icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Estimasi Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi (PSA) di Klinik dan Rumah Sakit/

Estimasi Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi (PSA) di Klinik dan Rumah Sakit

Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi
dok. Rata Indonesia

Rata Family, tahukah kamu kalau saat ini ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang? Ya, salah satunya dengan perawatan saluran akar gigi. Prosedur ini biasanya diambil saat pulpa gigi yang tidak bisa diselamatkan lagi.


Lantas, apa itu perawatan saluran akar gigi dan berapa biaya perawatan saluran akar gigi? Berikut informasi lengkap mengenai estimasi harga PSA gigi yang perlu kamu siapkan!


Baca juga: Gigi Berlubang Harus Ditambal atau Dicabut?


Apa itu perawatan saluran akar gigi?

Perawatan saluran akar gigi (PSA) atau root canal treatment adalah perawatan pengambilan jaringan pulpa gigi, baik yang masih vital maupun yang sudah nekrotik (mati) dari saluran akar. Proses ini juga akan mengganti jaringan tersebut dengan bahan pengisi untuk mencegah terjadinya infeksi berulang. Pulpa sendiri adalah rongga yang terletak pada bagian tengah gigi, rongga tersebut berisi saraf dan pembuluh darah.


Fungsi dari dilakukannya prosedur PSA adalah untuk mencegah perluasan infeksi dari pulpa ke jaringan periapikal (ujung akar dan sekitarnya) dengan membersihkan dan mendesinfeksi area saluran akar, sehingga mematikan bakteri penyebab infeksi. 


Selain itu, perawatan saluran akar gigi juga merupakan salah satu cara mematikan saraf gigi berlubang. Dengan begitu, rasa nyeri yang tak kunjung hilang akibat gigi berlubang dapat diatasi.


Perawatan saluran akar gigi dilakukan pada kondisi berikut:


  • Gigi berlubang dengan kelainan jaringan pulpa berupa pulpitis irreversible (sakit gigi spontan tanpa pemicu) dengan atau tanpa kelainan jaringan periapikal (bengkak/benjolan pada gusi). 
  • Nekrosis pulpa (gigi mati) dengan atau tanpa kelainan periradikuler (bengkak/benjolan pada gusi).
  • Gigi tanpa kelainan pulpa atau jaringan periapikal, namun memerlukan perawatan pasak dalam pembuatan mahkota jaket.
  • Gigi yang digunakan untuk penyangga gigi tiruan di mana pada beberapa kasus dapat melibatkan kamar pulpa.
  • Gigi retak atau patah yang melibatkan pulpa ditandai dengan nyeri hebat dan perdarahan.
  • Gigi pasca trauma yang tidak patah, namun berubah warna hitam kebiruan.
  • Gigi hipersensitif terhadap suhu dingin/panas yang sangat mengganggu, ketika cara alternatif untuk mengurangi hipersensitivitas telah gagal.


Baca juga: Estimasi Biaya Tambal Gigi Terbaru di Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit


Perkiraan biaya perawatan saluran akar gigi

Berapa biaya perawatan saluran akar gigi di klinik atau rumah sakit? Biasanya, harga perawatan saluran akar gigi dihitung per kunjungan atau tergantung jumlah saluran. Untuk mengetahui berapa harga yang diperlukan, kamu harus datang terlebih dahulu ke klinik gigi atau rumah sakit untuk melakukan tahap pemeriksaan.


Biaya PSA gigi berkisar Rp300.000,- hingga Rp600.000,- per saluran atau kunjungan. Umumnya, pasien diminta untuk melakukan 3-4 kali kunjungan hingga perawatan selesai. Perlu dicatat, tindakan perawatan saluran akar gigi hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Pada kasus yang tergolong berat, prosedur ini bisa dilakukan oleh dokter gigi spesialis konservasi.


Biaya perawatan saluran akar gigi di Klinik Rata

Klinik Rata juga menawarkan prosedur perawatan saluran akar gigi. Prosedur tersebut dilakukan oleh dokter gigi profesional yang telah berpengalaman menangani kasus PSA. 


Estimasi biaya paket perawatan saluran akar gigi di Klinik Rata mulai dari Rp2.000.000,-. Paket perawatan tersebut sudah mencakup biaya perawatan dari awal hingga perawatan kamu selesai. Saat melakukan perawatan saluran akar, pasien akan diminta untuk melakukan 3-4 kali kunjungan, namun jumlah kunjungan tersebut akan disesuaikan dengan kondisi gigi pasien.   


Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat

Mencari klinik gigi terdekat untuk melakukan root canal treatment atau ingin berkonsultasi mengenai perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi, seperti pembersihan karang gigi, memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar