icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Sedang Tren, Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Gigi Kelinci/

Sedang Tren, Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Gigi Kelinci

Gigi Kelinci Makrodontia
dok. Freepik

Beberapa tahun belakangan ini, tren gigi kelinci atau bunny teeth populer di kalangan masyarakat. Tren ini dipopulerkan oleh beberapa selebriti Indonesia, seperti Cinta Laura hingga Maudy Ayunda.

 

Sejak saat itulah, banyak masyarakat rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan tampilan gigi seperti gigi kelinci. Lantas, apa itu gigi kelinci? Adakah perawatan gigi khusus untuk mendapatkan gigi kelinci palsu? Simak ulasannya berikut ini.


Apa itu gigi kelinci?

Gigi kelinci adalah sebutan untuk dua gigi depan di rahang atas yang memiliki ukuran dan bentuk lebih panjang daripada gigi lain di sekitarnya. Perbedaan ukuran ini terlihat sangat jelas dibanding gigi lainnya, sehingga bentuk gigi tersebut terlihat seperti milik kelinci.

 

Sebenarnya, tidak ada istilah gigi kelinci di dunia medis. Namun, jika seseorang memiliki gigi lebih besar daripada rata-rata orang lain seusianya, kemungkinan orang tersebut mengalami makrodontia. Mengutip Healthline, makrodontia adalah istilah yang menggambarkan anomali bentuk gigi. Kondisi ini tidak dianggap sebagai kelainan yang mengkhawatirkan, melainkan bentuk gigi yang khas.

 

Orang yang terlahir dengan kondisi makrodontia memiliki 1-2 gigi yang sangat besar. Terkadang dua gigi tumbuh menyatu dan membentuk satu gigi yang sangat besar. Dalam kasus lain, gigi tunggal dapat tumbuh besar secara tidak normal.

 

Makrodontia bisa disebabkan oleh beberapa faktor, berikut di antaranya:

  • Faktor genetik
  • Pengalaman masa kecil
  • Ras
  • Jenis kelamin
  • Ketidakseimbangan hormon

 

Bentuk gigi kelinci

Secara umum, makrodontia dibagi ke dalam tiga bentuk atau jenis. Simak beberapa jenisnya seperti dikutip dari PubMed berikut:

 

1. True generalized macrodontia

Sering disebut makrodontia generalista, kondisi ini memiliki ciri di mana semua gigi lebih besar daripada ukuran gigi manusia biasanya. Kondisi ini termasuk langka dan sering terlihat pada kasus gigantisme hipofisis (gangguan pertumbuhan yang menyebabkan anak-anak tumbuh sangat tinggi dan besar).

 

2. Relative generalized macrodontia

Jenis ini disebut sebagai makrodontia umum. Kondis ini digambarkan sebagai ilusi gigi besar. Sebenarnya, gigi hanya sedikit lebih besar atau bahkan normal, namun karena pasien memiliki rahang yang kecil, maka menciptakan ilusi gigi seolah-olah lebih besar dari ukuran seharusnya. 

 

3. Isolated Macrodontia 

Disebut makrodontia lokal, kondisi ini memiliki ciri yaitu hanya satu gigi yang tumbuh lebih besar di satu lokasi atau di sisi mulut. Kasus ini jarang terjadi dan biasanya sering dialami oleh pria.


Prosedur membuat gigi kelinci palsu dengan veneer

Gigi kelinci yang disebabkan oleh makrodontia bukanlah kondisi yang umum. Menurut Healthline, makrodontia hanya dialami oleh sekitar 0,03 hingga 1,9 persen orang di seluruh dunia.

 

Kendati demikian, kamu bisa lho mendapatkan tampilan gigi kelinci palsu lewat prosedur veneer gigi. Veneer merupakan salah satu prosedur yang ditujukan untuk mempercantik tampilan gigi dengan cara menutupi kekurangan pada bentuk, warna, panjang, atau ukurannya.

 

Veneer berupa cangkang tipis yang dipakai untuk melapisi bagian depan gigi. Bahan yang dibuat untuk membuat cangkang bermacam-macam, ada yang terbuat dari porselen dan ada juga yang terbuat dari komposit. 

 

Itulah informasi seputar gigi kelinci yang perlu kamu ketahui. Perlu diketahui jika veneer bisa menimbulkan beberapa risiko seperti membuat gigi jadi lebih sensitif. Karena itulah, veneer tidak boleh dipasang sembarangan dan harus dikerjakan oleh dokter gigi yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. 

 

Jika kamu ingin melakukan perawatan veneer gigi, kamu bisa mengkonsultasikan gigimu dengan dokter gigi di Klinik Rata. Klinik Rata merupakan sister company dari PURE Dental Aesthetic Clinic yang berfokus pada treatment veneer dan menjadi official dental aesthetic partner untuk Puteri Indonesia. 

 

Gimana, tertarik memasang veneer gigi di Klinik Rata? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar