icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Mengenal Fungsi Chewies pada Clear Aligners™/

Mengenal Fungsi Chewies pada Clear Aligners™

Fungsi Chewies Clear Aligners
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Natasia Kohar


Saat menerima boks Clear Aligners Rata, kamu mungkin akan menerima beberapa set Aligners yang sesuai dengan kondisi gigimu. Selain set Aligners, kamu juga akan menerima case untuk menyimpan Aligners dan juga chewies yang tersimpan rapi dalam wadah khusus.


Namun, apa itu chewies dan apa fungsinya pada Clear Aligners? Mengapa benda ini harus selalu ada di dalam case Aligners? Untuk mengetahui fungsi dan cara menggunakan chewies pada Clear Aligners™, simak ulasan lengkapnya berikut ini!


Apa itu Chewies?

Chewies adalah alat bantu gigit yang terbuat dari bahan karet. Fungsinya adalah untuk membantu merapatkan Aligners saat dipakai di gigi. Selain itu, chewies juga berfungsi untuk menekan Aligners agar berada di posisi yang tepat.


Chewies merupakan salah satu benda yang harus selalu ada di dalam case Aligners. Biasanya, kamu akan mendapatkan chewies sebanyak 2 buah di dalam boks AlignersRata.


Baca juga: 10 Istilah tentang Aligner Rata yang Wajib Kamu Tahu!


Kapan Chewies Digunakan?

Kamu disarankan menggunakan chewies ketika:


  • Memakai Aligners saat pertama kali
  • Mengganti Aligners setelah makan atau setelah menyikat gigi
  • Mengganti set Aligners baru
  • Aligners terasa tidak pas atau fit


Cara Menggunakan Chewies yang Benar

Setelah mengetahui fungsi dan kapan chewies dipakai, lalu bagaimana menggunakan chewies dengan benar? Cara menggunakan chewies sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:


  • Pasang Aligners bagian atas dan bawah.
  • Letakkan chewies di antara rahang atas dan bawah.
  • Gigit chewies selama beberapa detik. Setelah itu, tahan tiap gigitan selama 3-5 detik.
  • Gigit-gigit chewies dengan menggunakan seluruh bagian gigi (depan, tengah, belakang) agar Aligners terpasang sempurna.


Baca juga: Clear Aligner Tidak Fit saat Dipakai? Ini Beberapa Penyebabnya!


Perlu diketahui, kegiatan menggigit-gigit chewies ini biasanya disebut dengan chewies exercise.

Namun, bagaimana jadinya jika Aligners tetap terasa tidak fit meski sudah melakukan chewies exercise


Jika setelah 3 hari kamu masih belum bisa memakai Aligners dengan rapat, hubungi CS Rata untuk meminta bantuan lebih lanjut. Sementara itu, kamu tetap bisa menggunakan set Aligners sebelumnya yang statusnya masih fit.


Itulah penjelasan mengenai fungsi chewies pada Clear Aligners. Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan Alignersuntuk meratakan gigi? Salah satu pilihan Clear Aligners™ yang terjamin adalah Rata. Clear Aligners Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Aligners Rata juga bisa menangani berbagai kasus gigi berantakan, mulai dari gigi renggang, gigi berjejal, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). 


Sebelum memulai perawatan Aligner Rata, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi Rata, ya! Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian Aligners dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak Aligners gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar