icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Pakai Aligner™ Bisa Sebabkan Gusi Berdarah? Ini Penjelasannya!/

Pakai Aligner™ Bisa Sebabkan Gusi Berdarah? Ini Penjelasannya!

aligner sebabkan gusi berdarah
dok. FreePik

Ditinjau oleh drg. Jessica Endriyana


Bagi Rata Family yang punya resolusi meratakan gigi di tahun ini, coba gunakan aligner™ ketimbang behel atau kawat gigi. Aligner™ dan behel sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yakni untuk meratakan gigi. Hanya saja, aligner™ memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh kawat gigi atau behel.


Aligner™ tidak membuat pemakainya terlihat mencolok karena warnanya yang transparan dan melapisi seluruh permukaan gigi. Selain itu, aligner™ juga diklaim minim rasa nyeri sehingga membuat penggunanya merasa nyaman saat memakainya sepanjang hari.


Lantas, apakah aligner™ memiliki efek samping layaknya pemakaian kawat gigi? Seperti yang kita tahu, kawat gigi memang kerap membuat penggunanya menderita di awal-awal pemakaian. Banyak dari pengguna behel yang mengalami sariawan hingga gusi berdarah akibat gesekan kawat gigi. 


Lalu, bagaimana dengan aligner™? Apakah penggunaannya juga bisa menyebabkan gusi berdarah? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.


Pakai aligner™, bisakah sebabkan gusi berdarah?

Bentuk aligner™ dan kawat gigi sangat berbeda, begitu pun dengan material bahan pembuatannya. Aligner™ terbuat dari plastik medical grade yang lentur dan bertekstur halus, sehingga kamu tidak perlu khawatir lidah atau gusi berdarah karena tergesek dengan alat ini.


Kalau pun kamu sampai mengalaminya, bisa jadi penyebabnya dari faktor lain atau saat melepas aligner™. Teknik melepas aligner™ yang kurang tepat, seperti memakai kuku atau benda tajam dapat mengiritasi gusi sehingga menyebabkan gusi berdarah.


Baca juga: Alumni Kawat Gigi yang Move On ke Aligner™  


Menurut drg. Jessica Endriyana, gusi berdarah juga bisa disebabkan karena gusi tertekan oleh aligner™ atau disebabkan karena adanya makanan dan karang gigi menumpuk di sekitar gigi. Karenanya, scaling sangat diperlukan sebelum memulai perawatan aligner™. 


Selain itu, gusi berdarah dapat terjadi karena cara menyikat gigi yang salah atau terlalu keras. Kesehatan mulut dan gigi yang kurang dijaga kebersihannya saat memakai aligner™ juga bisa menyebabkan gusi rentan bermasalah dan mungkin berdarah.


Gusi yang mengalami peradangan atau juga disebut dengan gingivitis ini cenderung sangat sensitif sehingga rentan berdarah. Plak yang dibiarkan terus menumpuk akan mengeras dan menjadi kalkulus (karang gigi). Penumpukan karang gigi dalam waktu lama akan menyebabkan penyakit gusi lebih serius sampai melibatkan tulang penyangga gigi yang disebut periodontitis.


Untuk mengatasi gusi berdarah saat menjalani perawatan dengan aligner™, kamu bisa melakukan beberapa cara pengobatan antara lain:

  • Kumur-kumur dengan antiseptik sebagai tindakan pertama. 
  • Kompres area gusi yang berdarah dengan air dingin. 
  • Pastikan kamu menyikat gigi dan flossing dua kali sehari. 
  • Perbanyak asupan vitamin C dan K.
  • Stop merokok, termasuk vape atau rokok elektrik. 
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis atau asam. 
  • Konsultasi ke dokter gigi jika kondisi gusi berdarah terus berlangsung selama 1 minggu.



Cara aman pakai aligner™ agar gusi tidak berdarah

Pemakaian aligner™ tidak menyebabkan gusi berdarah selama kamu memasang dan melepaskan aligner™ dengan cara yang tepat. Bukalah aligner™ dari salah satu bagian terlebih dahulu, mulai dari sisi belakang, tengah depan, lalu bagian sisi belakang yang satu lagi.


Jika gigi kamu berjejal berat, pasang aligner™ dari sisi yang berjejal dulu, lalu ke sisi yang rapi supaya lebih mudah. Pastikan juga kamu membuka aligner™ dengan jari bukan dengan kuku, ya.


Baca juga: Pakai Behel Ribet, Teddy Pilih Alternatif yang Lebih Nyaman! 


Pencegahan gusi berdarah saat pakai aligner™ juga bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan baik. Idealnya, kamu harus menggosok gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari.


Pilihlah sikat gigi yang berbulu halus dan lembut serta gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride karena dapat membantu melindungi dan memperkuat lapisan gigi dari kerusakan. Setelah sikat gigi, bersihkan gigi kembali dengan dental floss untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang tersangkut di celah antar gigi.



Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan aligner™ , jangan sampai ada sisa makanan yang menempel di permukaan aligner™. Selalu bersihkan aligner™ setiap kamu menyikat gigi saat pagi dan malam hari. Gunakan sikat yang lembut dan sabun yang ringan.


Jika kamu memiliki pertanyaan seputar aligner™, ada baiknya lakukan konsultasi secara online dengan dengan dokter gigi kami. Dokter gigi kami akan memberikan informasi yang kamu butuhkan. Kamu juga bisa menjadwalkan cetak aligner™ dari rumah yang akan dibantu oleh dokter gigi Rata lewat video call.


Ya, konsultasi hingga pencetakan aligner™ dapat dilakukan secara online sehingga kamu tidak perlu repot-repot datang ke klinik. Nantinya, alat bantu pencetakan aligner™   dan hasilnya akan dikirimkan langsung ke rumahmu. Jadi, kamu bisa meminimalkan kunjungan ke klinik.


Ingin membuat aligner™ tanpa repot harus keluar rumah? Yuk, atur jadwal konsultasi online dengan dokter gigi kami dan cetak aligner ™ kamu sekarang!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar