icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Viral TikTokers Pasang Behel Fashion Rp 60 Ribu, Ini Bahayanya!/

Viral TikTokers Pasang Behel Fashion Rp 60 Ribu, Ini Bahayanya!

Behel Fashion
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana M Si


Baru-baru ini, jejaring media sosial TikTok dihebohkan oleh seorang remaja perempuan yang mengaku memasang behel fashion dengan harga relatif murah. Remaja itu bahkan mengaku memasang behel di ahli gigi, yang ada di salah satu pasar Bekasi.


TikTok @opraentertainment


Sontak video itu langsung viral di jejaring media sosial TikTok. Bahkan hingga saat ini, video tersebut telah ditonton lebih dari 13,6 juta dan dikomentari lebih dari 15,3 ribu pengguna TikTok. Kebanyakan netizen yang berkomentar ikut terkejut dengan harga biaya pasang behel yang sangat jauh dari harga pada umumnya di klinik gigi. Bahkan, beberapa netizen juga mengkhawatirkan pemasangan behel fashion tersebut bisa berisiko merusak gigi Salsa.


Lantas, apa saja bahaya dari pemasangan behel fashion sembarangan? Simak informasi lengkapnya dalam ulasan berikut ini!


Baca juga: Jenis-Jenis Behel Gigi dan Tips Memilihnya


Apa itu behel fashion dan apakah behel fashion bisa merapikan gigi?

Sesuai namanya, behel fashion adalah kawat gigi berwarna-warni yang berguna untuk mempercantik tampilan gigi. Biasanya pemasangan kawat tersebut bukan untuk memperbaiki kondisi gigi yang tidak rapi, melainkan untuk mempercantik penampilan. Perbedaan behel fashion dan perawatan terletak pada prosedur konsultasi dan tindakan pemasangan behel itu sendiri.


Saat ini, jasa behel fashion banyak ditawarkan oleh tukang/ahli gigi yang bukan tenaga medis profesional dengan harga yang relatif murah. Pemasangan behel fashion biasanya dilakukan langsung pada saat pasien datang tanpa adanya pencetakan gigi, rontgen gigi, dan penjelasan mengenai rencana perawatan ke depannya. Karena itulah, secara fungsi behel fashion tidak dapat merapikan kondisi gigi yang tidak rapi alias berantakan.


Baca juga: Jangan Sembarangan! Ini 5 Risiko Memakai Behel Palsu


Bahaya penggunaan behel fashion pada kesehatan gigi dan mulut

Pemasangan behel fashion di tempat berlabel “tukang/ahli gigi” memang memiliki biaya yang lebih terjangkau. Sayangnya, pemasangan behel fashion di sembarang tempat biasanya tidak menggunakan prosedur perawatan yang tepat dan tanpa adanya ilmu/keterampilan yang kompeten. 


Oleh karena itu, pemasangan behel fashion yang asal-asalan bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan pada gigi dan mulut. Berikut ini beberapa risiko kesehatan yang bisa muncul jika pemasangan behel fashion dilakukan secara sembarangan.


1. Memicu sariawan dan rasa nyeri berlebihan

Umumnya, pemasangan behel memicu sariawan dan rasa nyeri selama beberapa setelah hari pemasangan. Namun, rasa nyeri tersebut akan menghilang setelah 1-2 hari pasca pemasangan.


Pada pemasangan behel fashion, rasa nyeri tersebut biasanya akan terasa lebih hebat karena bentuk behel fashion tidak sesuai dengan posisi dan bentuk gigi. Jika rasa nyeri terus berlangsung selama beberapa hari, pasien disarankan untuk minum obat pereda nyeri atau mendatangi klinik gigi terdekat. 


2. Mengubah warna gigi

Penggunaan behel fashion juga bisa memicu perubahan warna gigi. Kondisi tersebut terjadi terutama pada behel yang tidak bisa dilepas pasang. Penyebabnya adalah noda dari makanan dan minuman di sekitar behel yang sulit dibersihkan oleh sikat gigi. Alhasil, warna gigi menjadi kuning dan akan terlihat setelah behel fashion dilepas.


3. Membuat gigi berlubang


Pemakaian behel fashion yang terlalu lama serta diiringi dengan perawatan gigi yang kurang baik bisa memicu gigi berlubang. Pembersihan gigi yang kurang baik ini lama-kelamaan bisa membuat lubang gigi semakin bertambah luas. 


4. Resorpsi akar 

Resorpsi akar adalah salah satu kelainan akar yang bersifat agresif dan dapat menyebabkan fungsi gigi menjadi berkurang atau mengakibatkan kehilangan gigi karena akan menyebabkan gigi menjadi goyang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya penggunaan behel fashion yang tidak sesuai sehingga menyebabkan tekanan berlebihan pada gigi. Jika kondisi ini terus dibiarkan, bisa menyebabkan kematian pada gigi, lho!


5. Penyakit periodontal

Efek penggunaan behel fashion selanjutnya adalah memicu penyakit periodontal. Penyakit periodontal bisa diakibatkan oleh kebersihan gigi dan mulut yang kurang baik, serta kurangnya kedisiplinan untuk kontrol behel. 


Selain itu, penyakit periodontal juga bisa disebabkan oleh kesulitan membersihkan bagian sela-sela gigi atau yang dekat dengan behel. Akibatnya, sisa makanan masih tertinggal dan terjadilah akumulasi plak. 


6. Memicu reaksi alergi

Behel fashion biasanya menggunakan bahan-bahan yang tidak sesuai standar kedokteran gigi seperti nikel, lateks, resin, akrilik, dan kromium. Sayangnya, bahan-bahan tersebut memiliki potensi menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.


Beberapa gejala dari reaksi alergi pada nikel adalah hiperplasia gingiva, gingivitis, deskuamasi bibir, sindrom mulut terbakar, cheilitis angular, hingga periodontitis. Sedangkan behel fashion lepasan yang terbuat dari resin akrilik bisa menyebabkan hipersensitivitas tipe IV, di mana respons alergi yang muncul terjadi lebih lambat.


Baca juga: Cara Kerja Clear Aligners untuk Meratakan Gigi, Alternatif Selain Behel



Rata Family, itulah bahaya jika kamu menggunakan behel fashion sembarangan tanpa pengawasan dokter. Jika kamu ingin meratakan gigi namun tetap ingin memperhatikan penampilan, maka Clear Aligners Rata bisa menjadi salah satu opsi yang tepat.


Clear Aligners adalah alat ortodontik untuk meratakan gigi tanpa behel yang bisa dilepas pasang. Terbuat dari BPA-Free premium medical-grade plastic, Aligner Rata memiliki warna transparan sehingga tidak mengganggu penampilan. 


Penggunaan Aligner Rata juga aman, karena disupervisi langsung oleh dokter gigi profesional. Di awal perawatan, pasien diharuskan melakukan konsultasi mengenai kondisi gigi dan cetak gigi terlebih dahulu, sehingga aligner gigi yang didapat sudah disesuaikan dengan kondisi gigi kamu. Konsultasi untuk perawatan Aligner Rata dapat dilakukan secara online maupun offline di Klinik Rata, loh!


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Berikut lokasi klinik Rata di sekitarmu!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar