icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Perbedaan Plak dan Karang Gigi yang Wajib Diketahui /

Perbedaan Plak dan Karang Gigi yang Wajib Diketahui

perbedaan plak dan karang gigi
Freepik

Masih banyak yang bertanya-tanya, mengapa kita disarankan untuk konsultasi ke dokter gigi selama 6 bulan sekali? Hal ini untuk menghindari penumpukan plak dan karang gigi yang membuat rongga mulut tidak nyaman dan berbahaya bagi kesehatan gigi. Ternyata, masih banyak yang salah mengira tentang perbedaan plak dan karang gigi. Mengapa begitu, ya?


Beda Plak dan Karang Gigi, Apa Saja?

Jika kamu mengalami keluhan kesehatan gigi dan mulut seperti gusi berdarah, bau mulut, atau masalah lainnya di seputar gusi bisa jadi penumpukan plak dan karang gigi adalah penyebabnya. Namun di antara keduanya ternyata memiliki makna yang berbeda. 


Baca juga: 4 Bahaya Karang Gigi Jika Tidak Dibersihkan


Plak gigi 

Berbicara mengenai perbedaan plak dan karang gigi, mari bahas terlebih dulu tentang apa itu plak gigi. Plak gigi merupakan substansi lunak yang terbentuk akibat adanya sisa-sisa makanan di sela-sela gigi, sedangkan karang gigi merupakan plak yang terkumpul dalam jangka waktu yang lebih lama. Plak dan karang gigi harus secara rutin dibersihkan untuk mencegah masalah gigi dan mulut seperti yang dijelaskan di atas. Namun, jika keadaan semakin parah dapat menyebabkan penurunan tulang dan menyebabkan gigi goyang yang akhirnya terlepas. 


Baca juga: Catat! Ini Waktu Menyikat Gigi yang Benar


Menjaga kebersihan gigi dan mulut secara teratur, seperti sikat gigi dua kali sehari, penggunaan obat kumur, dan flossing gigi merupakan beberapa cara untuk membersihkan plak yang dapat dilakukan setiap hari. Cara pembersihan rongga mulut juga harus dilakukan dengan baik untuk mencegah menempelnya plak di permukaan gigi, karena jika tidak dihilangkan akan menumpuk menjadi karang gigi. 


Karang gigi 

Lalu, apa itu karang gigi? Ketika plak sudah menumpuk dan berkumpul menjadi karang gigi, sudah tidak dapat dibersihkan dengan sikat gigi. Hal ini dikarenakan karang gigi bersifat keras. 


Oleh karena itu, dibutuhkan pembersihan karang gigi atau scaling yang harus rutin dilakukan setiap 6 bulan sekali oleh dokter gigi. Dokter gigi akan membersihkan karang gigi dengan alat ultrasonik yang dapat memecahkan karang gigi. 


Baca juga: Ketahui 6 Tanda Kamu Perlu Lakukan Perawatan Saraf Gigi


Selain itu, dokter gigi akan membersihkan plak di daerah-daerah yang sulit terjangkau dengan sikat gigi. Pada kasus yang lebih parah, terdapat penurunan fungsi gusi dan tulang atau gigi goyang. Jika kamu mengalami gigi goyang, dianjurkan untuk memeriksakan atau membersihkan gigi ke dokter secara lebih rutin, sekitar 3-4 bulan sekali. 


Kami menyarankan untuk konsultasi kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi sebagai deteksi dini agar terhindar dari masalah-masalah tertentu. Selain melakukan konsultasi, perawatan di klinik gigi secara rutin juga dianjurkan. Di Klinik Rata dapat melakukan pembersihan plak dan karang gigi (scaling) untuk memutus mata rantai pembentukan plak dan karang gigi agar terhindar dari penyakit gigi, seperti gingivitis (radang gusi) atau periodontitis (radang tulang pendukung gigi). 


Kamu juga dapat konsultasikan gigi kamu untuk menggunakan aligner Rata dan meratakan gigi agar lebih optimal saat membersihkan gigi dan mulut. Silakan kunjungi Instagram @rata.id atau website www.rata.id untuk informasi lebih lanjut terkait konsultasi GRATIS dan perawatan dengan aligner Rata.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Lebih lengkap mengenai lokasi Klinik Rata di sekitarmu atau mau book jadwal konsultasi dengan dokter gigi Rata, silakan hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar