icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Mengenal Hidrogen Peroksida dalam Produk Pemutih Gigi, Amankah?/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Mengenal Hidrogen Peroksida dalam Produk Pemutih Gigi, Amankah?

Mengenal Hidrogen Peroksida dalam Produk Pemutih Gigi, Amankah?
dok. Freepik

Keinginan memiliki gigi yang putih bersinar membuat banyak orang memilih jalan pintas dengan menggunakan hidrogen peroksida. Bahan kimia satu ini memang cukup sering digunakan untuk memutihkan gigi.


Namun, apakah penggunaan hidrogen peroksida aman untuk digunakan? Yuk, cari tahu jawabannya lewat ulasan berikut ini!


Apa itu hidrogen peroksida?

Hidrogen peroksida (H2O2) adalah senyawa kimia asam dan dalam bentuk murni merupakan cairan berwarna biru yang sangat pucat. Sesuai namanya, hidrogen peroksida tersusun dari zat kimia hidrogen dan oksigen.


Kegunaan hidrogen peroksida umum dimanfaatkan di dalam produk pemutih gigi.. Selain digunakan untuk produk perawatan mulut, hidrogen peroksida juga ditemukan pada produk pembersih alat-alat rumah tangga, seperti zat pemutih atau antiseptik.


Memutihkan gigi dengan hidrogen peroksida



Warna gigi yang menguning bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Alhasil banyak orang yang memilih untuk memutihkan gigi di klinik guna mengembalikan kecerahan warna giginya dalam waktu cepat.


Teknik memutihkan gigi di klinik umumnya menggunakan sinar laser serta beberapa bahan kimia. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah hidrogen peroksida. Bahan kimia satu ini merupakan produk yang secara luas digunakan untuk memutihkan gigi.


Hidrogen peroksida bekerja dengan cara membersihkan noda pada permukaan gigi sehingga menghasilkan warna gigi yang putih dan bersih tanpa merusak gigi. Penggunaan hidrogen peroksida dalam produk pemutihan gigi terbilang efektif karena bahan kimia ini juga dikenal dengan nama pemutih yang kuat.


Adakah bahaya hidrogen peroksida yang perlu diperhatikan? Soal aman atau tidaknya, hidrogen peroksida dinyatakan aman selama kadar yang digunakan tidak berlebihan dan proses pemutihan giginya diawasi oleh dokter profesional. 


Ya, memutihkan gigi dengan hidrogen peroksida tidak boleh dilakukan seorang diri karena bahan tersebut hanya boleh digunakan setelah berkonsultasi dengan dokter gigi.


Dokter gigi akan memeriksa kondisi mulut dan gigi kamu terlebih dahulu, baru setelah itu memutuskan produk apa yang paling cocok dan aman digunakan untuk kamu. Hal ini karena memutihkan gigi sangat berkaitan dengan enamel gigi, gigi berlubang, tambalan, dan lain sebagainya.


Jika prosesnya menyalahkan aturan, kesehatan gigi kamu adalah taruhannya. Maka dari itu, penting untuk berdiskusi dengan dokter gigi sebelum menggunakan hidrogen peroksida.


Efek samping hidrogen peroksida

Seperti apa kemungkinan efek samping hidrogen peroksida? Mengingat ini adalah bahan kimia, tentu ada efek samping dari penggunaannya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penggunaan hidrogen peroksida dalam proses pemutihan gigi aman selama kadarnya tidak berlebihan.


Hidrogen peroksida adalah zat pemutih yang kuat sehingga penggunaannya tidak boleh terlalu banyak. Biasanya, produk pemutih gigi mengandung hidrogen peroksida sebanyak 3 – 20 persen atau lebih.


Namun, berdasarkan data dari The National Center for Biotechnology Information (NCBI), penggunaan hidrogen peroksida yang melebihi konsentrat 35% dapat menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif. Selain itu, risiko iritasi lapisan dalam mulut serta kematian sel pulpa juga rentan terjadi.



Tertarik memutihkan gigi tapi tidak ada waktu ke klinik gigi? Kamu bisa menggunakan UWhite by Rata! UWhite sangat praktis digunakan, bahkan kamu bisa memutihkan gigi dari rumah. Gunakan pagi dan malam hari selama 15 menit, hasilnya akan terlihat dalam waktu tiga hari pemakaian. Gigi kamu akan lebih putih dua tingkat dalam waktu dua minggu.


Tunggu apalagi, yuk, gunakan UWhite by Rata dan dapatkan senyum yang indah dengan warna gigi putih bersinar hanya dalam hitungan menit.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar