icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Jarang Disadari, 5 Kesalahan Sikat Gigi Ini Masih Sering Dilakukan/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Jarang Disadari, 5 Kesalahan Sikat Gigi Ini Masih Sering Dilakukan

Jarang Disadari, 5 Kesalahan Sikat Gigi Ini Masih Sering Dilakukan
dok. Freepik

Mungkin kamu sudah tahu, cara menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan sikat gigi secara rutin dua kali sehari. Tapi, siapa sangka kalau cara yang kamu lakukan selama ini bisa saja salah?


Kesalahan saat menyikat gigi dapat menyebabkan kerusakan gigi. Sayang kan, kalau kamu sudah rajin sikat gigi tapi malah berdampak negatif. Karena itu, pastikan sikat gigimu sudah benar dengan menghindari 5 kesalahan saat menyikat gigi berikut ini.



Cara sikat gigi yang salah


1. Sikat gigi terlalu sebentar

Sikat gigi kena odol dan kumur-kumur saja nggak cukup. Kamu harus memastikan semua bagian gigi sudah disikat secara bersih hingga ke sela-sela gigi. Waktu sikat gigi yang dianjurkan adalah 2-3 menit. Jangan sampai terlalu lama juga ya, karena dapat menyebabkan asam yang merusak lapisan gigi.


2. Tidak menggosok lidah

Lidah juga bisa menjadi sarang kuman dan bakteri serta menyebabkan bau mulut. Mungkin, selama ini kamu merasa kalau kumur-kumur saja cukup untuk membersihkan lidah. Tapi ternyata nggak loh. Kalau kamu belum melakukannya, jangan ulangi kesalahan ini dan mulai jadikan kebiasaan membersihkan lidah dari sekarang.


3. Sikat gigi setelah makan

Pernah merasa sisa-sisa makanan masih ada di mulut padahal sudah sikat gigi? Bisa jadi kamu melakukan kesalahan ini, langsung menyikat gigi setelah makan sehingga menyisakan bau dan mulut terasa nggak fresh. Perlu dicatat, nih. Jarak sikat gigi setelah makan, lamanya hingga 30 menit jeda.


4. Menggosok gigi terlalu kencang

Mungkin kamu masih ada yang berpikir kalau menyikat gigi kencang-kencang, bakal dapat menghilangkan noda & kuman menjadi lebih bersih. Sayangnya hal ini malah dapat menyebabkan gusi luka dan kesehatan akar gigi menjadi rentan.


Bukannya menjadi bersih, gigimu malah jadi rusak. Nggak mau kan? Karena itu, sikat gigi dengan kekuatan normal saja, nggak terlalu kencang atau pun terlalu pelan. Kenali juga jenis-jenis sikat gigi yang bagus untukmu.


5. Tidak pernah mengganti sikat gigi

Semakin lama dan semakin sering sikat gigi digunakan, efektivitas bulu sikat dalam membersihkan noda gigi berkurang karena bulu sikat menjadi renggang. Selain itu, permukaan sikat juga semakin susah dibersihkan dan meninggalkan sisa-sisa kotoran dari mulut. Bukannya bersih, gigi jadi kotor lagi. ​​Kapan sikat gigi harus diganti? Sebaiknya ganti sikat gigi setiap 3-6 bulan sekali.



Itu dia 5 kesalah saat menyikat gigi yang jarang disadari, tapi masih sering dilakukan. Saatnya kamu lebih sadar dalam merawat kesehatan mulut & gigimu. Mulai perhatikan cara sikat gigimu dan pastinya rutin konsultasi ke dokter gigi selama 6 bulan sekali.


Kamu bisa check-up rutin kondisi gigimu dengan dokter gigi Rata di Klinik Rata. Rata.id juga menawarkan perawatan untuk merapikan gigi tanpa behel menggunakan clear aligner. Cek website rata.id dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar