icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Apakah Cabut Gigi Bungsu yang Tumbuh Abnormal Harus Dicabut? /

Apakah Cabut Gigi Bungsu yang Tumbuh Abnormal Harus Dicabut?

apakah gigi bungsu harus dicabut
dok. Rata Indonesia

Apakah gigi bungsu berbahaya? Pada dasarnya, tidak semua gigi bungsu yang tumbuh bersifat berbahaya. Namun, gigi bungsu yang tumbuh tidak sempurna dapat mengganggu kesehatan gigi. Biasanya, kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri atau memerlukan tindakan operasi jika gigi bungsu tidak keluar dari gusi.


Gigi bungsu umumnya tumbuh saat kita berusia 17-25 tahun. Lalu, mengapa gigi bungsu dapat menimbulkan masalah? Pada beberapa kasus, gigi bungsu tidak memiliki ruang untuk tumbuh sempurna. Hal ini dikarenakan rahang sudah terpenuhi oleh gigi lainnya yang berjumlah 28.  


Lalu, mengapa gigi bungsu harus dicabut?

Apakah perlu mencabut gigi bungsu? Sebagai langkah awal, kamu dapat memeriksakan kondisi gigi dan melakukan rontgen untuk melihat kondisi gigi lebih detail. Jika tidak segera dilakukan tindakan, gigi bungsu dapat menyebabkan masalah gigi lainnya seperti abses gigi, pembusukan, hingga tumor pada gusi. 


Selain itu, terdapat beberapa orang yang mengalami impaksi saat gigi bungsu tidak mendapatkan ruang cukup untuk tumbuh. Kondisi ini membuat gigi tidak bisa tumbuh dengan normal dan memiliki posisi miring ke depan, belakang, melintang, atau bahkan terjebak di dalam gusi.


Baca juga: Gigi Bungsu Tumbuh Miring, Berbahaya atau Tidak?


Untuk mengatasi kondisi ini, kamu dapat konsultasi ke dokter gigi atau klinik gigi terdekat agar segera dilakukan operasi gigi bungsu. Tujuannya untuk mencabut gigi bungsu yang terjebak di dalam gusi atau kondisi abnormal lainnya. 


Kapan sebaiknya gigi bungsu dicabut? 

Seperti yang dikutip dari National Health Service, gigi bungsu harus segera dicabut apabila terjadi infeksi, memicu rasa sakit, nyeri gusi, atau jika gigi bungsu merusak gigi atau tulang di sekitarnya. Namun, yang perlu diingat adalah tidak semua gigi bungsu tumbuh abnormal. Gigi bungsu bisa saja tumbuh dengan normal tanpa memerlukan tindakan operasi. 


Baca juga: Benarkah Cabut Gigi Dapat Menyebabkan Kebutaan?


Perawatan setelah  pencabutan gigi bungsu

Perdarahan mungkin saja terjadi setelah pencabutan gigi bungsu. Karenanya, hindari terlebih dahulu untuk meludah berlebihan. Jangan lupa untuk mengganti kasa seperti yang sudah diarahkan oleh dokter gigi.


  • Gunakan es batu untuk mengurangi nyeri di sekitar gigi, apabila rasa sakit masih terasa
  • Perbanyak mengkonsumsi air putih
  • Hindari menggunakan sedotan, karena bisa menyebabkan gumpalan darah kembali keluar
  • Bersihkan mulut dengan berkumur
  • Hindari menggosok gigi pada 24 jam pertama setelah melakukan pencabutan gigi bungsu
  • Pilih makanan yang bertekstur lembut, seperti bubur selama 24 jam awal
  • Hindari makanan yang keras untuk dikunyah, panas, dan pedas, karena dapat menyebabkan iritasi


Masih ragu untuk mengkonsultasikan gigi bungsu yang tumbuh abnormal? Silakan kunjungi klinik kami untuk melakukan deteksi awal kasus gigimu agar segera ditangani sebelum terjadi masalah gigi lanjutan.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!



komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar