icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Hati-hati! Ini Bahaya Memakai Behel Lepas Pasang /

Hati-hati! Ini Bahaya Memakai Behel Lepas Pasang

behel lepas pasang, bahaya memakai behel lepas pasang
dok. Rata Indonesia

Behel menjadi salah satu alat perata gigi yang banyak dipakai untuk meratakan gigi. Belakangan, banyak ditemukan penggunaan behel lepas pasang yang dipakai untuk alasan tren atau estetika semata. 


Tapi sebenarnya, perawatan gigi dengan behel (termasuk juga behel lepas pasang) tidak boleh dilakukan sembarangan karena memiliki efek berbahaya untuk gigi dan mulut. Berbagai risiko ini mungkin saja terjadi jika kamu memilih behel lepas pasang untuk meratakan gigi. Apa saja?


Bahaya memakai behel lepas pasang

1. Membuat gigi semakin berantakan 

Pemasangan kawat gigi bukan hal yang sederhana, terdapat beberapa perhitungan termasuk jarak antara kawat dan gusi, diameter kawat gigi, dan jenis karet yang digunakan. Kesalahan memasang kawat gigi dapat membuat gigi bergerak arah yang salah. Tidak hanya itu, jarak pemasangan kawat gigi juga harus diperhatikan antara satu gigi dan lainnya, pemasangan bracket gigi lebih maju atau mundur, akan berbeda dengan pemakaian gigi yang miring. Jadi, apakah kamu dapat menggunakan behel lepas pasang dengan baik? 


2. Memicu berbagai penyakit 

Behel lepas pasang terbuat dari kawat gigi yang mungkin memiliki ujung tajam dan bisa menusuk pipi bagian dalam atau gusi. Besar kemungkinan kamu akan mengalami sariawan dan jika kondisi semakin parah akan menjadi luka di dalam rongga mulut. Kalau pada umumnya pemakaian behel memiliki perawatan khusus saat membersihkan kawat gigi dan sikat gigi khusus, serta kontrol rutin setiap bulan. Apa yang terjadi jika kamu menggunakan behel lepas pasang yang tidak disupervisi langsung oleh dokter gigi? 


3. Perawatan kurang maksimal 

Kawat gigi adalah alat yang hanya bisa digunakan jika kamu memiliki indikasi medis atau diagnosa dari dokter gigi. Jika kamu menggunakan behel lepas pasang hanya mengikuti trend atau fashion, tentu perawatan akan berjalan kurang maksimal dan justru meningkatkan risiko terkena penyakit gigi.


4. Nyeri di jaringan lunak sekitar gigi 

Bahaya memakai behel lepas pasang yang bisa terjadi adalah timbulnya nyeri pada jaringan lunak di sekitar gigi. Kalau kamu menggunakan behel lepas pasang tidak sesuai anjuran dokter gigi justru mengakibatkan pergeseran gigi dan berpengaruh ke jaringan lunak sekitar gigi. Beberapa masalah pada gigi juga dapat dialami seperti sariawan dan penyakit lain yang dapat memicu rasa nyeri. 


5. Kebersihan gigi berkurang 

Pemakaian behel lepas pasang tentu harus melekatkan kawat pada gigi, hal ini akan membuat sisa makanan mudah menempel di jaringan lunak gigi. Kondisi gigi akan semakin parah jika penggunaan behel lepas pasang tidak benar. Sisa makanan akan menempel di celah-celah kawat gigi jika tidak dibersihkan dengan sempurna dan menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit periodontal yang disebabkan kurangnya menjaga kebersihan gigi imbas pemakaian behel lepas pasang. 


Oleh karena itu, kami menyarankan untuk menggunakan aligner Rata, solusi meratakan gigi tanpa behel yang sudah memiliki izin edar dari Kemenkes RI dan dijamin keamanannya. Selain aman untuk digunakan, kebersihan gigi kamu juga lebih terjaga, karena dapat dilepas pasang saat makan, minum, atau sikat gigi. Pengalaman meratakan gigi juga jauh lebih menyenangkan karena lebih cepat, hanya 3-6 bulan*, tanpa rasa sakit berlebih. 

Buat kamu yang penasaran bagaimana pengalaman meratakan gigi aman dan menyenangkan? Silakan reservasi konsultasi GRATIS atau kunjungi Instagram @rata.id atau www.rata.id untuk informasi lebih lanjut. 



komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar