icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/News/Rata.id, Bentuk Dedikasi drg. Deviana Maria terhadap Kesehatan Gigi & Mulut Masyarakat Indonesia/
News

Rata.id, Bentuk Dedikasi drg. Deviana Maria terhadap Kesehatan Gigi & Mulut Masyarakat Indonesia

Rata.id, Bentuk Dedikasi drg. Deviana Maria terhadap Kesehatan Gigi & Mulut Masyarakat Indonesia
dok. Rata Indonesia

Selamat Hari Perempuan Sedunia!


Di hari yang istimewa bagi seluruh perempuan di seluruh dunia ini, Rata ingin memperkenalkan sosok perempuan di balik berdirinya Rata.id. Ia adalah drg. Deviana Maria yang merupakan Co-Founder & CMO Rata.id.


Berangkat dari misi mulia ingin menyamaratakan kesehatan gigi dan mulut yang masih kurang memadai di Indonesia, drg. Deviana berusaha untuk menghadirkan cara meratakan gigi tanpa behel yang terjangkau dan menjadikan kesehatan gigi sebagai kebutuhan primer. Sebagai dokter gigi, ia yakin kesehatan gigi dapat diraih dengan harga terjangkau dan disesuaikan kemampuan masyarakat Indonesia. 


“Harga sangat berpengaruh, oleh karena itu saya mencari cara untuk menghadirkan produk yang dibuat sendiri di Indonesia namun memiliki kualitas seperti luar negeri,” ungkapnya saat diwawancarai beberapa waktu lalu.


Ia telah melakukan riset selama kurang lebih 3-4 tahun untuk menemukan bahan aligner gigi yang berkualitas dan serupa dengan produksi luar negeri. Di samping itu, ia terus menyelaraskan bagaimana menghadirkan produk berkualitas namun terjangkau, dengan menjualnya langsung kepada konsumen. 


Dokter gigi berusia 30 tahun ini mengatakan bahwa aligner memiliki masa depan yang sangat baik. Jika dilihat dari sisi hemat dokter gigi, penggunaan clear aligner sangat memudahkan bagi dokter gigi dan pasien dengan hasil akhir yang dapat diatur sejak awal perawatan, komunikasi antar dokter gigi dan pasien juga memungkinkan dilakukan secara virtual lewat konsultasi online via Zoom meeting. 


“Dengan adanya konsultasi dokter gigi online, dapat mempermudah tim dokter untuk melakukan tindakan lain, seperti cabut gigi yang memiliki dampak lebih besar,” lanjut Deviana. 


Dari sisi pasien, mereka dimudahkan karena mampu konsultasi dari rumah, mengganti clear aligner sendiri di rumah, dan menggunakan aligner gigi tanpa terlihat oleh orang lain. Deviana yakin, minat orang-orang dalam menggunakan aligner gigi sebagai cara agar gigi rata tanpa behel, akan semakin tinggi selama 10 tahun ke depan. 


Jatuh bangun mengenalkan teknologi clear aligner di Indonesia


Drg. Deviana Maria mulai merintis bisnis pertamanya dengan membangun Pure Indonesia, veneer dental clinic yang bertempat di Menteng, Jakarta Pusat dan fokus ke esthetic dentistry. Hingga ia akhirnya memilih untuk belajar ilmu aligner dan kini membangun Rata.id. 


Namun mengenalkan dan menghasilkan teknologi baru dalam meratakan gigi bukan hal yang mudah baginya. Berangkat dari melakukan riset dan mengikuti beberapa kursus di luar negeri untuk mendapatkan materi yang tepat terkait aligner gigi, Deviana mengaku bahwa membangun industri startup di bidang dental technology juga memiliki beberapa kendala. 


“Yang terpenting pada awal membangun Rata adalah fokus ke produk yang ingin diberikan kepada masyarakat, membangun tim yang solid, dan menciptakan proses bagaimana konsumen memesan produk hingga selesai menggunakan Rata. Proses yang dilewati oleh para konsumen sangat panjang, jadi harus dibantu oleh teknologi. Karenanya, Rata bisa disebut sebagai tech company,” ujar Deviana.  


Ia mengungkapkan membangun sebuah startup dan menciptakan proses hingga melanjutkan sebuah produk ke konsumen merupakan pengalaman yang sangat berharga baginya. Deviana merintis Rata.id dengan tim yang beranggotakan 10 orang dan mengaku pernah menjadi bagian dari customer sales, after sales, hingga terjun langsung sebagai tim produksi. 


“Dengan saya menjadi customer sales, saya jadi tahu konsumen itu maunya apa. Bayarnya sukanya pakai apa. Saya jadi tahu customer insight. Jadi saya benar-benar tahu maunya konsumen itu apa dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya,” lanjutnya. 


Terus Belajar Hal Baru demi Berikan Dampak Besar untuk Indonesia


Selain membangun tim dan terjun langsung sebagai bagian penting dari Rata.id, sebagai dokter gigi yang terus mempelajari ilmu kedokteran, Deviana Maria juga mendapatkan banyak pelajaran berharga ketika membangun Rata.id. Ia terus mempelajari dunia marketing, problem solving, bagaimana membantu tim menyelesaikan masalah, mencari ide baru, dan memecahkan masalah menjadi lebih sederhana.


Ibu satu anak ini menegaskan, dengan membangun Rata, ia berharap mampu memberikan dampak yang lebih besar kepada masyarakat Indonesia, khususnya terhadap tim yang ia bentuk di Rata.id. Karena sebagai perempuan, ia ingin tetap bisa berkarier dan berdaya dalam mensejahterakan masyarakat Indonesia, khususnya memberikan edukasi seputar kesehatan gigi dan mulut. 


Ke depannya, drg. Deviana ini clear aligner Rata bisa menjadi solusi mudah dan terjangkau dalam meratakan gigi tanpa behel bagi seluruh masyarakat Indonesia. Maka itulah, di tahun ke-3 Rata.id berdiri ini, akan banyak inovasi baru yang nantinya akan dihadirkan.


“Saya dapat merasakan dampak yang besar dari jerih payah yang sudah saya bangun. Sebagai dokter gigi mungkin yang merasakan dampaknya hanya pasien. Namun kalau di Rata bisa lebih besar lagi. Dokter gigi hanya punya dua tangan, jadi tidak bisa menjangkau pasien lebih banyak. Beda halnya dengan di Rata, semuanya bekerja sama menjangkau pasien yang lebih luas lagi,” demikian tutup drg. Deviana.



komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar