icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Cara Mengatasi Gusi Berdarah, Ini Saran Dokter Gigi/

Cara Mengatasi Gusi Berdarah, Ini Saran Dokter Gigi

cara mengatasi gusi berdarah
dok. Rata Indonesia

Ditinjau oleh drg. Jessica Endriyana 


Pernahkah kamu saat menggosok gigi, lalu mengalami gusi berdarah? Ini merupakan masalah pada gigi dan mulut yang seringkali terjadi, tidak hanya pada orang dewasa, melainkan anak-anak.


Namun, secara jelasnya apa itu gusi berdarah dan seperti apa gejalanya? Adakah cara mengatasi gusi berdarah yang aman? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!


Definisi gusi berdarah 

Idealnya gusi yang sehat berwarna merah muda, bertekstur padat, dan memiliki permukaan yang halus. Namun, jika tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan baik, dapat menyebabkan masalah gusi berdarah. 


Drg. Jessica Endriyana menjelaskan bahwa ada beberapa penyebab gusi berdarah. Di antaranya, penumpukan karang gigi, terjadi impaksi makanan atau sisa makanan yang masuk ke dalam gusi, trauma pada gusi seperti tergores atau terpukul, tumbuh gigi, hingga gigi berlubang yang sampai ke gusi.


Baca juga: Pakai Aligner™ Bisa Sebabkan Gusi Berdarah? Ini Penjelasannya! 


Selain beberapa penyebab gusi berdarah di atas, mengonsumsi makanan terlalu keras, menyikat gigi dengan kurang tepat juga bisa menyebabkan gusi berdarah. Adanya gangguan pembekuan darah juga memicu risiko terjadinya kondisi tersebut. 


Gejala gusi berdarah 

Gejala yang paling umum terjadi adalah gusi berdarah secara tiba-tiba yang keluar dari akar gigi dan membentuk garis merah di sekitar gigi. Gusi yang bermasalah juga bisa menimbulkan gusi bengkak yang terasa lunak dan sakit ketika disentuh. 


Adakah cara mencegah gusi berdarah? Drg. Jessica Endriyana menambahkan untuk mencegah gusi berdarah, sebaiknya cek kesehatan gigi setiap enam bulan sekali untuk melihat apakah terdapat karang gigi. Jika gusi berdarah lebih dari dua hari, kamu bisa berkumur dengan obat kumur antiseptik untuk sementara waktu. Jika kondisi tersebut belum mereda atau semakin memburuk, segera konsultasikan kondisi tersebut ke dokter gigi, ya! 


Lalu, kapan harus ke dokter gigi?

Jika kondisi tersebut belum mereda atau semakin memburuk, segera kunjungi klinik kami. Gusi berdarah yang diikuti dengan gejala seperti di bawah ini, perlu lebih diperhatikan, karena membutuhkan pertolongan medis lebih lanjut: 

  • Ketika kamu mengalami demam tinggi. 
  • Rasa sakit pada gusi yang semakin intens.
  • Bau mulut yang tak kunjung hilang. 
  • Kesulitan saat menggigit, mengunyah, atau bahkan berbicara. 
  • Rasa tidak enak atau aneh di dalam mulut. 


Baca juga: Punya Riwayat Penyakit Gusi, Bolehkah Pakai Aligner™?


Baiknya tidak meremehkan gusi berdarah, karena bisa menjadi tanda dari kondisi medis yang serius. Segera konsultasikan kondisi gigimu ke dokter gigi kami untuk mencari solusi terbaik. 


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi  Terdekat

Ingin berkonsultasi dengan dokter gigi mengenai gusi berdarah atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi, seperti pembersihan karang gigi, memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar