icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Gusi Turun? Ini Cara Mengatasinya!/

Gusi Turun? Ini Cara Mengatasinya!

Cara Mengatasi Gusi Turun
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Natasia Kohar


Rata Family, pernahkah kamu merasa tidak pede saat tersenyum karena gusi turun? Masalah pada gusi memang tidak boleh dianggap remeh, loh. Selain menurunkan rasa percaya diri, gusi turun juga bisa meningkatkan risiko gigi jadi lebih sensitif, terutama saat makan dan menyikat gigi. 


Apa itu gusi turun, bagaimana cara mengatasi gusi gigi turun, dan apakah gusi turun bisa naik lagi? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!


Apa Itu Gusi Turun?

Gusi turun atau resesi gingiva adalah kondisi ketika gusi tampak merosot atau menyusut di bawah permukaan gigi, sehingga gigi terlihat sampai ke bagian akarnya. Padahal seharusnya gusi berfungsi untuk melindungi akar gigi.


Efek gusi turun seringkali membuat penderitanya merasakan ngilu atau linu saat mengonsumsi makanan dan minuman bersuhu panas atau dingin. Bahkan, rasa ngilu juga kerap dirasakan di area gusi yang mengalami penurunan akibat terpapar angin. 


Selain menimbulkan keluhan ngilu dan gigi sensitif, gusi turun juga bisa menimbulkan keluhan lain seperti karies gigi, dan perubahan warna. Jika tidak ditangani dengan tepat, gusi turun bisa menimbulkan masalah gigi yang serius. Saat gusi terus menerus dibiarkan mengalami penurunan, gigi lambat laun akan goyang dan akhirnya bisa tanggal (lepas). 


Baca juga: 4 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, Praktis dan Mudah!


Diagnosis Gusi Turun

Bagaimana cara diagnosis gusi turun? Dokter gigi biasanya mendiagnosis resesi gingiva dengan cara melakukan pemeriksaan kondisi gusi turun yang ada diikuti dengan beberapa keluhan tertentu.


Beberapa keluhan yang sering menyertai adalah gusi berdarah ketika menyikat gigi, nyeri, dan gigi ngilu. Pada beberapa kasus juga disertai dengan munculnya nanah. Selain pengumpulan informasi dan pemeriksaan fisik, dokter gigi juga dapat melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan foto sinar X. Tujuannya adalah untuk mengetahui jika terdapat kerusakan tulang.


“Jika tidak ditemukan adanya kerusakan tulang alveolar, maka bisa dikategorikan kasusnya ringan. Sedangkan jika kasusnya disertai kerusakan tulang alveolar, maka dikategorikan sebagai kasus parah,” ungkap kata Rata Head of Dentist, drg. Natasia Kohar.


Cara Mengatasi Gusi Gigi Turun

Apakah gusi turun bisa sembuh dan kembali ke posisi normal? Faktanya, gusi yang sudah menurun bisa dinaikkan kembali, tetapi hanya sedikit dan tidak bisa kembali utuh seperti sedia kala. Perawatan untuk mengatasi resesi gingiva biasanya bertujuan agar kondisi gusi yang turun tidak bertambah parah.


Lantas, perawatan apa saja yang bisa mengatasi gusi turun? Berikut di antaranya:


1. Scaling dan root planing

Ada dua macam perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi gusi gigi turun, yaitu secara bedah dan non-bedah. Pada kasus yang ringan, dokter gigi akan melakukan perawatan dengan scaling dan root planing


Scaling gigi adalah prosedur non-bedah untuk menghilangkan biofilm, karang gigi atau kalkulus, dan stain pada permukaan mahkota dan akar gigi. Sedangkan, root planing adalah suatu tindakan untuk membersihkan dan menghaluskan permukaan akar dari jaringan nekrotik maupun sisa-sisa kalkulus yang melekat pada permukaan akar agar permukaan akar menjadi halus, keras, dan bersih.


Tujuan dari scaling dan root planing adalah mengembalikan kesehatan gusi dengan menghilangkan elemen yang memicu inflamasi gingiva, seperti biofilm, kalkulus, dan endotoksin dari permukaan gigi. 


2. Pembedahan pada gusi

Jika kondisinya parah, maka dokter gigi akan melakukan pembedahan pada gusi. Salah satu prosedur bedah yang sering dilakukan untuk mengatasi gusi turun adalah subepithelial connective tissue graft.  


Subepithelial connective tissue graft adalah tindakan perawatan bedah yang digunakan untuk menutupi akar yang terbuka akibat resesi gingiva. Pada prosedur ini, dokter gigi spesialis gusi dan tulang gigi (periodonsia) akan mengambil jaringan lunak pada langit-langit rongga mulut. Setelah itu, jaringan tersebut akan dipindahkan ke bagian gusi yang mengalami penurunan. 


Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata


Itulah penjelasan mengenai gusi turun dan cara mengatasi gusi gigi turun. Jika kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya! Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan gigi dan mulut atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar