icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Underbite (Rahang Bawah Maju): Pengertian, Penyebab, & Cara Mengatasinya/

Underbite (Rahang Bawah Maju): Pengertian, Penyebab, & Cara Mengatasinya

Underbite Rahang Bawah Maju
dok. Rata Indonesia

Sama seperti kasus maloklusi lain, underbite atau rahang bawah maju memang kerap menurunkan kepercayaan diri seseorang. Bagaimana tidak, kondisi ini bisa membuat penampilan dagu tampak panjang. Selain itu, gigi underbite juga bisa membuat raut muka tampak ‘dingin’ dan jutek.


Karena alasan itulah, beberapa orang mencari cara untuk mengatasi underbite. Jika kamu salah satunya, yuk simak penjelasan lengkap mengenai pengertian, penyebab, hingga cara mengatasi underbite dalam ulasan berikut ini!


Apa yang Dimaksud dengan Underbite?

Kondisi underbite lebih umum dikenal dengan gigi cakil atau cameh. Underbite adalah istilah untuk kondisi gigi bawah yang lebih maju dari gigi atas. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh ketidaksejajaran rahang. Underbite juga dikenal sebagai maloklusi Kelas III.


Underbite tidak hanya mengganggu penampilan, menurut Healthline dan WebMD gigi underbite bisa memengaruhi beberapa kesehatan, seperti:


  • Kesulitan menggigit dan mengunyah makanan
  • Kesulitan berbicara
  • Sakit mulut dan wajah karena ketidaksejajaran rahang
  • Gangguan Sendi Temporomandibular (TMD)
  • Bau mulut kronis (halitosis)
  • Gangguan pernapasan mulut
  • Sleep apnea (gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan terhenti sementara saat sedang tidur)


Penyebab Gigi Underbite

Apa penyebab underbite? Underbite biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor. Berikut ini beberapa faktor penyebab gigi underbite, seperti dikutip dari WebMD:

 

  • Keturunan/genetika
  • Trauma atau cedera pada rahang
  • Kebiasaan buruk di masa kecil (mengisap ibu jari, mendorong gigi dengan lidah, penggunaan dot di atas usia 3 tahun)
  • Tumor pada tulang rahang atau mulut yang menyebabkan rahang bawah tampak menonjol


Cara Mengatasi Underbite

Tidak semua kondisi gigi underbite memerlukan penanganan khusus. Namun, jika kondisi itu menimbulkan nyeri rahang, kesulitan berbicara, menggigit, mengunyah makanan, hingga menurunkan kepercayaan diri, maka kamu perlu memerlukan perawatan khusus untuk mengatasi underbite


Salah satu perawatan gigi yang bisa mengatasi underbite adalah Clear Aligner™. Clear Aligner™ merupakan perawatan untuk meratakan gigi terkini, solusi alternatif selain behel atau kawat gigi. 

 

Alignergigi terbuat dari bahan plastik bening dengan tekstur yang sangat tipis (kurang dari 1 mm). Tidak seperti behel, Alignergigi didesain transparan sehingga tidak akan mengganggu penampilan. Cara kerja Aligner sendiri dinilai jauh lebih nyaman dan tidak menyakitkan. Jika behel merapikan gigi dengan menarik gigi ke posisi yang benar dengan bantuan kawat, Clear Aligner merapikan gigi dengan memberi tekanan dari luar dan dalam.



Tertarik menggunakan metode ini untuk mengatasi underbite? Salah satu pilihan Clear Aligner™ yang terjamin adalah Rata. Clear Aligner Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Aligner Rata juga bisa menangani berbagai kasus gigi berantakan lain, seperti gigi renggang, gigi berjejal, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). 


Foto Before-After Underbite


Sebelum memulai perawatan gigi underbite dengan Aligner Rata, sebaiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi Rata ya! Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian Aligner dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 

 

Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak Aligner gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar