icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Clear Aligner Tidak Fit saat Dipakai? Ini Beberapa Penyebabnya!/
Petunjuk Pemakaian Aligner

Clear Aligner Tidak Fit saat Dipakai? Ini Beberapa Penyebabnya!

Clear Aligner Tidak Fit saat Dipakai? Ini Beberapa Penyebabnya!
dok. Rata Indonesia

Metode meratakan gigi menggunakan Clear Aligner memang tengah diminati, khususnya oleh kalangan muda yang sangat memperhatikan penampilan.


Salah satu keunggulan aligner adalah berwarna transparan, sehingga tidak mengganggu penampilan. Selain itu, clear aligner juga lebih nyaman digunakan karena minim rasa sakit, dan dapat dilepas pasang saat makan, minum minuman berwarna, dan sikat gigi.


Dalam penggunaannya, aligner terkadang tidak fit saat dipakai. Nah, apakah kamu tengah mengalami kendala tersebut? Jika iya, yuk cari tahu penyebabnya di bawah ini.


Alasan kenapa aligner tidak fit saat dipakai

Salah satu anjuran yang harus diperhatikan saat memakai aligner gigi adalah waktu pemakaiannya. Satu set aligner harus kamu pakai selama 7 hari dengan lama pemakaian per harinya 20-22 jam.

 

Nah, saat pergantian ke aligner nomor selanjutnya, ada kemungkinan aligner baru yang dipakai tidak fit. Hal ini wajar terjadi dan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Apa sajakah itu?

  • Waktu pemakaian aligner gigi sebelumnya kurang (tidak sampai 20-22 jam/hari selama 7 hari).
  • Tulang rahang kamu terlalu tebal, sehingga gigi sulit untuk digerakkan/membutuhkan waktu lebih lama.
  • Kamu belum melakukan tindakan penambahan ruangan (slicing/cabut gigi) sesuai dengan rencana perawatan.
  • Kamu belum melakukan pemasangan attachment atau kancing pada gigi kamu sesuai dengan rencana perawatan.



Hal-hal yang harus diperhatikan jika aligner gigi tidak fit saat dipakai

Apakah kamu mengalami hal-hal seperti yang disebutkan di atas? Jika iya, jangan khawatir karena karena ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika clear aligner tidak fit saat dipakai. Simak beberapa anjurannya di bawah ini, ya!


  1. Jika belum melakukan First Set Visit (FSV), kamu bisa menghubungi tim Rata untuk dijadwalkan FSV secara online maupun offline. Dengan begitu, dokter gigi Rata dapat menganalisa kendala yang kamu alami berdasarkan rencana perawatan/video simulasi 3D yang telah dibuat.
  2. Jika kamu sudah melakukan FSV dan masih mengalami kendala terkait pemakaian aligner atau aligner tidak fit, cek kembali apakah waktu pemakaian clear aligner kamu di nomor sebelumnya sudah optimal yaitu 20-22 jam/hari selama 7 hari. Jika kamu belum memenuhi kriteria ini, lanjutkan pemakaian aligner gigi nomor sebelumnya hingga mencapai total 14 hari pemakaian. Jika sudah sesuai kriteria, cobalah untuk melakukan chewies exercise
  3. Jika setelah melakukan chewies exercise kamu masih mengalami kendala yang sama, kamu bisa menghubungi tim Rata untuk meminta bantuan. Oh iya, sambil menunggu instruksi lebih lanjut kamu bisa tetap menggunakan aligner sebelumnya yang statusnya fit, ya!



Itulah alasan kenapa aligner gigi tidak fit saat dipakai dan beberapa hal yang harus diperhatikan jika aligner kamu tidak fit saat dipakai. Jika kamu masih kebingungan dengan langkah-langkah di atas, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter gigi Rata secara online


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online kamu dengan dokter gigi Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar