icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Seberapa Ampuh Pasta Gigi untuk Memutihkan Gigi Kuning? Simak Penjelasannya! /

Seberapa Ampuh Pasta Gigi untuk Memutihkan Gigi Kuning? Simak Penjelasannya!

pasta gigi untuk memutihkan gigi kuning
Envato

Pasta gigi di pasaran memang banyak yang menjanjikan dapat memutihkan gigi, namun apakah hal tersebut cukup ampuh dan efektif? Faktanya, semua pasta gigi yang dijual bebas di pasaran terbilang ampuh untuk membantu mengangkat noda pada gigi. 


Hal ini dikarenakan kandungan berbagai zat yang ada di dalam pasta gigi. Kandungan zat tersebut adalah alumina, silika, kalsium karbonat, dan kalsium fosfat yang bisa mengangkat noda akibat konsumsi harian teh, kopi, atau merokok. 

Namun, pasta gigi khusus whitening memiliki zat abrasi yang lebih kuat, sehingga lebih efektif untuk menghilangkan noda, dibandingkan pasta gigi biasa. Seperti halnya produk pemutih gigi di pasaran, memang banyak yang mengandung carbamide peroxide atau hidrogen peroksida yang ampuh mencerahkan gigi kusam setingkat lebih putih.


Baca juga: Viral Bubuk Pemutih Gigi, Amankah untuk Dipakai?


Nah, produk pasta gigi untuk memutihkan gigi kuning atau yang juga sering dikenal sebagai pasta gigi whitening pun mengandung bahan kimia sejenis seperti blue covarine. Kandungan ini dapat memberikan efek ilusi mencerahkan dan membuat gigi tampak lebih putih kalau rutin menyikat gigi dua kali sehari.

Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah pasta gigi untuk memutihkan gigi kuning tidak akan mengubah warna gigi asli. Tidak juga menghilangkan noda yang meresap atau tertinggal di permukaan terdalam gigi (dentin). Pasta gigi whitening hanya mampu menyamarkan noda di permukaan terluar gigi atau sering dibilang enamel gigi.


Berbagai lapisan permukaan gigi dapat berubah warna dengan berbagai alasan. Lapisan gigi terluar dapat berubah warna, karena makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Sementara itu, lapisan gigi terdalam bisa menguning karena bertambahnya usia.


Baca juga: Mengenal Hidrogen Peroksida dalam Produk Pemutih Gigi, Amankah?


Efek samping pasta gigi khusus whitening 

Walaupun terbilang efektif dalam menyamarkan noda di gigi, kamu perlu hati-hati dalam memakai pasta gigi untuk memutihkan gigi kuning. Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, pasta gigi whitening dapat menyebabkan kerusakan enamel gigi.

Ada baiknya juga untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi sebelum menggunakan pasta gigi whitening atau produk pemutih gigi lainnya. Kamu bisa mengunjungi Klinik Rata untuk konsultasi GRATIS dengan dokter gigi kami agar mendapatkan solusi terbaik. Kunjungi Instagram @rata.id atau website www.rata.id untuk informasi lebih lanjut terkait kesehatan gigi dan mulut.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar