icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Behel Transparan & Clear Aligners™, Apa Perbedaannya?/

Behel Transparan & Clear Aligners™, Apa Perbedaannya?

Perbedaan Behel Transparan & Clear Aligners
dok. Rata Indonesia

Saat ini ada banyak sekali cara untuk meratakan gigi yang dapat dipilih, mulai dari behel atau kawat gigi hingga Clear Aligner. Aligner dan behel sendiri memiliki fungsi yang sama, yaitu meratakan susunan gigi.


Meski sama-sama bisa meratakan susunan gigi, masih banyak orang yang belum bisa membedakan behel dan Aligner™. Khususnya dalam membedakan behel transparan dengan Clear Aligners™, karena sama-sama memiliki warna yang transparan.


Nah, apakah kamu salah satu orang yang sering mengira behel transparan dan Aligner adalah sama? Jika iya, yuk kita bahas perbedaan behel transparan dan Alignersdalam ulasan berikut ini!


Baca juga: Bukan Sembarang Plastik, Ketahui Bahan Dasar Utama Aligner


Perbedaan Behel Transparan dan Clear Aligners

Baik Alignermaupun behel transparan, keduanya memiliki warna yang sama, yaitu transparan. Hanya saja, pemakaian keduanya tidaklah sama. Bahkan, dilihat dari materialnya pun, Alignerdan behel memiliki material yang berbeda.


Untuk lebih lengkapnya, simak perbedaan behel transparan & Alignersberikut ini!


1. Material

Behel transparan (bening) atau yang biasa disebut behel keramik adalah salah satu jenis kawat gigi yang menggunakan braket keramik bening. Behel keramik biasanya terbuat dari bahan porselen yang sewarna dengan gigi. Sementara itu, Clear Aligners terbuat dari bahan plastik medical grade dan BPA-free yang dicetak dengan menyesuaikan struktur gigi pasien. 


Baik itu behel transparan maupun Alignersama-sama memiliki warna transparan alias tampilan yang hampir tidak terlihat. Namun, behel transparan lebih riskan karena lebih rapuh dan mudah terkena noda.


2. Cara Pasang

Sama seperti behel konvensional, behel transparan juga tidak bisa dipasang sendiri karena harus dikerjakan oleh dokter gigi. Proses pemasangannya pun memerlukan waktu yang lama karena bracket harus direkatkan terlebih dahulu, kemudian diikat dengan wire (kawat) yang warnanya putih atau transparan sehingga tampilannya terlihat menyatu dengan gigi.


Sedangkan, pemasangan Aligner terbilang lebih simpel dan praktis. Aligner yang sudah dicetak bisa langsung dipakai tanpa perlu bantuan dokter gigi.


Baca juga: Dianggap Lebih Praktis, Yuk Ketahui Cara Kerja Aligner dalam Meratakan Gigi


3. Cara Membersihkan

Behel transparan bersifat permanen. Artinya, behel tidak bisa dilepas pasang sampai susunan gigi terlihat rapi. Jika ingin membersihkan behel secara menyeluruh, kamu harus menunggu setidaknya satu bulan sampai waktu kontrol tiba. Pada saat kontrol bulanan, dokter gigi akan melakukan pembersihan gigi, mengganti karet pada kawat gigi, serta melakukan perawatan gigi lainnya. 


Berbeda dengan behel transparan, Aligner bisa dilepas pasang sesuai keinginan. Ya, Alignerbisa dilepas pasang kapan saja, baik ketika makan atau sikat gigi. Cara membersihkannya pun cukup mudah, Aligner hanya perlu dilepas dan digosok dengan sikat gigi lalu dibilas dengan air.


4. Lama Perawatan

Jangka waktu pemakaian behel transparan biasanya lebih lama, yaitu 2-3 tahun karena proses menggerakan gigi ke posisi yang diinginkan dilakukan sedikit demi sedikit. Sementara itu, lamanya perawatan Aligner berkisar 3-12 bulan, tergantung dengan kondisi gigi serta disiplin atau tidaknya pasien saat menggunakan aligner. 


5. Kelebihan

Baik behel transparan maupun Aligner memiliki kelebihan masing-masing. Behel transparan bisa mengatasi kasus gigi berantakan yang parah. Sedangkan, Aligner lebih cocok digunakan untuk kasus gigi yang lebih ringan.


Namun, kelebihan yang tidak dimiliki oleh behel transparan adalah tingkat kenyamanan seperti yang ditawarkan oleh Aligner™. Ya, pemakaian Alignerjauh lebih nyaman dan tidak terlalu sakit seperti saat mengenakan behel pertama kali. Sedangkan, behel keramik memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan behel metal, sehingga bagi beberapa orang terasa kurang nyaman. 



Itulah penjelasan mengenai perbedaan behel transparan dan Clear Aligners. Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan Aligner untuk meratakan gigi? Salah satu pilihan Clear Aligner™ yang terjamin adalah Rata. Clear Aligners Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Aligner Rata juga bisa menangani berbagai kasus gigi berantakan, mulai dari gigi renggang, gigi berjejal, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). 


Sebelum memulai perawatan Aligner Rata, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi Rata, ya! Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian Aligner dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak Aligner gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar