icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Ini yang Harus Dilakukan Saat Pakai Aligner Pertama Kali/
Petunjuk Pemakaian Aligner

Ini yang Harus Dilakukan Saat Pakai Aligner Pertama Kali

Ini yang Harus Dilakukan Saat Pakai Aligner Pertama Kali
dok. Rata Indonesia

Punya rencana meratakan gigi dengan aligner? Ya, metode meratakan gigi tanpa behel ini memang sedang banyak diminati, khususnya oleh kalangan muda yang sangat memperhatikan penampilan.


Salah satu keunggulannya adalah, aligner berwarna transparan sehingga tidak mengganggu penampilan. Aligner pun juga lebih nyaman digunakan karena minim rasa sakit dan dapat dilepas pasang saat makan, minum-minuman berwarna dan sikat gigi.


Penggunaan aligner disesuaikan dengan pergerakan gigi kamu. Sederhananya, kamu tidak akan menggunakan satu macam aligner saja, tapi terdapat set aligner yang harus digunakan secara rutin. Kira-kira apa saja ya isi dari set aligner tersebut? Yuk, cari tahu di bawah ini!



Isi dari set aligner

Bagi pasien yang menggunakan aligner akan mendapatkan set aligner yang dikirimkan dalam dua tahap. Tahap pertama, kamu akan mendapatkan aligner sebagian yang terbungkus rapi dengan plastik sehingga dijamin steril, termasuk case aligner yang bentuknya mirip seperti compact powder beserta chewies untuk memastikan aligner terpasang sempurna.


Di tahap kedua, kamu akan kembali mendapatkan aligner sampai nomor terakhir. Tiap nomor aligner memiliki bentuk yang berbeda, disesuaikan dengan pergerakan gigi dari hari ke hari. Set aligner yang kamu dapatkan harus digunakan selama 7-10 hari, dengan durasi pemakaian per harinya 20 – 22 jam.  


Jika aligner sedang tidak digunakan, sebaiknya simpan aligner di kotak atau case yang ikut dikirimkan bersama dengan set aligner. Aligner yang tidak disimpan pada kotaknya akan memicu tumbuhnya bakteri di permukaannya.


Apa yang harus dilakukan setelah menerima set aligner?

Dalam pemakaiannya pertama kali, aligner tidak boleh digunakan sembarangan mengingat aligner dapat dilepas pasang oleh penggunanya. Ketika kamu menerima set aligner, hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan penjadwalan untuk first set visit (FSV) atau kunjungan ke klinik gigi saat pemasangan aligner pertama.


Pada pertemuan pertama ini, kamu akan diberitahu mengenai cara pemakaian aligner, pergantian aligner, hingga cara membersihkannya. Selain itu, dokter gigi juga akan mengecek kondisi gigi kamu melalui video simulasi 3D.


Jika ternyata dokter mendapati kondisi gigi kamu membutuhkan penambahan ruang dalam lengkung rahang, treatment tambahan seperti slicing harus dilakukan. Teknik slicing bekerja dengan cara menambah ruangan dalam lengkung rahang.

Dengan begitu, aligner yang sudah dicetak bisa menyesuaikan kondisi gigi kamu saat ini.



Bagaimana jika terdapat keluhan selama masa perawatan?

Jadwal kontrol pemakaian aligner memang tidak sesering saat memakai kawat gigi. Dikarenakan penggunanya telah mendapatkan set aligner yang bisa dipasang sendiri, kamu hanya perlu melakukan kontrol bulanan setelah 6 – 8 minggu pemakaian.


Namun, jika di tengah-tengah perawatan terdapat keluhan, kamu bisa langsung mengatur jadwal konsultasi dengan dokter gigi. Atau kamu juga bisa melakukan konsultasi online sebagai langkah awal.


Itu dia informasi seputar isi set aligner serta hal apa yang harus dilakukan saat menerima box berisi aligner. Meratakan gigi dengan aligner memang bisa dijadikan pilihan. Namun, penting diingat bahwa menggunakan aligner harus dibarengi dengan niat dan tekad yang kuat agar mampu konsisten saat menggunakannya.


Bagi kamu yang ingin mencoba menggunakan aligner, kamu bisa mulai berkonsultasi dengan dokter gigi Rata. Konsultasi bisa dilakukan secara online tanpa perlu datang ke klinik. Menarik sekali, kan?


Tunggu apalagi, yuk segera jadwalkan konsultasi online dan cetak aligner gigi kamu dengan dipandu oleh dokter gigi Rata! 

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar