icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Sering Lupa! Ini Cara Konsisten Pakai Aligner Gigi 20-22 Jam Sehari/

Sering Lupa! Ini Cara Konsisten Pakai Aligner Gigi 20-22 Jam Sehari

cara konsisten pakai aligner 20-22 jam/hari
dok. Rata Indonesia

Clear aligners merupakan pilihan yang tepat ketika ingin meratakan gigi tanpa mengganggu penampilan dan hasil yang lebih cepat. Namun, diperlukan disiplin yang tinggi untuk mendapatkan hasil terbaik. 


Jika kamu ingin memastikan perawatan berjalan optimal, kamu disarankan menggunakan aligner gigi setidaknya 20-22 jam per hari. Artinya, clear aligners hanya boleh dilepas saat makan, minum, sikat gigi, dan flossing. 


Kenapa harus menggunakan aligner 20-22 jam per hari?

Secara umum menggunakan aligner selama 20-22 jam sehari sudah cukup untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Clear aligners yang terbuat dari plastik akan menggerakkan gigi secara perlahan hingga 3-6 bulan* sesuai kasus gigi pasien. Jika tidak memenuhi durasi pakai yang disarankan oleh dokter gigi, perawatan akan berjalan kurang maksimal dan waktu pemakaian aligner bertambah. 


Cara memakai aligner dengan konsisten 

Berikut tiga tips agar dapat disiplin menggunakan clear aligners 20-22 jam sehari. Dengan mengikuti tips berikut, langkah perawatan gigimu dapat berjalan lebih lancar. 


1. Hanya melepas saat makan dan sikat gigi

Kamu dapat memastikan hanya melepas clear aligners saat makan, sikat gigi, dan flossing. Beri batasan sekitar 15 menit di waktu sarapan, 30 menit saat makan siang, dan 60 menit saat makan malam. Dengan jadwal yang seperti ini, kamu akan lebih taat menggunakan aligner. 


Baca juga: Ini Cara Citra Meratakan Gigi Tanpa Behel dengan Cepat & Anti Ribet 


2. Pakai aplikasi atau alarm

Sering lupa untuk menggunakan clear aligners setelah dilepas? Lupa merupakan salah satu alasan mengapa kurangnya waktu menggunakan aligner gigi. Kamu dapat menggunakan aplikasi atau alarm untuk membantu mengingatkan kamu selalu memakai aligner gigi. Gunakan juga aplikasi pengingat waktu untuk mengingatkan kamu mengganti aligner saat harus ganti set aligner. 


3. Bersihkan aligner saat makan

Sambil menikmati santapan lezat, kamu bisa menaruh aligner di dalam gelas berisi air hangat untuk membersihkan aligner. Jadi, saat selesai makan kamu bisa menggunakannya kembali dalam keadaan bersih. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga aligner tetap lembab. 


Selain taat untuk menggunakan aligner selama 20-22 jam per hari, sangat penting untuk menjaga keutuhan aligner dengan tidak menggigitnya atau terjatuh, apalagi hilang. Kamu juga perlu menjaga kebersihan aligner secara teratur untuk mencegah penumpukan bakteri dan plak. Bersihkan dengan air hangat dengan aligner cleaner yang direkomendasikan oleh dokter gigi.


Baca juga: Pengalaman Sandra Meratakan Gigi dengan Aligner™ Rata, Alih-Alih Behel Konvensional 


Jangan lupa selalu menjaga kesehatan gigi, dengan sikat gigi dan flossing minimal dua kali sehari agar kebersihan gigi selalu terjaga dan perawatan meratakan gigi menjadi optimal.


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat

Berminat untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Lebih lengkap mengenai lokasi Klinik Rata di sekitarmu atau mau book jadwal konsultasi dengan dokter gigi Rata, silakan hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar