icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Sakit Gigi Sampai Kepala dan Telinga, Kok Bisa Sih? /

Sakit Gigi Sampai Kepala dan Telinga, Kok Bisa Sih?

sakit gigi sampai kepala dan telinga
freepik

Sakit gigi memang memiliki rasa yang sangat tidak nyaman, bahkan sesekali mengganggu aktivitas karena efeknya bisa sampai ke kepala dan telinga. Lalu, kenapa sakit gigi sampai ke telinga dan kepala? Apa saja penyebabnya dan cara mencegahnya? 


Sakit gigi merupakan salah satu gangguan pada rongga mulut yang terjadi karena beberapa penyebab. Hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri atau ngilu yang berasal dari bagian sekitar gigi. Kejadian ini tidak hanya mempengaruhi gigi dan mulut, namun dapat menyebar hingga ke kepala dan telinga. 


Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah karena telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) saling terhubung. Oleh karena itu, rasa sakit gigi bisa sampai ke kepala dan telinga. Ditambah lagi, gigi dan otak terhubung lewat jaringan saraf yang dapat menyebabkan sakit gigi dan kepala secara bersamaan. 


Penyebab sakit gigi sampai ke kepala dan telinga

Nah, kamu harus mengetahui beberapa penyebab sakit gigi sampai kepala dan telinga untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat. 


1. Bruxism 

Kebiasaan menggertakkan gigi (bruxism) bisa menjadi salah satu penyebab sakit gigi sampai kepala dan telinga. Bruxism biasa terjadi pada malam hari dan menyebabkan masalah lain, seperti sakit kepala dan telinga, lapisan enamel gigi yang rusak, hingga gigi sensitif. 


2. Gigi berlubang 

Infeksi bakteri yang menumpuk hingga gigi berlubang terkadang membuat kita merasakan sakit gigi hingga ke bagian kepala dan telinga. Kondisi ini bisa terjadi karena gigi, kepala, dan telinga tersambung oleh saraf trigeminal. Saraf trigeminal merupakan jenis saraf yang menghubungkan kepala dengan sebagian besar mulut, termasuk bibir atas dan bawah, rahang, lidah, hingga gigi. Hal ini yang menyebabkan rasa sakit gigi diikuti dengan sakit kepala dan migrain pada saat yang bersamaan. 


3. Masalah pada gusi (periodontitis) 

Penyakit gusi atau periodontitis merupakan infeksi gusi yang harus diwaspadai. Kondisi ini biasanya ditandai dengan gusi berdarah, gigi goyang, atau keluarnya nanah pada gusi. Infeksi pada gusi juga dapat mengganggu fungsi organ lain, seperti di daerah telinga, kepala, dan leher. 


4. Impaksi gigi bungsu 

Pertumbuhan gigi bungsu yang kurang sempurna dapat memicu impaksi gigi bungsu. Impaksi bisa menimbulkan rasa nyeri pada gigi di sebelahnya. Posisi gigi yang berada di belakang juga dapat menyebabkan rasa sakit hingga ke bagian kepala atau depan telinga. 


Lalu bagaimana cara mengobati sakit gigi sampai kepala dan telinga? 

Kamu dapat mencoba obat pereda nyeri untuk menghilangkan rasa sakit sementara waktu. Namun jika sakit gigi sampai kepala dan telinga sudah tidak tertahankan atau berlangsung dalam jangka waktu yang lama, silakan konsultasi dengan dokter gigi. 


Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi pada gigi kamu, atasi masalah gigi dan mulut dengan selalu menjaga kebersihan dan rutin konsultasi dokter gigi setiap enam bulan sekali. Kamu bisa konsultasi GRATIS di Klinik Rata dengan mencari informasi di Instagram @rata.id atau kunjungi situs www.rata.id.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar