icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/ Berencana Tambal Gigi? Ketahui Perbedaan Tambal Gigi Sementara dan Permanen! /

Berencana Tambal Gigi? Ketahui Perbedaan Tambal Gigi Sementara dan Permanen!

perbedaan tambal gigi sementara dan permanen
dok. Rata Indonesia

Tambal gigi merupakan salah satu perawatan gigi berlubang untuk mencegah lubang gigi semakin membesar. Perawatan ini ditujukan untuk mempertahankan gigi berlubang agar tidak dicabut. 


Namun, penting untuk mengetahui perbedaan bahan dan jenis tambal gigi. Jika dilihat dari jenisnya, terdapat tambal gigi sementara dan permanen. Biasanya, pemilihan di antara keduanya tergantung pada kondisi gigi pasien. 


Perbedaan tambal gigi sementara dan permanen

Lalu, apa yang membedakan jenis tambal gigi sementara dan permanen? Berikut rincian perbedaan keduanya!


Tambal gigi sementara 

Tambal gigi sementara bersifat tidak tetap dan harus dilepas pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah itu, digantikan dengan perawatan lanjutan berupa tambalan gigi permanen. Tambal gigi sementara sering kali membutuhkan beberapa kali kunjungan. 


Secara fungsi, tambal gigi sementara memiliki kelebihan untuk menutup lubang gigi sebelum dilakukan perawatan selanjutnya. Kekuatan tambal gigi sementara juga tidak sebaik tambalan permanen. Namun, dapat mempermudah pembongkaran kembali saat perawatan lanjutkan dilakukan. 


Baca juga: Estimasi Biaya Tambal Gigi di Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit 


Tambal gigi permanen 

Biasanya tambal gigi permanen akan dilakukan oleh dokter, jika gigi berlubang dan tidak memerlukan observasi lebih lanjut. Perawatan tambal gigi juga tidak akan memakan banyak waktu, karena bisa selesai dalam kunjungan yang lebih singkat.


Selain hasilnya lebih kuat, kelebihan dari tambal gigi permanen biasanya memiliki estetika yang lebih baik (sewarna dengan gigi). Pemilihan bahan tambalan permanen juga lebih diperhatikan, karena jika tidak akan memberikan efek yang kurang baik. 


Baca juga: 5 Cara Mengatasi Gigi Berlubang yang Ampuh dan Efektif 


Tambal gigi permanen menjadi tahap akhir perawatan tambal gigi untuk membutuhkan hasil akhir yang terbaik. Karenanya, tindakan ini harus dilakukan oleh dokter gigi profesional. 


Kapan tambalan gigi harus diganti?

Tanda yang muncul ketika tambalan gigi harus diganti adalah saat tambalan gigi terasa longgar, berubah warna, atau gigi mulai terasa sakit dan ngilu. Bagi beberapa kasus, pergantian tambal gigi ini hanya bisa dilihat oleh dokter gigi setelah pemeriksaan. Jadi, sangat penting untuk melakukan kontrol gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali. 


Akan tetapi, jika kamu menggunakan tambalan gigi sementara, umumnya dapat bertahan paling lama hingga 1 bulan atau setidaknya hingga waktu kontrol perawatan. Namun, jika tambalan gigi terlepas sebelum waktu kontrol, segera ke dokter gigi untuk menghindari lubang gigi menjadi kotor kembali.


Lalu, bagaimana jika ingin memberikan pertolongan sementara di rumah? Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan: 

  • Menyumpal lubang dengan gumpalan kapas. Jangan lupa membersihkan gigi dengan baik, sebelum memasukkan kapas. Pastikan tidak ada sisa makanan atau kotoran yang terjebak di dalam lubang gigi. 
  • Hindari minuman lengket atau manis yang dapat merusak gigi dari dalam, sebelum diperbaiki oleh dokter gigi. 
  • Jaga kebersihan gigi dan gusi dengan tepat. Biasakan sikat gigi 2 kali sehari, bersihkan sela gigi dengan dental floss, dan berkumur dengan mouthwash.


Jika kamu ingin melakukan tambal gigi dengan tenaga ahli yang profesional, kamu bisa mengunjungi klinik kami dan berkonsultasi tindakan yang paling tepat untuk gigi kamu.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar