icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Perbedaan Tambal Gigi Estetik Beserta Manfaat & Jenis-Jenisnya/

Perbedaan Tambal Gigi Estetik Beserta Manfaat & Jenis-Jenisnya

Tambal gigi estetik
dok. Rata Indonesia

Tambal gigi estetik memiliki banyak peran, tidak hanya menghambat penyebaran kerusakan gigi, jenis tambal gigi ini mampu mengatasi masalah estetika gigi. Namun, terdapat perbedaan pada jenis perawatannya dibandingkan tambal gigi tradisional


Bahan tambal gigi estetik 

Sebagian besar tambal gigi estetik disebut dengan tambalan putih atau komposit. Tambalan gigi komposit terbuat dari campuran resin akrilik dan partikel halus yang menyerupai kaca untuk menghasilkan tambalan sewarna gigi. Beberapa jenis tambal gigi estetik mengandung partikel fluorida yang dapat dilepaskan secara perlahan untuk mengurangi risiko kerusakan gigi atau gigi berlubang. 


Salah satu manfaat utama tambalan komposit adalah bisa dicocokan dengan warna gigi asli. Berbeda dengan tambal gigi tradisional, yang mungkin saja terlihat saat tersenyum atau berbicara. Tambalan komposit juga bisa digunakan untuk mengisi celah antara gigi dan menutupi serpihan kecil atau cacat estetika gigi lainnya. 


Baca juga: Baru Selesai Tambal Gigi? Ini Perawatan yang Harus Dilakukan! 


Cara kerja tambal gigi estetik 

Saat perawatan, dokter gigi akan menghilangkan pembusukan aktif terlebih dahulu dan memberikan tambalan di lapisan gigi terluar. Selanjutnya, dokter gigi akan mencocokkan material komposit yang sesuai dengan warna asli gigi. Setelah itu, tambalan putih akan dibentuk dengan tangan untuk menyempurnakan bentuk email pada ruang gigi tersebut. 


Jenis-jenis tambal gigi estetik 

Terdapat tiga jenis tambal gigi estetik berdasarkan manfaat dan kasus penggunaannya, sebagai berikut. 


Tambalan restorasi komposit (putih) 

Jika tambal gigi tradisional biasanya hanya memulihkan area kerusakan gigi, tambal gigi estetik akan memasukkan komposit putih ke dalam gigi dan dibentuk menyerupai warna asli gigi. Dengan memasang tambalan estetik sedini mungkin, siklus pembusukan dapat dicegah agar tidak menyebar ke area gigi lainnya. 


Veneer Direct 

Veneer direct merupakan jenis perawatan veneer yang instan dan dapat dilakukan dalam satu kali kunjungan. Veneer direct menggunakan bahan resin komposit dengan beberapa pilihan warna yang bisa dipilih sesuai dengan gigi asli kamu. 


Biasanya, veneer direct dapat bertahan selama 7-10 tahun lalu kemudian menguning, jika telah melewati waktunya. Veneer direct diketahui mampu memperbaiki gigi bengkok, mengatasi gigi terkelupas atau patah, memperbaiki tampilan gigi yang retak, dan menutup jarak di antara gigi.


Inlay atau onlay gigi 

Meskipun bukan tambalan, mahkota buatan laboratorium ini terkadang disebut tambalan tidak langsung yang digunakan untuk memperbaiki area kerusakan gigi yang lebih luas. Tambalan estetika ini terbuat dari keramik atau porselen yang dibuat di laboratorium atau mesin penggilingan, bukan dibentuk oleh dokter gigi.


Manfaat tambal gigi estetik 

Selain untuk estetika gigi, terdapat beberapa manfaat yang didapatkan setelah perawatan tambal gigi estetik seperti: 

  1. Tambalan menyatu dengan struktur gigi sehingga tidak dapat dibedakan dengan gigi asli. 
  2. Tambalan gigi tersedia dalam berbagai warna dan corak.
  3. Tidak mengandung logam atau merkuri. 
  4. Mudah dirawat.
  5. Warna gigi menjadi lebih awet. 


Baca juga: Estimasi Biaya Tambal Gigi Terbaru di Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit 


Untuk mengetahui jenis perawatan tambal gigi yang sesuai dengan kondisi gigi kamu, silakan mengunjungi klinik kami dan nikmati konsultasi GRATIS! Selain tambal gigi, kamu juga bisa melakukan perawatan gigi dengan aligner transparan, untuk meratakan gigi tanpa behel. 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar