icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Agar Lebih Awet, Ini 7 Cara Merawat Gigi Palsu yang Benar!/

Agar Lebih Awet, Ini 7 Cara Merawat Gigi Palsu yang Benar!

Cara Merawat Gigi Palsu
dok. Envato

Rata Family, apakah kamu pengguna gigi palsu? Jika iya, penting untuk mengetahui cara merawat gigi palsu yang benar agar kualitasnya tetap terjaga dan kesehatan mulut juga terlindungi.


Lantas, bagaimana cara merawat gigi palsu yang baik dan benar? Selengkapnya simak dalam artikel berikut ini!


Baca juga: Gigi Palsu: Jenis, Persiapan hingga Tips Perawatannya


Cara Merawat Gigi Palsu Lepasan

Gigi palsu lepasan merupakan jenis yang paling banyak digunakan, terutama oleh kalangan lansia dengan gigi ompong. Biasanya jenis ini terbuat dari berbagai macam bahan, seperti logam, plastik, hingga akrilik.


Agar gigi palsu lepasan selalu terjaga kualitas dan kebersihannya, penting bagi penggunanya untuk mengetahui cara merawat gigi palsu lepasan yang benar. Selain itu, perawatan gigi palsu yang benar juga bisa terhindar dari risiko gangguan kesehatan mulut lain, seperti bau mulut, sariawan, hingga penyakit gusi. 


Jika kamu termasuk pengguna gigi palsu lepasan, yuk simak cara merawat gigi palsu yang benar!


1. Berhati-hati saat melepas dan memasang gigi palsu

Peganglah gigi palsu dengan mantap. Biasanya dokter gigi akan memberitahu bagian mana yang harus dipegang saat memasang atau melepas gigi palsu. 


Hindari memasang gigi palsu dengan paksa, apalagi sampai membuat bagian gigi palsu bengkok, karena berisiko patah atau berubah bentuk. Lantas, bagaimana memasang gigi palsu dengan benar? Pasang gigi palsu secara perlahan sampai terasa benar-benar terpasang dengan baik dan nyaman. 


2. Rendam gigi palsu setiap malam atau saat tidak digunakan

Cara membersihkan gigi palsu sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan merendamnya dengan air. Kamu bisa merendam gigi palsu dengan air yang sudah dicampur larutan pembersih khusus gigi palsu selama semalaman. Setelah itu, bersihkan kembali jika ingin menggunakannya lagi.


Merendam gigi palsu penting dilakukan agar kelembapannya tetap terjaga, sehingga tidak kering atau kehilangan bentuknya. Saat merendam gigi palsu, pastikan kamu menggunakan air biasa dan hindari air panas, ya! Sebab jika menggunakan air panas, gigi palsu bisa mengalami perubahan bentuk. 


3. Rutin membersihkan gigi palsu

Pengguna gigi palsu cenderung menggunakan gigi palsu seharian di mulut. Akibatnya, gigi palsu rentan menjadi tempat tertimbunnya kotoran, sisa makanan, serta bakteri. Untuk terhindari dari masalah gigi dan mulut akibat gigi palsu yang kotor, pastikan kamu rutin membersihkan gigi palsu setiap hari. 


Berbeda dengan menyikat gigi asli, kamu harus melepas gigi palsu terlebih dahulu untuk menyikatnya. Gunakan jenis sikat gigi yang berbahan lembut dan non-abrasif (tidak mengikis) agar tekstur gigi palsu tetap terjaga.


4. Gunakan pasta gigi khusus

Saat membersihkan gigi palsu, sebaiknya gunakan pasta gigi khusus. Sebab, pasta gigi biasa cenderung bersifat abrasif dan bisa menyebabkan goresan atau lubang kecil pada gigi palsu.


Pasta gigi dengan kandungan pemutih juga tidak disarankan untuk membersihkan gigi palsu. Bahan kimia pada produk tersebut bisa merusak dan membuat gigi palsu menjadi rapuh.


5. Hindari makanan atau minuman yang keras dan panas

Untuk menjaga bentuk gigi palsu, hindari mengonsumsi minuman panas dan makanan yang teksturnya keras atau kenyal. Hal ini dikarenakan jenis makanan atau minuman tersebut dapat merusak bentuk gigi palsu. Oleh karena itu, sebaiknya tanyakan ke dokter gigi apa saja makanan dan minuman yang diperbolehkan selama pemakaian gigi palsu, ya!


6. Jaga kebersihan mulut setelah melepas gigi palsu

Tak hanya kebersihan gigi palsu yang harus dijaga, kondisi mulut juga tidak boleh luput dari perhatian. Jika gigi palsu sedang dilepas, pastikan kamu membersihkan rongga mulut secara rutin. Kamu bisa berkumur dengan obat kumur serta menyikat gigi jika masih terdapat beberapa gigi asli.


7. Periksa ke dokter gigi secara berkala

Selain merawat gigi palsu di rumah, hal terpenting yang tidak boleh dilewatkan adalah melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Usahakan untuk periksa ke dokter gigi setiap enam bulan sekali agar dokter dapat mengecek kondisi gigi palsu dan rongga mulut. 


Jika gigi palsu sudah terasa tidak nyaman atau sakit saat dikenakan, kamu tidak perlu menunggu enam bulan untuk periksa dan segera kunjungi dokter gigi. 


Baca juga: Catat! Ini Perbedaan Implan Gigi dan Gigi Palsu


Cara Perawatan Gigi Palsu Permanen

Ada tiga jenis gigi palsu permanen, yaitu crown gigi, dental bridge, dan implan gigi. Cara merawat gigi palsu permanen cukup berbeda dengan gigi palsu lepasan, sebab jenis gigi palsu ini tidak bisa dilepas dan dipasang sendiri di rumah.


Jika kamu pengguna implan gigi, berikut ini beberapa tips perawatan implan gigi yang bisa dilakukan sehari-hari:


  • Sikat gigi & flossing secara rutin

Sikat gigi dua kali sehari dan flossing untuk membersihkan sisa makanan di gigi.

  • Rutin check up dengan dokter gigi

Lakukan check up rutin setiap enam bulan sekali untuk memastikan implan gigi dalam kondisi baik.

  • Hindari merokok

Implan gigi membutuhkan waktu untuk pulih sepenuhnya. Hindari merokok dan minuman alkohol untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

  • Kurangi makanan & minuman manis

Untuk menjaga kesehatan gigi dan implan. Segera sikat gigi dan flossing jika telah mengkonsumsi makanan atau minuman manis, ya!

  • Hindari pasta gigi abrasif

Gunakan pasta gigi yang gentle pada gusi dan lapisan gigi. Hindari sikat gigi terlalu keras.


Itulah informasi mengenai cara merawat gigi palsu lepasan dan permanen yang benar. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hal terpenting yang tidak boleh dilewatkan ketika merawat gigi palsu adalah melakukan pemeriksaan ke dokter gigi.


Kamu bisa mengunjungi Klinik Ratauntuk melakukan pemeriksaan atau perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat


Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata Clinic Center| Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71 Blok E.1, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar