icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Moms, Ini 4 Tips Agar Anak Disiplin Pakai Clear Aligners/

Moms, Ini 4 Tips Agar Anak Disiplin Pakai Clear Aligners

Berencana untuk gunakan clear aligners pada anak? Catat tips berikut agar anak disiplin memakai aligner!
dok. Rata Indonesia


Clear aligners kini telah menjadi pilihan populer untuk meratakan gigi, bahkan pada anak-anak. Selain transparan, meratakan gigi tanpa behel dengan clear aligners juga memberikan keleluasaan lebih pada si kecil. Aligner gigi mudah untuk dilepas pasang saat akan atau setelah makan dan minum yang berwarna.


Dengan semua kelebihan aligner gigi tersebut, pemakaian aligner gigi pada anak tetap perlu diperhatikan. Menjaga kedisiplinan anak agar konsisten menggunakan clear aligners bisa menjadi tantangan tersendiri. 


Berikut adalah empat tips yang dapat membantu disiplin anak untuk menggunakan clear aligners setiap hari. 


1. Buat Rutinitas Menggunakan Clear Aligners

Masukkan penggunaan clear aligners ke dalam rutinitas harian anak. Tetapkan waktu-waktu tertentu untuk memakai aligner gigi, seperti setelah makan dan sebelum tidur.


2. Gunakan Alarm sebagai Pengingat

Bantu si kecil mengingat untuk mengenakan clear aligner dengan menggunakan alarm. Parents juga bisa menempatkan pengingat berupa gambar atau tulisan di area-area yang mudah terlihat di rumah.




Baca juga: 5 Perawatan Gigi Anak di Rumah Cegah Karies Gigi


3. Berikan Afirmasi Positif pada Anak

Pujilah anak ketika mereka konsisten mengenakan clear aligners. Parents juga bisa pertimbangkan untuk memberikan reward atau hadiahpada mereka jika berhasil disiplin.


4. Beri Contoh pada Anak

Jika Anda juga menggunakan clear aligners atau memiliki anggota keluarga lain yang melakukannya, gunakan kesempatan ini untuk mencontohkan sikap yang baik. 


Tunjukkan kepada anak bahwa Anda berkomitmen pada perawatan gigi dengan baik dan dapat menginspirasi mereka untuk melakukan hal yang sama.


Baca juga: Susunan Gigi Anak Berantakan? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Berikut!


Dengan mengikuti tips-tips ini dan menjaga komunikasi terbuka dengan anak, Anda dapat membantu memastikan bahwa mereka tetap disiplin dalam menggunakan clear aligner dan mencapai hasil optimal. 



Bagaimana, tertarik untuk menggunakan clear aligner pada anak? Anda bisa berkonsultasi di klinik untuk mendapatkan penanganan terbaik. Silakan kunjungi www.rata.id atau Instagram @rata.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat


Cari tahu daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut Anda. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810

Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!



komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar