icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Estimasi Biaya Cabut Gigi Bungsu di Klinik dan Rumah Sakit/

Estimasi Biaya Cabut Gigi Bungsu di Klinik dan Rumah Sakit

Biaya Cabut Gigi Bungsu
dok. Envato

Operasi pencabutan gigi bungsu perlu dilakukan jika mengalami impaksi. Impaksi adalah kondisi ketika gigi bungsu tidak tumbuh dan keluar dengan sempurna, akibatnya gigi tersebut hanya keluar sebagian atau bahkan tidak keluar sama sekali. 


Impaksi gigi bungsu yang dibiarkan dan tidak ditangani bisa menimbulkan rasa nyeri, bengkak, infeksi, dan merusak gigi yang ada di sekitarnya. Oleh sebab itu, gigi bungsu yang mengalami impaksi harus segera ditangani agar tidak menyebabkan masalah lebih lanjut.


Jika kamu mengalami gejala impaksi gigi bungsu, segera lakukan pemeriksaan gigi secepatnya ke klinik atau rumah sakit. Namun, biaya untuk operasi pencabutan gigi bungsu biasanya tidaklah murah. Sebagai gambaran, simak estimasi biaya cabut gigi bungsu di rumah sakit dan klinik berikut ini!


Apa itu gigi bungsu?

Gigi bungsu adalah gigi yang letaknya paling belakang dari deretan gigi geraham. Sesuai namanya, gigi ini paling terakhir tumbuh dan baru muncul pada rentang usia 17 hingga 25 tahun. 


Karena tumbuh paling akhir, gigi bungsu terkadang tidak mendapat ruang yang cukup. Bahkan, pada beberapa kasus, gigi ini tidak bisa keluar dari gusi. Kondisi ini bisa menyebabkan impaksi atau kondisi di mana gigi bungsu tidak tumbuh atau keluar dengan sempurna. 


Biasanya gigi bungsu yang tumbuh atau keluar tidak akan menimbulkan gejala apa pun. Gigi bungsu baru akan menimbulkan gejala ketika mengalami impaksi, seperti:


  • Sakit gigi dan gusi
  • Gusi bengkak
  • Rahang bengkak dan nyeri, atau bengkak di bawah telinga
  • Bau mulut
  • Sulit membuka mulut
  • Rasa tidak nyaman atau sakit saat makan


Baca juga: Fakta Seputar Gigi Bungsu: Gejala, Penyebab & Pengobatannya


Berapa biaya cabut gigi bungsu?

Biaya pencabutan gigi bungsu sangatlah berbeda dengan cabut gigi biasa, karena prosedur yang dilakukan juga berbeda. Posisi gigi bungsu yang tumbuh miring atau melintang di dalam gusi membuat prosedur pencabutan menjadi lebih sulit.


Dalam dunia kedokteran gigi, prosedur pencabutan gigi bungsu dikenal dengan istilah odontektomi. Pada kasus-kasus yang ringan, pencabutan gigi bungsu bisa dilakukan oleh dokter gigi umum. Namun, jika kasusnya berat atau posisi gigi bungsu cukup sulit dikeluarkan, maka tindakannya harus dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut.


Lantas, berapa biaya cabut gigi bungsu di klinik atau rumah sakit? Harga cabut gigi bungsu di klinik atau rumah sakit bisa berbeda-beda, tergantung tingkat kesulitan kasus, area tempat praktik dokter gigi, serta faktor-faktor lain yang menyertainya.


Baca juga: Apakah Cabut Gigi Bungsu yang Tumbuh Abnormal Harus Dicabut?


Saat ini, biaya cabut gigi di klinik gigi swasta atau rumah sakit berkisar Rp2.000.000,-. hingga Rp5.000.000,- per gigi. Sementara itu, harga cabut gigi bungsu di fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) berkisar Rp500.000,-. hingga Rp1.000.000,-. per gigi. 


Perlu diketahui, biaya tersebut juga belum termasuk biaya rontgen gigi panoramik yang perlu dilakukan sebelum tindakan pencabutan gigi bungsu. Biasanya, harga rontgen panoramik berkisar Rp150.000,-. hingga Rp300.000,-. per satu kali foto.


Apakah biaya cabut gigi bungsu ditanggung BPJS?

Prosedur pencabutan gigi bungsu atau odontektomi termasuk ke dalam prosedur perawatan gigi dan mulut yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun, layaknya fasilitas BPJS lainnya, kamu harus mengikuti prosedurnya.


Pertama, kamu harus terdaftar sebagai peserta BPJS. Setelah itu, kamu harus melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan tingkat 1 (Faskes 1), yakni puskesmas atau klinik yang sudah bekerja sama dengan layanan BPJS.


Di sana kamu akan diperiksa dan diminta untuk melakukan rontgen. Setelah memeriksa kondisi gigi bungsu, dokter gigi akan memberikan hasil diagnosis dan memberitahu keperluan operasi gigi bungsu. Jika dokter memberikan rekomendasi operasi, kamu akan mendapatkan surat rujukan kepada rumah sakit untuk mendapatkan penanganan terkait tindakan operasi gigi bungsu tersebut. Jangan khawatir, operasi pencabutan gigi bungsu ditanggung BPJS alias gratis.


Biaya cabut gigi bungsu di Klinik Rata

Rata juga menawarkan prosedur pencabutan gigi bungsu. Prosedur tersebut dilakukan oleh dokter gigi profesional di Klinik Rata.


Estimasi biaya cabut gigi bungsu di Klinik Rata mulai dari Rp 2 jutaan per gigi, tergantung pada kasus gigi pasien. Biaya tersebut merupakan kisaran biaya cabut gigi bungsu, sehingga bukan harga pasti. Sebab, ada banyak sekali faktor yang bisa memengaruhi biaya cabut gigi bungsu, seperti kondisi pasien, jenis tindakan, dan sebagainya.


Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Mencari tempat cabut gigi bungsu terdekat atau ingin berkonsultasi mengenai perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi, seperti pembersihan karang gigi, memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar