icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Pertama Kali Pakai Clear Aligner/
Petunjuk Pemakaian Aligner

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Pertama Kali Pakai Clear Aligner

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Pertama Kali Pakai Clear Aligner
dok. Rata Indonesia

Ada 5 hal utama yang perlu dilakukan jika kamu menggunakan aligner gigi untuk pertama kalinya. Mulai dari konsultasi dengan dokter gigi Rata hingga melakukan visit klinik untuk melakukan pengecekan kondisi gigi. 


Beberapa tahun terakhir merapikan gigi dengan aligner memang tengah ramai dibicarakan. Tak sedikit masyarakat yang akhirnya memilih merapikan gigi dengan aligner. Perata gigi satu ini dinilai sebagai solusi merapikan gigi dalam waktu singkat dibandingkan dengan pemakaian behel.


Jika dibandingkan dengan behel, aligner memiliki banyak keunggulan, termasuk dari segi harga yang jauh lebih murah. Aligner juga cocok dipakai oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.


Bagi kamu yang berencana menggunakan clear aligner, penting untuk mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai proses pemakaiannya dari awal hingga akhir. Terlebih, apa yang harus dilakukan saat baru memakainya pertama kali.

Untuk mencari tahu jawabannya, simak penjelasan di bawah ini!



Ini yang Harus Kamu Lakukan Saat Baru Pertama Kali Menggunakan Aligner

Ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui bila ingin menggunakan aligner dalam merapikan susunan gigi kamu. Meskipun prosesnya tidak seribet menggunakan kawat gigi, tapi tetap saja kamu harus mengetahui tahap demi tahap pemakaiannya.

Berikut hal-hal yang harus kamu lakukan saat hendak menggunakan aligner gigi pertama kali:


1. Konsultasi dengan dokter

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menjadwalkan konsultasi dengan dokter gigi. Pada tahap ini, dokter akan mengecek kondisi gigi kamu terlebih dahulu, baru kemudian mengevaluasi kasus gigi pasien, apakah dapat ditangani dengan menggunakan aligner atau tidak.

Jika kasus gigi pasien masih tergolong ringan, maka bisa dipastikan penggunan aligner akan disetujui. Setelah konsultasi selesai dilakukan, dokter akan menjelaskan lebih lanjut mengenai penggunaan aligner itu sendiri dan perawatan tambahan apa saja yang sekiranya perlu dilakukan untuk memaksimalkan hasil akhirnya.


2. Cetak gigi

Selanjutnya, pasien akan dikirimkan satu set alat dan bahan untuk mencetak gigi yang umumnya berisi 8 adonan bahan cetak serta empat sendok cetak. Proses pencetakan gigi ini akan dipandu oleh dokter gigi hingga cetakan gigi berhasil dibuat sempurna.

Dikarenakan ini adalah proses yang paling penting, pasien harus mengikuti langkah-langkahnya dengan teliti. Sebab bila cetakan gigi tidak sesuai dengan kondisi gigi kamu, maka hal ini akan memengaruhi bentuk aligner.


3. Dikirimkan video AI pergerakan gigi

Pemasangan aligner gigi melibatkan teknologi mutakhir AI (Artificial Intelligence) yang menghasilkan video pergerakan gigi pasien mulai dari sebelum memakai aligner hingga hasil akhirnya. Video ini akan diperlihatkan langsung ke pasien setelah hasil cetak gigi diterima oleh pihak klinik.


Dengan adanya 3D video simulasi tersebut, pasien dapat mengetahui berapa lama proses pemakaian aligner yang harus dilakukan serta berapa banyak set aligner yang harus mereka gunakan.



4. Aligner selesai dicetak

Set aligner yang sudah dicetak berdasarkan cetakan gigi pasien akan langsung dikirimkan ke rumah pasien melalui kurir. Aligner yang sudah tiba ini tidak bisa langsung dipakai karena pasien harus menjadwalkan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk membahas lebih lanjut mengenai tata cara penggunaan aligner itu sendiri.


5. First set visit (FSV)

Setelah semua langkah di atas telah kamu lakukan, kini saatnya pasien untuk melakukan first set visit (FSV). Dalam tahap FSV ini, pasien yang sudah menjadwalkan konsultasi, akan bertemu langsung dengan dokter gigi untuk kemudian dipandu cara pemakaian, pergantian, serta cara membersihkan aligner.


Saat pertemuan ini, dokter juga akan mengecek kembali kondisi gigi pasien guna mencari tahu apakah dibutuhkan perawatan gigi lain sebelum pasien menggunakan aligner. Jika ternyata dibutuhkan perawatan lain, biasanya dokter akan mengarahkan pasien untuk melakukan tindakan slicing gigi.


FSV bisa dibilang proses sebelum kamu menggunakan aligner gigi pertama kali. Apabila semua proses telah dilalui, dokter akan memberikan lampu hijau pada pasien untuk segera menggunakan aligner sesuai waktu yang telah ditetapkan.


Agar hasilnya lebih maksimal, aligner harus digunakan selama 22 jam per hari di awal-awal pemakaian. Aligner hanya boleh dilepas ketika makan dan minum minuman berwarna atau minum minuman yang terlalu panas/dingin, serta saat tidur dan menggosok gigi.


Itu dia hal-hal yang harus kamu lakukan saat baru pertama kali menggunakan aligner. Jika kamu masih kebingungan dengan langkah-langkah di atas, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter gigi RATA secara online.


Tunggu apalagi, yuk segera jadwalkan konsultasi online dan cetak aligner gigi kamu dengan dipandu oleh dokter gigi RATA! 

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar