icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Sakit Gigi Saat Puasa? Simak Apa Saja Penyebabnya!/

Sakit Gigi Saat Puasa? Simak Apa Saja Penyebabnya!

sakit gigi saat puasa (penyebab)
dok. Rata Indonesia & freepik

Di bulan Ramadan, berbuka puasa merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu, terlebih saat ingin menikmati hidangan berbuka puasa yang segar. Namun, yang perlu diperhatikan saat bulan Ramadan adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut. 


Umumnya, sajian berbuka puasa bersifat manis dan cenderung dingin atau terlalu panas. Tanpa sadar makanan atau minuman tersebut dapat membuat sakit gigi, karena air liur yang kering setelah seharian berpuasa.


Baca juga: Punya Gigi Sensitif, Apakah Bisa Pakai Aligner™?


Penyebab sakit gigi saat puasa 

Terdapat beberapa penyebab seseorang mengalami sakit gigi di bulan Ramadan, berikut beberapa penyebab yang membuat sakit gigi saat puasa. 


1. Tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut 

Salah satu penyebab sakit gigi saat berpuasa adalah tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut. Seseorang yang jarang membersihkan gigi dapat menyebabkan sakit gigi dan akan semakin parah jika tidak segera ditangani. 


2. Terlalu banyak mengonsumsi santapan manis 

Berbuka puasa identik dengan makanan dan minuman manis, jika tidak dibersihkan dengan optimal dapat menyebabkan sakit gigi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berpuasa juga dapat merusak jaringan di sekitar gigi. Jadi, ada baiknya untuk membatasi mengonsumsi santapan manis saat berpuasa yah! 


3. Mengonsumsi sesuatu yang terlalu panas

Makanan dan minuman yang terlalu panas juga menjadi salah satu penyebab sakit gigi saat berpuasa. Gigi bisa menjadi lebih sensitif dan rentan mengalami sakit gigi, jika terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang panas. Pada saat berpuasa, gusi akan kekurangan air liur dan saat terkena sesuatu yang panas, bisa berdampak pada gigi. 


Baca juga: Pakai Aligner ™ Rata Bisa Cegah Bau Mulut 


Cara mencegah sakit gigi saat puasa 

Saat berbuka puasa, seseorang bisa mengonsumsi hidangan panas dan dingin secara bersamaan, sehingga suhu pada mulut bercampur dan menyebabkan gigi lebih sensitif. Rasa sakit pada gigi bisa saja terjadi dari erosi gigi yang membuat lapisan di bawah dentin terserang. Alasan lain mengapa gigi lebih sensitif adalah selama berpuasa, tidak ada cairan yang lewat dalam mulut sehingga menurunkan perlindungan pada gigi dan mulut karena kekeringan. 

Kamu bisa mencegah sakit gigi dengan banyak minum air putih untuk mencegah mulut kering saat berpuasa. Air juga mampu membantu tubuh terhidrasi dengan baik dan meningkatkan produksi air liur agar sensitivitas gigi tetap terlindungi. 


Selain itu, hindari minuman atau makanan yang mengandung asam, karena juga bisa memicu rasa sakit pada gigi. Kamu bisa menetralisir kembali kondisi gigi dengan memperbanyak minum air putih. 


Jika kamu merasa sakit gigi terlalu mengganggu, silakan konsultasi GRATIS dengan dokter gigi kami atau kunjungi klinik kami terdekat. Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi www.rata.id atau follow Instagram @rata.id.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar