icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Karang Gigi: Definisi, Penyebab, Gejala dan Cara Membersihkannya/

Karang Gigi: Definisi, Penyebab, Gejala dan Cara Membersihkannya

Karang Gigi: Definisi, Penyebab, Gejala dan Cara Membersihkannya
Envato

Ditinjau secara medis oleh: drg. Natasia Kohar


Hampir setiap orang pasti pernah memiliki karang gigi. Karang gigi adalah salah satu masalah gigi yang paling umum dan pasti terjadi. 


Karang gigi memang tidak berbahaya. Akan tetapi, karang gigi yang tidak ditangani dengan tepat berisiko menimbulkan masalah pada gigi dan gusi, seperti gingivitis atau radang gusi. Untuk mencegah kondisi ini, Rata Family perlu memahami lebih lengkap mengenai apa itu karang gigi agar bisa mengobatinya dengan tepat. Simak selengkapnya mengenai definisi, penyebab, gejala, hingga cara mengobati karang gigi dalam informasi berikut ini!


Apa Itu Karang Gigi?



Menurut situs Healthline, karang gigi adalah plak yang mengendap dan mengeras di permukaan gigi. Dalam istilah medis, karang gigi kerap disebut dental calculus. Karang gigi umumnya sulit dihilangkan meski telah dibersihkan atau disikat berulang kali. Oleh sebab itu, penanganan karang gigi hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi di klinik. 


Penyebab Karang Gigi

Apa penyebab karang gigi? Penyebab utama kemunculan karang gigi adalah plak. Plak merupakan lapisan lengket yang menempel di permukaan gigi. Plak bisa terbentuk dari sisa-sisa makanan, kotoran, dan bakteri yang dibiarkan terus menumpuk dan mengendap di permukaan gigi. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, maka plak bisa mengeras. Plak yang mengeras inilah sering disebut dengan karang gigi.


Baca juga: Perbedaan Plak dan Karang Gigi yang Wajib Diketahui


Gejala Karang Gigi

Karang gigi yang muncul di garis gusi umumnya tidak menimbulkan gejala yang mengganggu. Namun, karang gigi bisa menimbulkan sejumlah keluhan seperti:

  • Terbentuknya lapisan kotoran yang mengeras berwarna kuning atau kecokelatan di bawah dan di atas garis gusi
  • Rasa kasar di permukaan gigi
  • Bau mulut
  • Pembengkakan dan kemerahan di gusi karena peradangan pada gusi


Jika dibiarkan terus-menerus, karang gigi bisa mempengaruhi kesehatan gusi. Menurut situs WebMD, karang gigi yang terbentuk di atas garis gusi bisa mengiritasi dan merusak gusi, akibatnya menyebabkan penyakit gingivitis atau radang gusi. Jika keadaannya semakin buruk, karang gigi bisa menyebabkan penyakit gusi (periodontitis).


Tanda Kamu Perlu Perawatan Scaling Gigi



Karang gigi tidak bisa dihilangkan dengan menggosok gigi. Untuk mengatasi kondisi tersebut, dokter gigi biasanya menganjurkan pasien untuk melakukan perawatan scaling gigi


Scaling gigi adalah tindakan medis untuk membersihkan karang gigi. Perawatan ini mampu menghilangkan karang gigi yang sangat keras sekali pun. Biasanya, scaling menggunakan  alat khusus seperti ultrasonic scaler yang mampu membersihkan karang gigi dengan sangat detail, dari sela-sela hingga bagian terdalam gigi.


Selain munculnya karang gigi, situs Maiden Lane Dental menyebutkan bahwa ada beberapa gejala yang menandakan bahwa kamu membutuhkan perawatan scaling gigi. Kapan sebaiknya melakukan perawatan scaling gig? Berikut ini beberapa gejalanya:

  • Gusi mudah berdarah saat menyikat gigi atau menggunakan benang gigi
  • Gusi bengkak dan terlihat berwarna kemerahan
  • Gusi turun  ke bawah dari permukaan gigi (resesi gingiva)
  • Gigi goyang


Baca juga: Alat Pembersih Karang Gigi Dijual di E-Commerce, Amankah Dipakai Sendiri?


Itulah penjelasan mengenai karang gigi. Jika kamu memiliki keluhan berkaitan dengan karang gigi dan membutuhkan perawatan scaling, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin ya! Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan untuk mengatasi gigi kuning, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar