icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Benarkah Pakai Clear Aligners™ Terasa Sakit?/

Benarkah Pakai Clear Aligners™ Terasa Sakit?

pakai clear aligners sakit?
dok. Rata Indonesia

Clear aligners™ merupakan alternatif untuk meratakan gigi tanpa behel menggunakan plastik transparan. Meskipun terbilang lebih nyaman daripada behel, namun apakah masih ada kemungkinan merasakan nyeri saat menggunakan clear aligners™?

Sakit Saat Pakai Clear Aligners™

Beberapa hal yang perlu diketahui ketika ingin memakai clear aligners™, salah satunya adalah rasa sakit yang ditimbulkan masih dalam batas wajar, tidak sesakit dibandingkan dengan menggunakan behel atau kawat gigi. Lebih detailnya, simak informasi berikut ini!


Nyeri saat minggu pertama

Potensi rasa sakit bisa saja terjadi dalam minggu pertama penggunaan clear aligners™. Namun, rasa sakit atau skala sakit yang muncul akan berbeda, tergantung pada pain tolerance dari masing-masing individu. 

 

Akan tetapi, jika kamu merasakan nyeri yang sama lebih dari seminggu sejak pertama kali menggunakan clear aligners™, ada baiknya untuk segera konsultasi ke dokter gigi.

 

Baca juga: Lepas Behel, Pakai Aligner™ Rata Lebih “Worth It!”


Sakitnya hanya sementara 

Nyeri yang dirasakan biasanya bersifat sementara, yakni saat pergantian set clear aligners™. Terutama saat minggu pertama penggunaan clear aligners™, hal ini dikarenakan terdapat penyesuaian di gigi dan mulut kamu. 

 

Hal ini mungkin saja membuat kamu tidak nyaman saat mengunyah makanan atau sakit di salah satu gigi, karena clear aligners ™ sedang menjalankan tugasnya menggerakkan gigi ke posisi ideal secara bertahap. 


Berapa lama nyeri berlangsung? 

Rasa nyeri saat awal penggunaan atau pergantian clear aligners™, biasanya akan terjadi dalam beberapa hari. Rasa sakit akan hilang secara perlahan saat 2-3 hari setelah pergantian set clear aligners™. Akan tetapi, ketika kamu sudah terbiasa menggunakan clear aligners™, gejala ini mungkin saja bisa berkurang.

 

Baca juga: 9 Tahun Pakai Behel, Claresta #beraniMoveOn ke Aligner™ Rata

 

Mengobati Rasa Nyeri Saat Pakai Clear Aligners™

Untuk mengurangi rasa nyeri, kamu dapat melakukan beberapa hal, seperti tidak memberi tekanan lebih pada gigi yang sakit saat makan dan hindari melepas clear aligners™ terlalu lama. Kami menyarankan untuk selalu mengikuti anjuran pakai yakni 20-22 jam per hari. 

 

Jika rasa sakit saat menggunakan clear aligners™ berlangsung lebih dari seminggu dan menimbulkan masalah lain seperti gusi berdarah atau gigi menjadi sensitif, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter gigi kami di Klinik Rata. Kamu juga bisa mencari informasi lebih lanjut terkait penggunaan clear aligners™ di sosial media Rata.id.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar