icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Estimasi Biaya Tambal Gigi Terbaru di Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit/

Estimasi Biaya Tambal Gigi Terbaru di Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit

Biaya Tambal Gigi
dok. Rata Indonesia

Gigi patah atau gigi berlubang tidak boleh dibiarkan terlalu lama, karena bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Parahnya lagi, jika kondisi ini dibiarkan tanpa perawatan bisa menimbulkan risiko gigi tanggal.


Oleh karena itu, kondisi gigi patah atau gigi berlubang harus segera diatasi dengan prosedur tambal gigi. Apakah kamu hendak melakukan prosedur ini? Jika iya, yuk simak estimasi biaya tambal gigi di Puskesmas, klinik, dan rumah sakit yang perlu kamu siapkan!


Apa itu tambal gigi?

Tambal gigi adalah prosedur medis untuk menangani gigi berlubang atau gigi rusak dengan tujuan mengembalikan bentuk dan fungsi gigi yang mengalami kerusakan. Prosedur tambal gigi dilakukan dengan menutup lubang-lubang pada gigi menggunakan bahan khusus. 


Prosedur tambal gigi memiliki beberapa tujuan dan manfaat, seperti:

  • Mengembalikan bentuk dan fungsi gigi yang mengalami kerusakan
  • Mengurangi jumlah bakteri aktif dalam mulut
  • Mempertahankan struktur gigi dan memperpanjang usia gigi
  • Mempertahankan bentuk tulang rahang dan kontur wajah
  • Memperbaiki gigi yang retak, patah, atau terkisis


Baca juga: Wajib Tahu! Ini Jenis-jenis Tambal Gigi Berdasarkan Bahannya


Berapa biaya tambal gigi?

Biaya tambal gigi bervariasi, tergantung dari tingkat keparahan gigi, jenis bahan tambalan yang digunakan, hingga lokasi fasilitas kesehatan gigi yang dipilih. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar biaya tambal gigi di Puskesmas, klinik gigi, dan rumah sakit di Indonesia seperti dilansir dari berbagai sumber.


Biaya tambal gigi di Puskesmas

Biaya tambal tambal gigi di Puskesmas biasanya berkisar Rp30.000,-.per gigi. Sedangkan, untuk biaya tambal gigi permanen, biasanya mencapai Rp100.000,-. per gigi.


Jika kamu memiliki BPJS Kesehatan, kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan tambal gigi secara gratis. Pasalnya, tambal gigi merupakan jenis perawatan gigi yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Adapun tambal gigi yang dijamin oleh BPJS Kesehatan menggunakan bahan glass ionomer cement (GIC) atau bahan resin komposit. 


Biaya tambal gigi di klinik dan rumah sakit

Biaya tambal gigi di klinik atau rumah sakit sangat bervariasi. Pada kondisi lubang yang paling ringan, dokter biasanya menggunakan bahan tambal yang lebih terjangkau dengan biaya tambal gigi berkisar Rp150.000,-. hingga Rp300.000,-. per gigi.


Pada kasus gigi berlubang yang tingkat keparahannya sedang, biaya tambal gigi yang perlu dikeluarkan berkisar Rp400.000,-. hingga Rp600.000,-. per gigi. Sedangkan pada kasus gigi berlubang yang parah, biaya tambal gigi bisa mencapai Rp700.000,-. hingga Rp1.000.000,-. per gigi.


Selain bergantung dari tingkat keparahan lubang gigi, harga tambal gigi juga bisa bergantung dari bahan yang digunakan. Sehingga, kamu bisa menentukan rendah atau tingginya biaya prosedur tambal gigi. 


Biaya tambal gigi di Klinik Rata

Klinik Rata juga menawarkan prosedur tambal gigi untuk untuk mengatasi gigi berlubang. Prosedur tersebut dilakukan oleh tenaga profesional di Klinik Rata. Biaya tambal gigi di Klinik Rata berkisar mulai dari Rp350.000,- per gigi, bergantung pada tingkat keparahan lubang pada gigi tersebut.


Baca juga: Baru Selesai Tambal Gigi? Ini Perawatan yang Harus Dilakukan!


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat

Mencari tempat tambal gigi terdekat atau ingin berkonsultasi mengenai perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi, seperti pembersihan karang gigi, memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar