icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Estimasi Biaya Scaling Gigi di Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit/

Estimasi Biaya Scaling Gigi di Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit

Biaya Scaling Gigi
dok. Rata Indonesia

Hampir semua orang pasti mendambakan gigi yang sehat dan juga bersih. Untuk mendapatkan hasil tersebut, sikat gigi saja tidak cukup. Kamu perlu melakukan beberapa perawatan gigi di dokter secara rutin, salah satunya adalah perawatan scaling gigi


Apa itu scaling gigi dan berapa biayanya? Berikut informasi lengkap mengenai kisaran biaya scaling gigi di Puskesmas, klinik, dan rumah sakit yang perlu kamu siapkan!


Apa itu scaling gigi?

Scaling gigi adalah prosedur pembersihan karang gigi dengan menggunakan alat yang disebut dengan ultrasonic scaler. Karang gigi sendiri adalah tumpukan plak yang menempel dan mengeras pada permukaan gigi. Karang gigi bisa membuat tampilan gigi jadi tampak tidak terawat. Pasalnya, plak yang mengeras cenderung berwarna kusam, bisa berwarna kuning, kecokelatan, hingga hitam.


Ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan setelah menjalani scaling gigi, yaitu:

  • Menghindari risiko gigi berlubang dan kerusakan gigi lainnya
  • Menghindari loss of attachment dari penyakit periodontitis yang menyebabkan gigi copot
  • Menghilangkan noda gigi (bercak cokelat di gigi yang berasal dari teh, kopi, atau rokok)
  • Menghindari bau mulut tidak sedap
  • Menghemat biaya perawatan gigi di masa mendatang


Scaling gigi disarankan untuk rutin dilakukan setiap enam bulan sekali. Namun untuk kasus yang berat, misalnya memiliki gejala penyakit gusi, maka scaling dapat dilakukan sesegera mungkin atau tiga bulan sekali.


Baca juga: Ketahui Prosedur Scaling Gigi dan Manfaatnya untuk Kesehatan Gigi


Berapa biaya scaling gigi?

Biaya scaling gigi sangat bervariasi, tergantung alat yang digunakan, berapa banyak gigi yang dibersihkan, dan lokasi. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar biaya scaling gigi untuk membersihkan plak dan karang gigi di Puskesmas, klinik gigi, dan rumah sakit di Indonesia seperti dilansir dari berbagai sumber.


Biaya scaling gigi di Puskesmas

Harga scaling gigi di Puskesmas biasanya dikenakan tarif yang relatif lebih murah dibandingkan klinik gigi maupun rumah sakit. Biaya scaling gigi di Puskesmas dimulai dari kisaran Rp80.000,-. hingga Rp100.000,-. Namun, biaya pembersihan karang gigi tersebut tergantung lokasi dan kebersihan mulut pasien.


Jika kamu memiliki BPJS Kesehatan, biaya scaling gigi di Puskesmas gratis alias tidak dikenakan biaya apa pun.


Biaya scaling gigi di Klinik dan Rumah Sakit

Biaya scaling gigi di klinik atau rumah sakit sangat bervariasi. Dilansir dari berbagai sumber, biaya membersihkan karang gigi di klinik atau rumah sakit swasta di Indonesia dimulai dari dari Rp250.000,-. hingga Rp700.000,-.


Perlu diketahui, rincian biaya tersebut merupakan estimasi. Sebab, bisa saja harganya kurang atau melebihi estimasi. Oleh karena itu untuk berjaga-jaga, siapkan dana lebih untuk kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.


Biaya scaling gigi di Klinik Rata

Rata juga menawarkan prosedur scaling gigi untuk membersihkan plak dan karang gigi. Prosedur tersebut dilakukan oleh tenaga profesional di Klinik Rata.


Selain scaling gigi, kamu juga bisa melakukan perawatan scaling + kuretase. Scaling + kuretase merupakan perawatan gigi yang termasuk ke dalam teknik perawatan bedah periodontal. Perawatan ini ditujukan untuk membersihkan karang gigi yang menempel dan mengarah ke ujung akar.


Biaya scaling gigi di Klinik Rata mulai dari Rp400.000,- bergantung pada kasus gigi pasien. Sedangkan, kisaran biaya untuk perawatan scaling + kuretase dimulai dari Rp900.000,-. 


Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat


Mencari tempat scaling gigi terdekat atau ingin berkonsultasi mengenai perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi, seperti pembersihan karang gigi, memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar