icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Apakah Aligner Gigi Harus Dipakai saat Tidur?/
Petunjuk Pemakaian Aligner

Apakah Aligner Gigi Harus Dipakai saat Tidur?

Apakah Aligner Gigi Harus Dipakai saat Tidur?
dok. Rata Indonesia

Metode meratakan gigi menggunakan Clear Aligner memang tengah diminati, khususnya oleh kalangan muda yang sangat memperhatikan penampilan.


Clear Aligner sendiri adalah metode merapikan gigi yang bisa dibilang sangat mudah dilakukan. Terbuat dari plastik transparan medical grade dan BPA free, aligner gigi bisa dilepas pasang dan dibersihkan hanya menggunakan air mengalir. 


Karena bisa dilepas pasang, beberapa orang kerap bertanya-tanya apakah aligner gigi harus tetap dipakai saat tidur? Untuk mencari tahu jawabannya, simak ulasan di bawah ini!


Apakah Clear Aligner Harus Dipakai saat Tidur?

Jawabannya adalah iya! Kamu harus tetap memakai aligner gigi saat tidur, karena menurut aturan pemakaian aligner harus dipakai setidaknya selama 22 jam/hari. Itu berarti, aligner tetap harus digunakan sepanjang malam alias saat tidur. Sementara itu, kamu hanya boleh melepas aligner saat makan, minum minuman panas dan berwarna, dan menyikat gigi. 


Tidak memakai aligner saat tidur adalah keputusan yang buruk. Menurut situs Oldham Orthodontics, waktu tidur adalah waktu terbaik untuk memakai aligner. Pasalnya, saat tidur kamu bisa merapikan gigi secara optimal tanpa ada gangguan seperti makan, minum, atau menyikat gigi. 


Bagaimana Jika Lupa Memakai Aligner Gigi saat Tidur?

Beberapa dari kamu mungkin lupa memakai aligner saat tidur. Lantas, bagaimana jika hal ini terjadi?


Mengutip situs Kendrick Orthodontics, aligner bekerja dengan memberikan tekanan konstan pada gigi. Jika kamu lupa memakai aligner saat tidur, hal ini bisa menghambat jadwal pergerakan gigi dan membuat gigi kamu tidak akan bergerak sesuai jadwal. Dengan demikian, kamu harus memakai aligner lebih lama lagi untuk mendapatkan hasil gigi yang diidamkan. 


Karena itulah, untuk mencapai hasil perawatan yang maksimal, penting untuk disiplin menggunakan aligner. Ikuti setiap anjuran dokter gigi. Jangan sampai kelalaianmu membuat proses perataan gigi berakhir sia-sia. 



Jika kamu masih bingung mengenai aturan pemakaian aligner saat tidur, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter gigi Rata secara online. Nantinya, dokter gigi Rata akan memberikan rekomendasi metode pemakaian aligner yang sesuai dengan kebutuhan gigi kamu.


Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online kamu dengan dokter gigi Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar