik secara online maupun datang ke klinik. Dokter gigi Rata akan memberikan rekomendasi metode pemakaian clear aligners yang sesuai dengan kebutuhan gigi kamu. Yuk, segera buat jadwal konsultasi online dengan dokter gigi Rata dengan klik banner di bawah ini, ya!


Rekomendasi klinik gigi untuk perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan clear aligners

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan gigi dan mulut atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Temukan klinik Rata terdekat di sekitarmu!


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk berkonsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Lebih lengkap mengenai lokasi Klinik Rata di sekitarmu, silakan hubungi Customer Service Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar. Kami tunggu kedatanganmu, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar