icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Dipakai 22 Jam per Hari, Ketahui Waktu yang Diperbolehkan untuk Melepas Aligner/
Petunjuk Pemakaian Aligner

Dipakai 22 Jam per Hari, Ketahui Waktu yang Diperbolehkan untuk Melepas Aligner

Dipakai 22 Jam per Hari, Ketahui Waktu yang Diperbolehkan untuk Melepas Aligner
dok. Rata Indonesia

Perkembangan teknologi telah membawa pengaruh besar terhadap perawatan estetika gigi. Jika dulu metode perataan gigi dilakukan secara manual dengan menggunakan kawat gigi atau behel, kini metodenya menjadi lebih praktis, yakni dengan menggunakan aligner.


Aligner adalah metode merapikan gigi yang bisa dibilang sangat mudah dilakukan. Terbuat dari plastik transparan medical grade dan BPA free, aligner dapat dilepas pasang dan dibersihkan hanya menggunakan air mengalir.


Meski dapat dilepas pasang, aligner harus dipakai sesuai ketentuan agar proses perataan gigi berjalan maksimal. Dengan penggunaan yang benar, gigi akan cepat rapi dan rata. Sebaliknya, jika aligner terlalu sering dilepas, proses perawatan gigi akan terhambat sehingga memperpanjang waktu pemakaiannya.


Lantas, kapan saja harus pakai aligner? Untuk mencari tahu info mengenai pemakaian aligner, simak ulasan di bawah ini.


Kapan saja harus pakai aligner?

Tidak seperti behel, meratakan gigi dengan aligner hanya membutuhkan waktu selama 3 – 6 bulan saja. Aligner juga tidak membutuhkan kontrol ke dokter gigi setiap bulan karena pasien akan mendapatkan set aligner yang dapat diganti sendiri setiap minggunya.


Namun, pemakaian aligner juga bisa menjadi lebih lama dari waktu yang seharusnya. Hal ini terjadi karena pasien kurang disiplin saat menggunakannya. Aligner yang lebih sering dilepas daripada dipasang akan menyebabkan durasi pemakaian aligner bertambah.

Kalau kamu menginginkan proses yang cepat, sebaiknya ketahui dulu waktu-waktu pemakaian aligner berikut ini.


Waktu yang diharuskan memakai aligner

Satu set aligner harus kamu pakai selama 7 hari dengan lama pemakaian per harinya 20 – 22 jam. Jika pemakaian per hari tidak sampai 20

jam, kamu dianjurkan untuk menambah lama pemakaian aligner sebanyak 7 hari lagi atau total 14 hari pemakaian untuk 1 nomor aligner.


Maka dari itu, semakin sering kamu menggunakan aligner, semakin cepat gigi kamu menjadi rata. Sebaliknya, semakin sering kamu melepas aligner, akan semakin lama juga proses perataan gigimu.


Waktu yang dianjurkan untuk melepas aligner

Meski aligner bisa dilepas-pasang, namun bukan berarti kamu dapat melepasnya terus-terusan. Selama aligner terpasang, kamu dilarang untuk mengkonsumsi minum-minuman panas dan berwarna karena dikhawatirkan dapat merubah bentuk aligner serta membuat warna aligner menjadi kusam. Selain itu, aligner hanya boleh dilepas di waktu tertentu saja, yaitu saat makan dan menyikat gigi. Kamu juga tidak diperkenankan meletakkan aligner sembarangan alias tidak di dalam case karena aligner yang diletakkan di sembarang tempat dapat memicu tumbuhnya bakteri. 


Setelah makan pun, kamu harus memastikan rongga mulut dan gigimu bersih. Sebab jika masih ada sisa makanan menempel di gigi kemudian aligner langsung dipasang, sisa makanan bisa ikut menempel di permukaan aligner dan meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri di dalamnya.


Ketika menyikat gigi pun aligner harus dilepas dan dibersihkan dengan cara disikat menggunakan sikat gigi yang lembut, lalu membilasnya di bawah air mengalir. Aligner yang sudah dibersihkan harus segera dipasang kembali.

Untuk mencapai hasil perawatan yang maksimal, penting untuk disiplin menggunakan aligner. Ikuti setiap anjuran dokter gigi. Jangan sampai, kelalaianmu membuat proses perataan gigi berakhir sia-sia.


Jika kamu masih bingung mengenai pemakaian aligner, kamu bisa langsung berkonsultasi secara online dengan dokter gigi Rata. Dokter gigi Rata akan memberikan rekomendasi metode pemakaian aligner yang sesuai dengan kebutuhan gigi kamu.

Untuk itu, yuk segera buat jadwal konsultasi online dengan dokter gigi Rata!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar