icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Sering Makan Es Batu? Ini Risiko Bahaya pada Kesehatan Gigi!/

Sering Makan Es Batu? Ini Risiko Bahaya pada Kesehatan Gigi!

bahaya makan es batu untuk kesehatan gigi
Envato

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana M Si


Rata Family, apakah kamu sering mengunyah atau makan es batu? Jika iya, sebaiknya hindari kebiasaan ini karena ada beberapa bahaya makan es batu pada kesehatan gigi!


Saat cuaca sedang panas terik, mengonsumsi makanan atau minuman dingin yang ditambahkan es batu menjadi hal yang menyegarkan dan dapat melepas dahaga. Makan es batu sendiri bukanlah hal yang baru, baik anak-anak maupun orang dewasa suka melakukannya. 


Namun, jika kebiasaan ini sering dilakukan bisa menimbulkan sejumlah masalah pada kesehatan, khususnya masalah gigi. Yuk, ketahui bahaya makan es batu pada kesehatan gigi dalam artikel ini!


Baca juga: Bruxism: Pengertian, Penyebab, dan Gejala


Kenapa orang-orang sering makan es batu?

Dalam dunia medis, hobi mengunyah es batu dikenal dengan istilah pagophagia. Pagophagia adalah suatu bentuk pica atau keinginan mengonsumsi sesuatu yang tidak lazim dan bernutrisi. Benda yang dikonsumsi bisa berupa kertas, kapur, tahan liat, kotoran, hingga beras mentah. Pica biasanya disebabkan oleh kurangnya substansi mineral, faktor genetik, hingga faktor kultural. 


Kebiasaan makan es batu terkadang bukan hanya sekadar iseng, tapi juga bisa menjadi pertanda suatu gangguan. Kekurangan zat besi atau anemia defisiensi besi disebut sebagai salah satu penyebab seseorang ingin mengunyah es batu dalam jumlah berlebihan. Kebiasaan ini dianggap bisa menjadi booster bagi penderita anemia yang cenderung merasa selalu kelelahan. 


Bahaya makan es batu pada kesehatan gigi

Dentist Rata, drg. Jessica Endriyana M Si., mengatakan bahwa kebiasaan makan es batu bisa menyebabkan sejumlah masalah pada kesehatan gigi, seperti gigi menjadi retak, gigi patah, hingga gigi sensitif.


Selengkapnya simak bahaya makan es batu pada kesehatan gigi berikut ini:


1. Merusak email gigi

Akibat sering makan es batu dalam jumlah berlebihan adalah terkikisnya lapisan email gigi sedikit demi sedikit. Akibatnya, lapisan dentin pada gigi terbuka sehingga lebih sensitif terhadap minuman dan makanan dingin atau panas.


2. Gigi jadi sensitif

Bahaya makan es batu selanjutnya adalah gigi menjadi lebih sensitif. Ini terjadi karena kebiasaan mengunyah es batu menyebabkan gigi retak hingga lapisan dentin. Kondisi ini bisa pada akhirnya membuat gigi jadi lebih sensitif atau ngilu jika berkontak dengan makanan dan minuman dingin atau panas. 


3. Gigi retak

Gigi merupakan organ tubuh yang paling kuat, bahkan lebih kuat dari tulang. Namun, gigi tidak didesain untuk menahan tekanan berupa hantaman atau hentakan dengan es batu. Es batu sendiri memiliki sifat brittle (rapuh). Jika beradu dengan gigi, maka bisa menyebabkan gigi menjadi retak. 


4. Karies gigi

Karies gigi atau gigi berlubang merupakan dampak lain dari keseringan makan es batu. Kondisi ini terjadi jika sudah terbentuk garis retak pada gigi, maka celah ini bisa menjadi jalan masuknya kuman untuk menyebabkan karies gigi. 


5. Gigi patah

Perlu diketahui bahwa anatomi permukaan gigi tidaklah rata. Es batu yang berada di antara gigi pada posisi yang kurang tepat saat dikunyah, berisiko menyebabkan patahnya lapisan email pada gigi. 


Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata


Itulah akibat sering makan es batu pada kesehatan gigi. Jika kamu mengalami beberapa masalah gigi di atas karena keseringan makan es batu, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk dilakukan perawatan.


Kamu bisa mengunjungi Klinik Rata untuk perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar